Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Digelar 13-21 Desember 2008
Kesultanan Kutai Siap Laksanakan Erau Adat

Setelah vakum selama beberapa tahun, pesta adat Erau akhirnya akan kembali digelar tahun ini. Pembukaan hingga penutupan Erau 2008 akan dipusatkan di Keraton Kutai atau Museum Mulawarman
Setelah vakum selama beberapa tahun, pesta adat Erau akhirnya akan kembali digelar tahun ini. Pembukaan hingga penutupan Erau 2008 akan dipusatkan di Keraton Kutai atau Museum Mulawarman
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 12/10/2008 18:31 WITA
Setelah vakum selama hampir 5 tahun, event seni budaya Erau dipastikan akan kembali digelar pada akhir tahun ini di ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tenggarong. Menurut rencana, pelaksanaan Erau akan digelar mulai tanggal 13 hingga 21 Desember 2008.


Pihak Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura selaku penyelenggara Erau Adat Keraton Kutai menyatakan telah siap untuk melaksanakan seluruh rangkaian adat Erau baik yang ada di dalam maupun di luar istana.


"Pembukaan Erau akan dipusatkan di Keraton Kutai (Museum Mulawarman,red) pada 13 Desember mendatang, yang ditandai dengan ritual Mendirikan Ayu," ujar Menteri Sekretaris Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura, H Adji Raden Mohd Gondo Prawiro, Sabtu (11/10) lalu.


Kendati pembukaan dilaksanakan pada 13 Desember, lanjut Gondo Prawiro, pihak Keraton sudah akan menggelar sejumlah rangkaian ritual Erau Adat Keraton Kutai sejak H-10 jelang pembukaan Erau.


"Kita terlebih dahulu akan menggelar upacara adat Beluluh di kediaman Sultan Kutai H Adji Mohd Salehoeddin II, kemudian ritual adat lainnya seperti Merangin Malam hingga Menjamu Benua," jelas Gondo Prawiro yang juga Staf Ahli Bupati Kukar ini.


Menurutnya, pihak Kesultanan Kutai telah membentuk panitia internal yang diketuai Putera Mahkota AP Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat guna mempersiapkan segala sesuatunya terkait seluruh acara adat Erau yang diselenggarakan pihak Keraton.


"Kami juga telah memeriksa sejumlah kelengkapan, termasuk dua naga Erau yang hampir 5 tahun ini belum pernah diturunkan. Alhamdulillah keduanya masih dalam keadaan baik dan tidak perlu perbaikan," ujarnya.


Ditambahkan Gondo Prawiro, berbeda dengan Erau sebelumnya yang mana pihak Kesultanan Kutai hanya fokus pada pelaksanaan tradisi budaya semata, makan kali ada sedikit perubahan paradigma.


"Atas sumbang saran dari Sultan Kutai, lewat pelaksanaan Erau ini keraton ingin turut memberdayakan ekonomi kerakyatan dengan membuat Pasar Rakyat di sekeliling tembok istana. Konsepnya masih kita godok dan akan dikoordinasikan dengan pihak terkait," imbuhnya. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Bikin Macet Hingga 4 KM, Mobil Milik Warga Tenggarong Terbakar di Kawasan Tahura
Jatuh Dari Kapal, ABK Ditemukan Tewas di Perairan Delta Mahakam
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Sempat Unggul di Babak Pertama, Mitra Kukar Tumbang di Kandang Persela
Persela Lamongan vs Mitra Kukar: Naga Mekes Buru Poin di Lamongan
 
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
Undang Delegasi 7 Negara, Erau 2018 Digelar Pada 21-29 Juli
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com