Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Cari Produk Kadaluarsa dan Berbahaya, Tim Gabungan Pemkab Kukar Sidak ke Pasar dan Toko

Petugas dari Satpol PP Kukar hanya menemukan produk bahan obat nyamuk bakar merk Hit yang tidak termasuk dalam daftar produk yang harus diamankan
Petugas dari Satpol PP Kukar hanya menemukan produk bahan obat nyamuk bakar merk Hit yang tidak termasuk dalam daftar produk yang harus diamankan
Photo: Humas Kukar/Rudy

KutaiKartanegara.com - 17/06/2006 00:22 WITA
Terkait dengan ditemukannya bahan berbahaya dalam produk Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) yakni obat nyamuk semprot merk Hit, tim dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang dipimpin langsung Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs Samuel Robert Djukuw, Jum'at (16/06) kemarin, melakukan sidak ke sejumlah toko di kota Tenggarong.

Turut serta dalam sidak tim gabungan Pemkab Kukar diantaranya adalah Kepala Disperindagkop Kukar H Rusli Rachim, Kabag Hukum Pemkab Kukar HM Gufron Yusuf, serta pejabat dari Dinas Kesehatan, Bagian Ekonomi, Satpol PP Kukar serta Polsek Tenggarong.

Ada tiga toko yang dipilih secara acak dalam sidak kemarin pagi yakni masing-masing adalah Dhika Raya Swalayan di Jl Danau Semayang, Toko Sidomulyo di Jl Maduningrat dan Toko Terang di Jl Diponegoro.

Selain itu, tim gabungan ini juga melakukan sidak didalam Pasar Tangga Arung. Tidak hanya produk obat semprot serangga merk Hit yang dicari, bahan makanan/minuman yang kadaluarsa pun menjadi target dalam operasi kemarin.


Asisten II Pemkab Kukar Samuel Robert Djukuw (tengah) meneliti batas kadaluarsa salah satu produk makanan kaleng
Photo: Humas Kukar/Rudy

Menurut Asisten II Samuel Robert Djukuw, sidak yang mereka lakukan kemarin adalah untuk menindaklanjuti surat edaran Kepala Badan POM RI Nomor PO.02.01.32.3.1199 tertanggal 9 Juni 2006 lalu perihal pengamanan produk Pestisida Rumah Tangga.

Ditambahkannya, dalam surat edaran tersebut dinyatakan bahwa produk Hit 2,1 A dan HIT 17 L mengandung bahan aktif yang dapat menimbulkan pengaruh negatif terhadap kesehatan manusia dan lingkungan hidup, yakni Propoksur dan Diklorvos.

"Kedua bahan aktif ini tidak dapat didaftarkan untuk penggunaan rumah tangga sesuai Surat Komisi Pertisida dari Departemen Pertanian pada tanggal 28 April 2004, karena dapat merugikan kesehatan manusia," jelasnya.

Setelah melakukan sidak di beberapa tempat, pihak tim gabungan Pemkab Kukar tak menemukan satu pun bahan makanan kadaluarsa maupun obat semprot yang dimaksud dalam surat edaran Kepala Badan POM RI. Ternyata menurut pengakuan pemilik toko, produk obat semprot serangga merk Hit tersebut sudah ditarik oleh distributor sejak 1 minggu lalu.

Namun demikian, pihak tim gabungan menemukan produk Hit jenis obat nyamuk bakar elektrik yang masih diperdagangkan di Dhika Raya Swalayan. Karena tidak termasuk produk yang disebutkan dalam surat edaran, oleh pihak tim gabungan produk tersebut hanya dicatat dan diminta satu buah sebagai sampel.

Sementara menurut Kasubag Produksi, Industri dan Pertambangan pada Bagian Ekonomi Pemkab Kukar, Aji Sugito, pihaknya masih akan melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap produk-produk berbahaya dan kadaluarsa khususnya di wilayah-wilayah kecamatan se-Kukar. (win)


Selain melakukan sidak di tiga toko di Tenggarong, tim gabungan Pemkab Kukar yang dipimpin Asisten II Samuel Robert Djukuw juga melakukan sidak didalam Pasar Tangga Arung
Photo: Humas Kukar/Rudy

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com