Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Usaha Ternak Kerbau Kalang Perlu Dimaksimalkan

Sejumlah ternak Kerbau Kalang milik peternak Kecamatan Muara Muntai meninggalkan kandangnya menuju danauSejumlah ternak Kerbau Kalang milik peternak Kecamatan Muara Muntai meninggalkan kandangnya menuju danau
Photo: Tim Peneliti Universitas Airlangga


KutaiKartanegara.com - 05/05/2007 16:27 WITA
Usaha ternak Kerbau Rawa atau biasa disebut peternak di Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai Kerbau Kalang ternyata masih dipandang sebagai usaha sampingan.


Sementara bagi Pemkab Kukar yang ditangani melalui Dinas Peternakan (Disnak) setempat terkendala oleh tempat pengembangan ternak Kerbau Kalang yang tepencil dan jauh dari Tenggarong.


Hal tersebut terungkap dari presentasi Hasil Sementara Studi dan Pengembangan Ternak Kerbau Rawa di Kukar oleh Tim peneliti dari Fakultas Peternakan Hewan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Kamis (03/05) lalu di Aula Kantor Disnak Kukar, Tenggarong.


Presentasi yang disampaikan langsung oleh Ketua Tim Peneliti dari Unair Dr Kusmayanto ini dihadiri Wakil Kepala Disnak Kukar Ir IGK Swartika, serta sejumlah pejabat Disnak dari tingkat Provinsi Kaltim maupun Kukar.


Ditambahkan Kusmayanto, hal lain yang kurang mendukung adalah budaya beternak yang belum berorientasi pada upaya pengembangan agribisnis oleh sebagian besar peternak yang juga merangkap sebagai nelayan dan petani di Kukar.


Disamping itu pihak Disnak juga lebih memfokuskan pada pengembangan usaha ternak sapi ketimbang kerbau. Padahal usaha ternak kerbau selain prospek ekonominya sangat potensial sebagai alternatif kebutuhan pemenuhan protein hewani yang semakin meningkat. Juga pengembangan peternakan Kerbau Kalang ini merupakan satu-satunya yang terdapat di Provinsi Kaltim.



Usaha pengembangan Kerbau Kalang di Kukar mesti dimaksimalkan lagi
Photo: Tim Peneliti Universitas Airlangga

Besarnya perkembangan populasi Kerbau Kalang setiap tahunnya di seputaran Danau Melintang, Semayang dan Danau Jempang, juga membuat peternak kerepotan terutama dalam penyediaan pakan dan pemeliharaan kesehatan yang tepat bagi tumbuh kembangnya ternak.


Menurut Kusmayanto, selama sepekan melakukan penelitian di sentra pengembangan ternak Kerbau Kalang di Kecamatan Muara Muntai dan Muara Wis, mereka mendapati bahwa sebagian besar peternak Kerbau Kalang belum menjadikan usaha utama, sehingga dalam pengelolaannya dilakukan sambil lalu atau asal-asalan.


"Disamping itu kebiasaan peternak menjual kerbaunya ketika kerbau naik ke kalangnya. Dimana kerbau naik ke kalangnya hanya pada saat danau banjir atau musim penghujan. Di luar kondisi ini hampir tidak ada kegiatan transaksi yang terjadi," ujarnya.


Kemudian penjualan kerbau, khususnya di kalang Teluk Ridan Kecamatan Muara Muntai, dilakukan sesuai dengan jumlah anak kerbau yang naik ke kalang. "Bila ada kerbau melahirkan, maka kerbau yang layak jual dilego, karena tidak mau melakukan perluasan kandang atau kalang," katanya.


Hal lain lagi adalah tidak dilakukan pencatatan peningkatan pertumbuhan berat badan sehingga kesehatan ternak tidak terkontrol dan pemberian pakan ternak tidak sesuai dengan kebutuhan.


Peternak menurutnya juga tidak mau mengeluarkan biaya untuk makanan tambahan. "Mereka beranggapan pakan berupa enceng gondok dan rerumputan di pinggir danau yang biasa dimakan kerbau tersedia berlimpah," ujarnya.



Pengembangan Kerbau Kalang diupayakan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani tahun 2010
Photo: Tim Peneliti Universitas Airlangga

Untuk pengembangan Kerbau Kalang ke depan, Dr Kusmayanto menyarankan Pemkab Kukar memprioritaskan mendirikan Pusat Pembibitan dan Pengembangan Ternak Kerbau Rawa Terpadu.


Fasilitas ini menurutnya harus dilengkapi dengan Pos Kesehatan Hewan. "Juga sebagai pusat Pelatihan manajemen peternakan kerbau, pengembangan breeding kerbau, unit pengolahan hijauan makan ternak," katanya.


Sementara Wakil Kadisnak Kukar IGK Swartika menyambut baik hasil penelitian sementara yang dilakukan Tim Unair. Menurutnya, kendati hasil penelitian ini masih bersifat sementara, pihaknya tetap akan menindaklanjuti saran-saran yang telah disampaikan tim peneliti.


Menurutnya hal ini disebabkan bahwa Kukar telah ditetapkan sebagai salah satu sentra pengembangan pusat pembibitan kerbau untuk memenuhi kebutuhan protein hewani 2010 yang dituangkan dalam Deklarasi SAMAWA.


"Selain itu, Pemkab Kukar juga berencana untuk menjadikan sentra pengembangan ternak Kerbau Kalang ini menjadi menjadi objek agrowisata yang bersifat khas. "Yang cukup menarik untuk disikapi adalah harga ternak kerbau yang semakin memiliki nilai tawar yang tinggi akhir-akhir ini," demikian katanya.


Ada dua sentra penting dalam pengembangan ternak Kerbau Kalang di Kukar yaitu yang dikelola Kelompok Ternak Dusun Teluk Ridan, Kecamatan Muara Muntai, dengan populasi 450 ekor dengan luas kalang 960 m2. Dan Kelompok Ternak Lebak Singkil di Desa Melintang, Kecamatan Muara Wis, dengan jumlah ternak 402 ekor dengan luas kalang 1200 m2. (joe/nop)


Keunikan ternak Kerbau Kalang yang selalu berendam di danau
Photo: Tim Peneliti Universitas Airlangga

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com