KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

 

Info Odah Etam : Desember 2004

Buntut Diberhentikannya Syaukani-Samsuri, Ratusan Warga Berunjukrasa

Massa berunjukrasa di perempatan Jembatan Aji Imbut Tenggarong

Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 11/12/04 22:30 WITA
Kutai Kartanegara memanas! Pemberhentian H Syaukani HR dari jabatan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) yang kemudian digantikan oleh H Awang Dharma Bakti mengundang reaksi keras dari berbagai kalangan di Tenggarong dan wilayah Kukar pada umumnya.

Sedikitnya 500 warga Tenggarong dari berbagai kelompok pemuda tumpah ruah turun ke jalan siang tadi melakukan aksi damai menolak keputusan Mendagri yang secara mendadak melakukan pergantian kepala daerah Kukar.

Para pengunjukrasa yang berasal dari kelurahan-kelurahan yang ada di Kecamatan Tenggarong tersebut berkumpul di Pasar Seni Tepian Pandan kemudian bergerak menuju perempatan Jembatan Aji Imbut (Jembatan Bongkok) hingga depan dermaga penyeberangan Pulau Kumala untuk berorasi dan menumpahkan uneg-unegnya.


Salah seorang pengunjukrasa dengan posternya
Photo: Agri

Menurut Abdul Rasyid yang menjadi Koordinator Lapangan aksi damai tersebut, pihaknya menyesalkan mengapa pergantian Bupati Kukar dilakukan secara tiba-tiba tanpa ada sosialisasi terlebih dahulu.

"Kami meminta agar pelantikan Awang Dharma Bakti dibatalkan. Kami akan turun dengan kekuatan lebih besar lagi jika pelantikan akan dilaksanakan, apakah itu di Tenggarong atau Samarinda sekalipun," tandasnya.

Sementara itu, Pemuda Karya Peduli Bangsa (PKPB) Kukar melalui Ketuanya Supeno SPd menyatakan menolak tegas dan tidak mengakui Awang Dharma Bakti sebagai pelaksana tugas Bupati Kukar.

"Jika pelantikan akan dilaksanakan, kami akan menurunkan massa secara besar-besaran untuk menolak pelantikan Awang Dharma Bakti," kata Supeno.

Penolakan terhadap ditetapkannya Awang Dharma Bakti sebagai Bupati Sementara Kutai Kartanegara juga datang dari FKPPI Kukar dan Kosgoro 1957 Kukar. Kedua organisasi kemasyarakatan ini sama-sama akan menurunkan kekuatannya untuk membatalkan pelantikan Awang Dharma Bakti yang direkomendasikan Gubernur Kaltim Suwarna AF sebagai pengganti Syaukani. (win/nop)


Sedikitnya 500 warga Tenggarong dan sekitarnya melakukan aksi damai menolak Awang Dharma Bakti
Photo: Yanda

Berita Sebelumnya:
Syaukani-Samsuri Diberhentikan! (11/12/04)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Affiliate with oto.co.id

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001-2004 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.