KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Juni 2004

Bupati Syaukani Dukung Penuh POPA Kukar


Para pengurus POPA Kukar dan Jayne Blakemore dari Selandia Baru berpose bersama Bupati H Syaukani HR
Photo: PMAG Kaltim / Desi Irianti

KutaiKartanegara.com 23/06/04 19:59 WITA
Kendati baru seumur jagung, organisasi Persatuan Orangtua Peduli Anak Berkebutuhan Khusus (POPA) telah mendapat dukungan penuh dari Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Drs H Syaukani HR MM.

Dukungan tersebut diungkap Bupati Kukar H Syaukani HR saat menerima pengurus POPA Kukar yang dipimpin Ir Didi Ramyadi MM, Jayne Blakemore dari Inclusion International, Desi Irianti dari PMAG (Parent Mobilization Action Group) Kaltim didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kukar Drs HM Idrus SY, di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, tadi siang.

Menurut Bupati Syaukani, keberadaan POPA Kukar menjadi sangat penting dan strategis dalam mendukung salah satu dari 3 sasaran pokok program Gerbang Dayaku (Gerakan Pengembangan dan Pemberdayaan Kutai) yakni peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kukar.

Dikatakan Ketua POPA Kukar Ir Didi Ramyadi MM, organisasi yang dipimpinnya saat ini merupakan organisasi yang mewadahi para orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, terutama anak terbelakang mental.

Menurutnya, saat ini baru tercatat 82 orang anak berkebutuhan khusus di Kukar yang menempuh pendidikan luar biasa. "Mereka terdiri dari 60 orang tingkat SD, 16 orang tingkat SLTP dan 6 orang tingkat SLTA," ujar Didi Ramyadi.

Ia berharap agar semakin banyak anak berkebutuhan khusus yang terdata dan mendapatkan pendidikan luar biasa. "Karena mereka juga memiliki hak yang sama seperti anak-anak normal lainnya dan bahkan mereka memiliki potensi yang dapat dikembangkan. Hanya saja selama ini mereka kurang mendapat perhatian dari keluarga dan lingkungannya, sehingga penderitaan mereka semakin berkepanjangan," kata Didi Ramyadi.

Menurut Didi, sedikitnya jumlah anak berkebutuhan khusus yang terdata akibat rendahnya kesadaran orangtua untuk melaporkan kondisi anaknya yang mengalami keterbelakangan mental. Oleh karena itu pihaknya akan terus melakukan sosialisasi POPA untuk memberikan pemahaman kepada orangtua agar terus melakukan pembinaan terhadap anak berkebutuhan khusus.

"Akhir Juli mendatang, kami kembali akan melakukan sosialisasi POPA dengan mengundang institusi pemerintah, pendidikan, swasta dan masyarakat," demikian kata Ir Didi Ramyadi MM.

Sementara itu, menurut Jayne Blakemore dari LSM Inclusion International, berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa rata-rata setiap negara di dunia memiliki anak berkebutuhan khusus sebanyak 10% dari jumlah penduduknya.

"Institusi kami berkepentingan untuk membantu negara-negara berkembang dalam menangani dan membina anak-anak berkebutuhan khusus ini," ujar wanita asal Selandia Baru ini. Ditambahkan Jayne, pihaknya juga telah melakukan hal yang sama di sejumlah negara lainnya selain Indonesia seperti Filipina, Rumania, India, Samoa dan Kiribati. Khusus di Indonesia, lanjut Jayne, pihaknya menjadikan provinsi Kaltim sebagai proyek percontohan dalam pembinaan anak berkebutuhan khusus.

Senada dengan Jayne, Koordinator Program PMAG Kaltim Desi Irianti mengatakan, dengan dukungan dari Inclusion International akhirnya didirikanlah PMAG Kaltim pada tahun 2003 yang berbasis di kota Bontang.

"Dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan PMAG Kaltim kemudian ditindaklanjuti dengan pembentukan POPA di sejumlah Kabupaten/Kota di Kaltim," ujar Desi seraya menambahkan beberapa POPA yang telah terbentuk diantaranya adalah di Samarinda, Balikpapan, Bontang, Tarakan, Kukar dan Kutai Timur.

Dalam kesempatan bertemu dengan Bupati Kukar tadi siang, Jayne Blakemore mengundang Bupati H Syaukani HR untuk meninjau langsung pusat penanganan anak berkebutuhan khusus di kota Christchurch, Selandia Baru, pada bulan Oktober mendatang. (win/joe)

Baca Juga:
Wadah Komunikasi Orangtua Penyandang Cacat Mental Disosialisasikan (18/06/04)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.