Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
   
 
 

Untung Ndik Tetijak
Suatu hari si Hongo dan Henge disuruh mbok Rodah ncari buluh. Maklum hak, mbok Rodah ni ndak molah suman untuk bejualan di pasar batu. Jadi pegi hak sida bedua ni bejalan betis ke Rondong Demang, soalnya disitu maha banyak tumbuh ...
Menteri Kehutanan Enggan Beri Izin Pembukaan Hutan Untuk Kebun Sawit

Menteri Kehutanan Enggan Beri Izin Pembukaan Hutan Untuk Kebun Sawit

Menteri Kehutanan RI HMS Ka'ban didampingi Bupati H Syaukani HR menutup lokakarya mengenai kehutanan dengan pemukulan gong
Menteri Kehutanan RI HMS Ka'ban didampingi Bupati H Syaukani HR menutup lokakarya mengenai kehutanan dengan pemukulan gong
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 11/07/2006 17:51 WITA
Permasalahan rehabilitasi dan konversi lahan gundul di Kalimantan Timur menjadi tema pokok lokakarya yang menghadirkan Menteri Kehutanan RI HMS Ka'ban, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Prof Dr H Syaukani HR MM, dan anggota DPD/MPR RI Luther Kombong, Senin (10/07) kemarin, di Mulawarman Ballroom, Hotel Singgasana Tangga Arung, Tenggarong.

Dikatakan Menhut RI HMS Ka'ban, pihaknya tidak akan menyetujui jika ada pengusaha membuka perkebunan kelapa sawit dengan memanfaatkan kawasan hutan perawan.

Menhut menilai, pengusaha yang ingin mengembangkan perkebunan kelapa sawit di kawasan hutan hanya ingin 'merampok' kayu-kayu yang ada di hutan tersebut.

"Jika ingin buka perkebunan kelapa sawit, gunakanlah lahan-lahan gundul yang sudah tidak produktif. Jangan babat hutan yang sudah ada," tegas Menhut HMS Ka'ban.


Menteri Kehutanan RI HMS Ka'ban menyatakan enggan memberikan izin pembukaan hutan bagi perkebunan sawit
Photo: Agri

Menhut juga meminta agar pemerintah daerah membuat tata ruang wilayah dan tata guna lahan dengan sebaik-baiknya, mana yang untuk persawahan, mana untuk perkebunan sawit, untuk pertambangan dan lain sebagainya.

Sementara Bupati Kukar H Syaukani HR ketika memaparkan materi mengenai Masalah-Masalah Penghutanan Kembali di Kalimantan Timur mengatakan, banyak permasalahan dan tantangan yang perlu diantisipasi dalam menjaga kelestarian hutan hujan tropis di wilayah ini.

"Bukan saja masalah illegal logging, tetapi juga masalah lain seperti kebakaran hutan yang belum sepenuhnya mampu diatasi serta status kawasan hutan yang belum mantap sehingga ada peluang untuk merusak kawasan hutan untuk kepentingan sesaat," ujar H Syaukani HR.

Bupati Kukar juga mengatakan ada beberapa permasalahan yang menghambat pelaksanaan rehabilitasi hutan, seperti tidak adanya reformasi kebijakan yang nyata dan partisipatif untuk merumuskan peraturan yang mendukung rehabilitasi hutan dan lahan.


Bupati Kukar H Syaukani HR yang juga tampil sebagai pembicara bersama Menhut RI dan Anggota DPD/MPR RI Luther Kombong
Photo: Agri

Selain itu, rehabilitasi hutan dan lahan selama ini lebih menekankan pada kegiatan penanaman, kendati tumbuhan yang ditanam seringkali dipaksakan tanpa melihat keinginan masyarakat.

"Permasalahan lainnya adalah pelaksanaan rehabilitasi hutan dan lahan kritis dari pemerintah pusat dan daerah dalam implementasinya terjadi tumpang tindih kebijakan," papar Bupati Kukar.

Oleh karena itu, Bupati H Syaukani HR menyarankan agar pemerintah perlu memfasilitasi suatu proses agar konsensus nasional dan lokal dapat mencapai sasarannya. "Proses ini melibatkan pemerintah, sektor swasta dan masyarakat," imbuhnya.

Bupati Kukar juga berharap agar pemerintah segera melakukan perbaikan terhadap peraturan perundangan tentang kehutanan serta memperkuat informasi dasar tentang sumber daya kehutanan yang dapat diketahui masyarakat. (win)

 
Username  
Password  
   

Belum Punya E-mail @kutaikartanegara.com?
Daftar Sekarang Juga!

Politik & Peristiwa

 

Pemerintahan

 

Ekonomi & Bisnis

 

Hukum & Kriminal

Pemkab Kukar Raih Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Utama
Pembangunan Jembatan Kartanegara: Perakitan Bentang Pendekat Menuju Pondasi Terus Dikerjakan
 
LAKIP Kukar Terbaik se-Kaltim dan Kaltara
Inilah 157 Pejabat yang Dimutasi pada 10 September 2014
 
Kukar Raih Penghargaan Kabupaten Penggerak Koperasi 2014
Apindo-Serikat Pekerja Tak Capai Kata Sepakat: Penetapan UMK Kukar 2015 Diserahkan Kepada Bupati
 
Tenggak Miras Oplosan, 7 Remaja Diamankan Satpol PP
Polres Kukar Bekuk Sindikat Pemalsu KTP dan SIM
             

Hiburan

 

Olahraga

 

Seni Budaya

 

Pendidikan

BPK Oi Kukar Garap Balada Reggae di Creative Park
Dimeriahkan Shaggydog, Peresmian Creative Park pada 26 Desember
 
Fitriansyah Kete Dominasi Balap Motor Trofi Kapolres Kukar
Setelah di Jakarta, Mitra Kukar Lanjutkan TC di Thailand
 
Pekan Depan, Grand Elty Singgasana Garap Festival Warna Warni 2014
Berburu Foto di Jalanan Lewat Kukar Street Hunting
 
Rektor Unikarta Mutasi 51 Pejabat Struktural dan Fungsional
Ratusan Personel TNI 'Serbu' Kampus Unikarta
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com