Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Mitra Kukar 6-3 Persipare Pare-Pare
Penuntasan Sapu Bersih di Rondong Demang

Pemain belakang Persipare, Iqbal (kanan), berupaya menahan bola yang ditendang IswantoPemain belakang Persipare, Iqbal (kanan), berupaya menahan bola yang ditendang Iswanto
Photo: Agri


Sebastian Balbi ditempel 3 pemain Persipare saat melepaskan tendangan keras ke arah gawang Rabayya
Sebastian Balbi ditempel 3 pemain Persipare saat melepaskan tendangan keras ke arah gawang Rabayya
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 26/08/2007 20:38 WITA
Mitra Kukar akhirnya menyempurnakan posisinya sebagai pemuncak klasemen Grup IV dengan raihan poin 33 setelah tadi sore sukses menggulung Persipare Pare-Pare dengan skor 6-3 (4-0) di Stadion Rondong Demang, Tenggarong.

Dari 6 gol kemenangan Mitra Kukar, 4 gol disumbangkan oleh Iswanto masing-masing di menit ke-4, 28, 70 dan 85. Sedangkan dua gol lainnya diciptakan Sebastian Balbi di menit ke-8 dan M Arif di menit ke-39.

Sementara 3 gol balasan Persipare Pare-Pare dibukukan oleh Hamdi Haya pada menit ke-56 dan 87, serta Adi Jimy pada menit ke-77.

Dalam laga terakhir di kandang sendiri tersebut, untuk pertama kalinya Mitra Kukar tidak didukung oleh kelompok suporter Mitra Mania (Mitman) lengkap dengan atribut suporter dan tetabuhan alat perkusi.

Pasalnya, Mitman masih harus menjalani sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI berupa larangan menyaksikan pertandingan sepakbola dengan atribut suporter selama 3 bulan.

Bertanding di bawah cuaca mendung dan hujan gerimis yang mengguyur di menit-menit awal pertandingan, Mitra Kukar langsung meberikan tekanan bertubi-tubi ke daerah pertahanan Persipare.

Dalam waktu 4 menit, Mitra Kukar sudah unggul melalui sundulan Iswanto yang memanfaatkan umpan Ridwansyah dari sayap kanan. Kemudian hanya 4 menit berselang, Sebastian Balbi yang terlepas dari perangkap offside sukses menyarangkan bola ke gawang Persipare yang dijaga Rabayya.


Carlos Bergotini saat melakukan duel di udara dengan pemain Persipare
Photo: Agri

Di menit ke-19, Mitra Kukar mendapat dukungan moral dari puluhan anggota Pusamania yang menjadi motor Asosiasi Suporter (AS) Kaltim. Kedatangan anggota Pusamania yang lengkap dengan tetabuhan ini membuat suasana Stadion Rondong Demang menjadi riuh rendah.

Aplaus meriah dari ribuan warga Tenggarong pun diberikan kepada anak-anak Pusamania yang datang ke Rondong Demang di bawah komando Faisal ini. Beberapa anggota Mitman yang berpakaian biasa mempersilakan rombongan Pusamania menempati tribun timur untuk memberikan dukungan mereka bagi Mitra Kukar.

Sementara di lapangan hijau, Sebastian Balbi dkk terus melakukan serangan untuk membongkar barisan pertahanan Persipare. Di menit ke-28, Iswanto kembali membuat Stadion Rondong Demang bergemuruh melalui gol keduanya memanfaatkan umpan silang dari Sebastian Balbi. 3-0 bagi Mitra Kukar.

Di menit ke-28 ini pula, arsitek Mitra Kukar H Mustaqim melakukan pergantian pemain dengan memasukkan M Arif menggantikan kapten tim Suwandi HS yang cedera setelah berbenturan dengan pemain Persipare.

Kehadiran M Arif mampu meningkatkan daya serang Mitra Kukar. Pada menit ke-31, M Arif hampir saja membobol gawang lawan setelah menerima umpan lambung dari Balbi. Sayangnya, sundulan M Arif masih tinggi beberapa cm dari mistar gawang Perispare.

Pada menit ke-39, M Arif akhirnya mampu mencetak gol melalui sundulan kepalanya memanfaatkan bola mental dari kiper Rabayya yang gagal menangkap bola dari tendangan keras Sebastian Balbi. Kedudukan 4-0 bagi keunggulan tuan rumah ini bertahan hingga babak turun minum.

Memasuki babak kedua, pelatih Persipare H Assagaf Razak menarik kiper Rabayya dan menggantikannya dengan Jefry. Hasilnya cukup lumayan, beberapa kali penjaga gawang ini mampu menyelamatkan gawangnya dari banyak kebobolan.

Para pemain Persipare pun mulai tampil percaya diri untuk melakukan tekanan terhadap Mitra Kukar. Dalam sebuah serangan balik di menit ke-56, Striker Persipare Hamdi Haya berhasil menyarangkan si kulit bundar ke gawang Mitra Kukar.

Mitra Kukar pun terus berupaya keras untuk meningkatkan serangan. Mitra Kukar membuat peluang emas di menit ke-65 melalui tendangan keras gelandangan Mitra Kukar Eko Budiharto. Namun bola berhasil dimentalkan kiper Jefry dan dihalau pemain Persipare dari daerah pertahanan mereka.

Baru pada menit ke-70, akhirnya Mitra Kukar mampu menambah gol di babak kedua melalui kaki Iswanto yang memanfaatkan umpan silang dari Sebastian Balbi.


Pelatih Mustaqim memberikan ucapan selamat kepada Iswanto yang kini mengoleksi total 11 gol bagi Mitra Kukar
Photo: Agri

Semenit kemudian, peluang emas kembali diciptakan M Arif. Tendangan keras pemain nomor punggung 25 ini berhasil dimentalkan kiper Jefry dan mengarah kembali ke arah dirinya, namun tendangan M Arif kali ini masih terlalu tinggi di atas mistar gawang Persipare.

Anak-anak Persipare kembali membungkam ribuan warga Tenggarong setelah Adi Jimmy menyarangkan bola ke gawang M Sandi di menit ke-77. Gol kedua ini mampu membangkitkan moral anak-anak Persipare yang mulai bermain lepas menghadapi tuan rumah.

Namun lagi-lagi Iswanto menambah perbendaharaan gol dalam laga ini ketika pertandingan berjalan tinggal 5 menit. Pemain paling produktif di Mitra Kukar ini mencetak gol indah melalui tendangan dari luar kotak penalti yang sulit dijangkau kiper Jefry. 6-2 untuk keunggulan Mitra Kukar.

Kendati telah kebobolan 6 gol, anak-anak Persipare tetap tampil penuh semangat untuk menyamakan kedudukan. Buktinya, di menit ke-83 Persipare mampu menambah gol melalui kaki Hamdi Haya dalam sebuah serangan balik. Gol tersebut menjadi gol terakhir dalam duel antara Mitra Kukar vs Persipare yang berkesudahan 6-3 untuk Mitra.

Dalam pertarungan yang menarik ini, wasit Puji Suprayitno dari Jakarta Selatan mengeluarkan 3 kartu kuning. Satu untuk Luis Edmundo dari Mitra Kukar, dan 2 untuk pemain Persipare yakni Sudirman dan Hamdi Haya.

Pelatih H Mustaqim mengaku cukup puas dengan kemenangan Mitra Kukar atas Persipare. Karena sejak awal kompetisi, lanjut Mustaqim, pihaknya mencanangkan target untuk menyapu bersih seluruh pertandingan kandang dengan kemenangan.

Terkait 3 gol yang disarangkan tim tamu, Mustaqim mengakui hal itu sebagai akibat kelengahan para pemainnya. "Kami akan evaluasi agar tidak terulang lagi pada babak 4 besar nanti," ujarnya.

Selain lolos ke Divisi Utama, Mitra Kukar masih akan menjalani babak semifinal kompetisi Divisi I Liga Indonesia 2007 menghadapi salah satu juara grup lainnya. Menurut Ketua Umum Mitra Kukar Ir Sugiyanto MM, putaran final Divisi I Liga Indonesia 2007 akan dimainkan di Stadion Manahan, Solo.

"Semifinal digelar pada 7 September, sedangkan babak final pada 10 September. Mudah-mudahan kita mampu prestasi tertinggi di putaran final nanti. Kami mohon dukungan dan doa restu masyarakat Kukar," demikian katanya. (win)


Suasana duel antara Mitra Kukar vs Persipare Pare-Pare di Stadion Rondong Demang, Tenggarong, tadi sore
Photo: Agri



Hasil Pertandingan 26/08/2007:
Mitra Kukar 6-3 Persipare Pare-Pare
Persigo Gorontalo 4-1 Persekaba Yahukimo FC
Persidago Gorontalo 3-0 Persipal Palu
Persemalra Tual 1-1 Persidafon Dafonsoro


KLASEMEN AKHIR
DIVISI I LIGA INDONESIA 2007 GRUP IV

1Mitra Kutai Kartanegara*16110535-2133
2Persigo Gorontalo1692529-1929
3Persisam Putra Samarinda1690733-2027
4Persidago Gorontalo1674521-2625
5Persekaba Yahukimo FC1673618-1924
6Persidafon Dafonsoro1663715-1521
7Persipal Palu1662821-2220
8Persemalra Tual1643914-2315
9Persipare Pare Pare16331019-4012
10Persim Maros**------

*    Mitra Kukar maju ke semifinal Divisi I Liga Indonesia 2007
**  Persim Maros mundur dari kompetisi

 
 Promosi ke Divisi Utama Liga Indonesia
 
  Bertahan di Divisi I Liga Indonesia
 
 Degradasi ke Divisi II Liga Indonesia


 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com