Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pemkab Rokan Hilir Kunjungi Kukar

Suasana kunjungan kerja Tim Anggaran Eksekutif dan Legislatif Pemkab Rokan Hilir di Ruang Eksekutif Kantor Bupati Kukar tadi siang
Suasana kunjungan kerja Tim Anggaran Eksekutif dan Legislatif Pemkab Rokan Hilir di Ruang Eksekutif Kantor Bupati Kukar tadi siang
Photo: Ale

KutaiKartanegara.com - 11/09/2006 21:12 WITA
Kabupaten Kutai Kartanegara tiada henti-hentinya mendapat kunjungan dari daerah lain di Indonesia. Hampir setiap pekan, ada saja tamu luar daerah yang berkunjung ke ibu kota Kabupaten Kukar, Tenggarong.

Seperti yang terjadi tadi siang, Pemkab Kukar melalui Asisten I Pemkab Kukar Bidang Pemerintahan dan Hukum H Aji Ridwan Syahranie BA menerima kunjungan kerja Tim Anggaran Eksekutif dan Legislatif Kabupaten Rokan Hilir dari Provinsi Riau.

Menurut ketua rombongan Kabupaten Rokan Hilir, H Asmir Usman, maksud kedatangan rombongannya yang berjumlah sekitar 20 orang ini adalah dalam rangka mempelajari tata cara pengelolaan keuangan daerah.

"Kami ingin tahu bagaimana Kukar mengelola APBD nya yang jumlahnya begitu besar sehingga pelaksanaan pembangunan, pemerintahan dan pelayan masyarakat di sini berjalan dengan baik, katanya.

Dibanding dengan Kukar, maka APBD Rokan Hilir tidak seberapa jumlahnya yaitu untuk tahun 2005 lalu sekitar Rp 900 Milyar sedang PAD-nya sekitar Rp 28 milyar lebih. Ditambahkannya, Kabupaten Rokan Hilir memiliki luas wilayah 8.881,59 km persegi atau 888.159 hektar.

Sebagian besar wilayah Rokan Hilir terdiri dari dataran rendah dan rawa-rawa, terutama di sepanjang Sungai Rokan hingga ke muaranya. Wilayah ini memiliki tanah yang sangat subur dan menjadi lahan persawahan padi terkemuka di Propinsi Riau.

"Sehingga tidak berlebihan jika Rokan Hilir merupakan lumbungnya Provinsi Riau, karena daerah ini menjadi sentra tanaman pangan terutama padi," demikian katanya.

Di hadapan tamunya, Asisten I Pemkab Kukar HA Ridwan Syahranie menjelaskan sekilas tentang Kukar, baik aspek potensi sumberdaya alam, geografis dan kependudukan. Asisten I juga memaparkan tentang konsep pembangunan yang tertuang dalam program unggulan yang disebut dengan Gerbang Dayaku.

"Program ini sudah memasuki tahapannya yang kedua kalinya sejak dicanangkan Bupati Prof Dr H Syaukani HR pada tahun 2000 lalu," katanya.

Menyinggung tentang APBD Kukar 2006 yang jumlahnya sebesar Rp 3,7 Trilyun, menurut Ridwan Syahranie komponen terbesar dari penerimaan APBD Kukar ini adalah melalui pos penerimaan bagi hasil migas. Sedang untuk PAD Kukar 2006 mencapai Rp 50 milyar.

Pertemuan antara Pemkab Kukar dengan Pemkab Rokan Hilir ini berakhir dengan saling menyerahkan cenderamata berupa lambang daerah masing-masing. (ale)



 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com