Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Cari Produk Kadaluarsa dan Berbahaya, Tim Gabungan Pemkab Kukar Sidak ke Pasar dan Toko

Petugas dari Satpol PP Kukar hanya menemukan produk bahan obat nyamuk bakar merk Hit yang tidak termasuk dalam daftar produk yang harus diamankan
Petugas dari Satpol PP Kukar hanya menemukan produk bahan obat nyamuk bakar merk Hit yang tidak termasuk dalam daftar produk yang harus diamankan
Photo: Humas Kukar/Rudy

KutaiKartanegara.com - 17/06/2006 00:22 WITA
Terkait dengan ditemukannya bahan berbahaya dalam produk Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) yakni obat nyamuk semprot merk Hit, tim dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang dipimpin langsung Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs Samuel Robert Djukuw, Jum'at (16/06) kemarin, melakukan sidak ke sejumlah toko di kota Tenggarong.

Turut serta dalam sidak tim gabungan Pemkab Kukar diantaranya adalah Kepala Disperindagkop Kukar H Rusli Rachim, Kabag Hukum Pemkab Kukar HM Gufron Yusuf, serta pejabat dari Dinas Kesehatan, Bagian Ekonomi, Satpol PP Kukar serta Polsek Tenggarong.

Ada tiga toko yang dipilih secara acak dalam sidak kemarin pagi yakni masing-masing adalah Dhika Raya Swalayan di Jl Danau Semayang, Toko Sidomulyo di Jl Maduningrat dan Toko Terang di Jl Diponegoro.

Selain itu, tim gabungan ini juga melakukan sidak didalam Pasar Tangga Arung. Tidak hanya produk obat semprot serangga merk Hit yang dicari, bahan makanan/minuman yang kadaluarsa pun menjadi target dalam operasi kemarin.


Asisten II Pemkab Kukar Samuel Robert Djukuw (tengah) meneliti batas kadaluarsa salah satu produk makanan kaleng
Photo: Humas Kukar/Rudy

Menurut Asisten II Samuel Robert Djukuw, sidak yang mereka lakukan kemarin adalah untuk menindaklanjuti surat edaran Kepala Badan POM RI Nomor PO.02.01.32.3.1199 tertanggal 9 Juni 2006 lalu perihal pengamanan produk Pestisida Rumah Tangga.

Ditambahkannya, dalam surat edaran tersebut dinyatakan bahwa produk Hit 2,1 A dan HIT 17 L mengandung bahan aktif yang dapat menimbulkan pengaruh negatif terhadap kesehatan manusia dan lingkungan hidup, yakni Propoksur dan Diklorvos.

"Kedua bahan aktif ini tidak dapat didaftarkan untuk penggunaan rumah tangga sesuai Surat Komisi Pertisida dari Departemen Pertanian pada tanggal 28 April 2004, karena dapat merugikan kesehatan manusia," jelasnya.

Setelah melakukan sidak di beberapa tempat, pihak tim gabungan Pemkab Kukar tak menemukan satu pun bahan makanan kadaluarsa maupun obat semprot yang dimaksud dalam surat edaran Kepala Badan POM RI. Ternyata menurut pengakuan pemilik toko, produk obat semprot serangga merk Hit tersebut sudah ditarik oleh distributor sejak 1 minggu lalu.

Namun demikian, pihak tim gabungan menemukan produk Hit jenis obat nyamuk bakar elektrik yang masih diperdagangkan di Dhika Raya Swalayan. Karena tidak termasuk produk yang disebutkan dalam surat edaran, oleh pihak tim gabungan produk tersebut hanya dicatat dan diminta satu buah sebagai sampel.

Sementara menurut Kasubag Produksi, Industri dan Pertambangan pada Bagian Ekonomi Pemkab Kukar, Aji Sugito, pihaknya masih akan melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap produk-produk berbahaya dan kadaluarsa khususnya di wilayah-wilayah kecamatan se-Kukar. (win)


Selain melakukan sidak di tiga toko di Tenggarong, tim gabungan Pemkab Kukar yang dipimpin Asisten II Samuel Robert Djukuw juga melakukan sidak didalam Pasar Tangga Arung
Photo: Humas Kukar/Rudy

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com