Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pesta Adat Erau Dipromosikan di Plaza Indonesia Jakarta

Proses tenun kain tradisional Ulap Doyo menarik perhatian para pengunjung stan promosi Erau Pelas Tujuh BenuaProses tenun kain tradisional Ulap Doyo menarik perhatian para pengunjung stan promosi Erau Pelas Tujuh Benua
Photo: Humas Kukar/Heru Abdi


Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementrian Budaya dan Pariwisata RI, Firmansyah Rahim (kiri), menerima cenderamata berupa replika Lembuswana dari Sultan Kutai H Adji Mohd Salehoeddin II
Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementrian Budaya dan Pariwisata RI, Firmansyah Rahim (kiri), menerima cenderamata berupa replika Lembuswana dari Sultan Kutai H Adji Mohd Salehoeddin II
Photo: Humas Kukar/Heru Abdi

KutaiKartanegara.com - 15/06/2010 19:42 WITA
Untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan pesta adat Erau 2010 yang akan digelar pada pertengahan Juli mendatang, Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Ekspos Festival Erau 2010 di Jakarta.


Kegiatan yang digelar di Lantai IV Plaza Indonesia ini berlangsung selama 3 hari yakni mulai 14 hingga 16 Juni dengan mengambil tema, Exploring the Spirit of Erau Kutai Kartanegara.


Ekspos Festival Erau 2010 ini sendiri dibuka Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Budaya dan Pariwisata RI Firmansyah Rahim, Senin (14/06) malam.


Pembukaan Eskpos Festival Erau ini dihadiri pula oleh sejumlah Duta Besar negara-negara sahabat, Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy, Pj Bupati Kukar H Sulaiman Gafur, Sultan Kutai H Adji Mohd Salehoeddin II, Wakil Bupati Kukar Terpilih HM Ghufron Yusuf, Ketua Forum Komunikasi dan Informasi Keraton Nusantara, serta perwakilan dari beberapa asosiasi biro perjalanan, hotel dan restoran.



Firmansyah Rahim saat menerima foto kegiatan Erau dari Pj Bupati Kukar Sulaiman Gafur
Photo: Humas Kukar/Heru Abdi

Selain menampilkan foto-foto kegiatan Erau dan peragaan pembuatan kerajinan tenun Ulap Doyo, acara ini juga dimeriahkan dengan suguhan dua tarian khas Kesultanan Kutai yaitu tari Ganjar Ganjur dan tari Topeng Kemindu. Tak ketinggalan pula ditampilkan tayangan audio visual tentang pesta adat Erau.


"Kegiatan Ekspos Erau ini bertujuan untuk menggelorakan semangat festival Erau yang digelar pada 11-18 Juli mendatang. Dalam usaha mempromosikan seoptimal mungkin tentang Erau, maka pola-pola publikasi dan promosi di pusat perbelanjaan ternama ini (Plaza Indonesia-red) menjadi pilihan yang cukup menjanjikan," ujarnya.


Melalui kegiatan eskpos ini, lanut Sulaiman, Pemkab Kukar sangat terbuka kepada semua pihak yang ingin memperoleh informasi lebih jauh tentang pelaksanaan Erau.


Sementara Wagub Kaltim H Farid Wadjdy berharap agar kegiatan ini dapat mencapai sasarannya yakni dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata ke Kaltim, maupun Kukar pada khususnya.


Farid mengajak kepada para undangan dan pengunjung Plaza Indonesia yang hadir pada acara ekspos tersebut untuk berkunjung ke Tenggarong untuk menyaksikan pesta adat Erau yang sarat akan seni, budaya dan adat istiadat yang tak kalah dengan event-event kesenian daerah lainnya.


"Melalui kegiatan ekspos ini, maka adat luhur Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura semakin dikenal luas serta menjadi ikon pariwisata daerah," ujarnya.


Pembukaan Ekspos Festival Erau 2010 di Jakarta kemarin malam ditandai dengan penyerahan sebuah foto kegiatan Erau oleh Pj Bupati Sulaiman Gafur kepada Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Budaya dan Pariwisata RI, Firmansyah Rahim. Selanjutnya, Sultan Kutai H Adji Mohd Salehoeddin II menyerahkan cenderamata berupa miniatur patung Lembuswana kepada Firmansyah Rahim. (her)


Suguhan tari Ganjar Ganjur turut menyemarakkan pembukaan Ekspos Festival Erau di Plaza Indonesia, Jakarta, tadi malam
Photo: Humas Kukar/Heru Abdi

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Bikin Macet Hingga 4 KM, Mobil Milik Warga Tenggarong Terbakar di Kawasan Tahura
Jatuh Dari Kapal, ABK Ditemukan Tewas di Perairan Delta Mahakam
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Sempat Unggul di Babak Pertama, Mitra Kukar Tumbang di Kandang Persela
Persela Lamongan vs Mitra Kukar: Naga Mekes Buru Poin di Lamongan
 
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
Undang Delegasi 7 Negara, Erau 2018 Digelar Pada 21-29 Juli
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com