Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Mutasi Pejabat Unikarta, Mahasiswa Protes YKK

Mahasiswa Unikarta ketika berunjukrasa memprotes kebijakan YKK yang melakukan mutasi pejabat tanpa proses uji kepatutan dan kelayakan
Mahasiswa Unikarta ketika berunjukrasa memprotes kebijakan YKK yang melakukan mutasi pejabat tanpa proses uji kepatutan dan kelayakan
Photo: Ryan

KutaiKartanegara.com - 04/06/2006 22:34 WITA
Mutasi yang dilakukan Yayasan Kutai Kartanegara (YKK) selaku pengelola pendidikan di Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong menuai kritik dari beberapa elemen mahasiswa. Kritikan dari mahasiswa ini diwujudkan dengan melaksanakan aksi demo di lapangan parkir Unikarta Tenggarong Sabtu (03/06) kemarin.

Menurut Koordinator Aksi Ahmadin yang juga Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Teknik Unikarta, tujuan dari aksi demo ini adalah sebagai bentuk protes terhadap YKK atas sikap sewenang-wenangnya dalam mengambil kebijakan mutasi pejabat di jajaran kampus Unikarta.

Dikatakannya, pejabat yang akan mendapatkan jabatan baru itu adalah Kabag Kemahasiswaan, Kabag Biro Administrasi Umum (BAU), Direktur Program Pasca Sarjana (S2/MAP), Kabag Keuangan Program S2 dan Kepala Perpustakaan.

"Mutasi yang dilakukakan YKK bersifat otoriter yang harus dihilangkan, karena tidak sesuai prosedur seperti melalui proses fit and profer test," katanya.

Ditambahkannya, prosedur melalui proses fit and proper test ini perlu dilakukan terlebih di antara pejabat yang dimutasi itu adalah pejabat yang menduduki jabatan strategis di lingkungan Unikarta.

Oleh sebab itu kami sebagai komponen kampus menolak keras mutasi yang dilakukan YKK karena asal tunjuk pejabat saja. "Nampaknya orang-orang di YKK tidak mempunyai Visi dan Misi yang jelas dalam membangun Unikarta," tandasnya.

Ahmadin juga mengatakan, "kalau memang cara seperti ini yang diambil, maka kami merasa pesimis Unikarta akan maju dan berkembang bila diisi oleh orang yang masih diragukan kemampuannya,"

Sementara Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Toni Nurhadi menanggapi, pihaknya melihat dalam mutasi ini ada aroma KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme) di YKK.

"Buktinya, tanpa memandang aspek profesionalisme dan karier seseorang, mereka melakukan penunjukan tanpa ada uji kepatutan dan kelayakan. Jelas hal ini akan berdampak yaitu terjadi stagnasi bagi kemajuan pendidikan di kampus," ujarnya.

Menurut Toni, seharusnya saat ini YKK lebih memikirkan kesejahteraan dosen, bukan melakukan mutasi. "Mutasi ini akan berdampak negatif terhadap dunia kampus karena akan terjadi mosi tidak percaya terhadap YKK disamping adanya proses balas dendam dari pejabat lama," imbuhnya.

Toni juga mensinyalir jika pejabat baru pilihan YKK benar-benar dilantik maka akan ada mogok mengajar oleh seluruh dosen sebagai bentuk protes mutasi yang dilakukan. "Hal inilah yang tidak kita inginkan bersama-sama," tegasnya.

Setelah berorasi selama beberapa menit, para pendemo ingin menemui Ketua YKK Dr Teguh Budiharsono MPd di ruang kerjanya, namun yang dicari tidak berada di tempat. (yan)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com