KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

Info Odah Etam

MedioCom; Your one stop shop for content

Put Your Ads Here

Put Your Ads Here

Liputan KutaiKartanegara.com

RPU Kutai Kartanegara Diresmikan
RPU Kutai Kartanegara
RPU Kutai Kartanegara di Tenggarong Seberang

KutaiKartanegara.com - 19/08/02
Pusat penggilingan padi skala besar atau Rice Processing Unit (RPU) yang terletak di desa Manunggal Jaya, kecamatan Tenggarong Seberang diresmikan penggunaannya oleh Bupati Kutai Kartanegara Drs. H. Syaukani HR, MM tadi pagi. Dengan beroperasinya Rice Processing Unit (RPU) ini maka tekad Kutai Kartanegara sebagai sentra produksi pangan terbesar di propinsi Kalimantan Timur akan segera terwujud. RPU ini nantinya mampu memproduksi beras kristal sebanyak 5 ton beras per jam dan selanjutnya beras kristal ini akan dikemas dalam karung-karung beras dengan merk "Gerbang Dayaku" yang siap dipasarkan ke seluruh wilayah Kalimantan Timur.

Beras "Gerbang Dayaku"
Beras produksi RPU Kutai Kartanegara

Pemkab Kutai Kartanegara akan bekerjasama dengan beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan yang selama ini memiliki kelebihan produksi gabah untuk memberikan pasokan gabah dari Sulawesi ke Kutai Kartanegara. Kabupaten-kabupaten di Sulawesi tersebut diantaranya adalah Wajo, Gowa, Maros, Luwu dan Kendari. Pusat penggilingan padi terbesar di Kalimantan Timur ini dibangun selama enam bulan diatas lahan seluas 2,8 hektar dengan menelan biaya yang sangat besar yakni senilai lebih dari Rp. 59 Milyard. Teknologi yang digunakan dalam Rice Processing Unit ini berasal dari Korea Selatan dan pengerjaannya dilaksanakan oleh PT. Koradipura Jakarta.

Nampak hadir dalam peresmian RPU yang dimulai pada pukul 10.00 WITA tadi pagi adalah Wakil Gubernur Kalimantan Timur Drs. Yurnalis Ngayoh beserta pejabat-pejabat dari Pemerintah Propinsi Kalimantan lainnya, unsur Muspida Kabupaten Kutai Kartanegara, dan beberapa Bupati dari propinsi Sulawesi Selatan yang telah menyatakan kesediaan untuk bekerjasama dalam menyediakan pasokan gabah ke Kutai Kartanegara.

Sepeda motor yang dibagikan kepada pegawai Pemkab Kutai Kartanegara

Bagi-Bagi Kendaraan Bermotor
Pada kesempatan ini juga ditandai dengan peresmian Gedung Latihan Taekwondo yang terletak berdekatan dengan RPU Kutai Kartanegara di Desa Manunggal Jaya, Tenggarong Seberang. Selain itu juga diadakan penandatanganan Memorandum of Understanding antara Pemkab Kutai Kartanegara dengan Pemerintah Jepang berkenaan dengan bantuan 2000 unit komputer yang nantinya akan disebarkan ke seluruh sekolah negeri dan swasta yang ada di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Kemudian diadakan pula penyerahan sejumlah kendaraan bermotor bagi pegawai Pemkab Kutai Kartanegara, yakni 540 unit sepeda motor yang diperuntukkan bagi 96 PPL di kecamatan, 90 aparat kecamatan dan 354 pegawai dinas-instansi di lingkungan Pemkab Kutai Kartanegara. Sedangkan kendaraan roda empat yang diserahkan meliputi 6 unit bus angkutan pelajar, 7 unit mobil ambulans dan 6 unit kendaraan operasional bagi staf ahli Bupati.***

Rekaman Peresmian RPU


Bupati Kutai Kartanegara Drs. H. Syaukani HR, MM ketika sedang menekan tombol peresmian RPU di Tenggarong Seberang.


Karyawan RPU Kutai Kartanegara ketika sedang memperagakan proses pengemasan beras kristal dalam karung beras "Gerbang Dayaku".

 

Liputan: win - joe - hms

INFO LAINNYA
Meriah, Pawai Pembangunan di Tenggarong (16/08/02)

1500 Penari Dikerahkan Dalam Tari Massal (10/08/02)

Pinggiran Mahakam Mulai Dibebaskan (04/08/02)

Ribuan Peserta Festival Keraton Nusantara III Akan Padati Kota Tenggarong (03/08/02)

Jaringan Kereta Api Dibangun, Tenggarong-Balikpapan Dapat Ditempuh Dalam 1 Jam (03/07/02)

8 Siaran TV Swasta Nasional Akan Mengudara di Kota Tenggarong (29/06/02)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Polling
Saat ini ada keinginan sebagian kelompok masyarakat Kutai di wilayah pantai untuk membentuk sebuah kabupaten baru dari beberapa wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara saat ini. Setujukah anda jika Kabupaten Kutai Kartanegara dimekarkan lagi:
Setuju!
Tidak Setuju!
Tidak Tahu...

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.