Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar

Suasana sosialisasi dari pihak BPJS Kesehatan di hadapan para camat di Tenggarong, Kamis (05/10) kemarinSuasana sosialisasi dari pihak BPJS Kesehatan di hadapan para camat di Tenggarong, Kamis (05/10) kemarin
Photo: Agri


Arbayah Ropika dari BPJS Kesehatan CU Samarinda saat menjelaskan mekanisme pendaftaran peserta BPJS di kecamatan
Arbayah Ropika dari BPJS Kesehatan CU Samarinda saat menjelaskan mekanisme pendaftaran peserta BPJS di kecamatan
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 06/10/2017 16:48 WITA
Jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengalami penurunan yang cukup drastis.


Dari data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Utama Samarinda hingga September 2017, tercatat ada 331.132 atau 50,57 persen warga Kukar yang menjadi peserta aktif JKN-KIS.


Padahal pada tahun 2016 lalu, jumlah peserta JKN-KIS asal Kukar mencapai 99,4 persen atau sebanyak 650.863 jiwa dari total 654.761 jiwa penduduk Kukar.


Penurunan yang drastis ini dikarenakan banyak kepesertaan JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD yang tak teranggarkan di APBD Kukar 2017 lantaran terjadinya defisit anggaran. Akibatnya, banyak peserta PBI APBD asal Kukar yang kini berstatus non aktif.


Berangkat dari hal itu, BPJS Kesehatan terus berupaya untuk mendongkrak kembali kepesertaan JKN-KIS di wilayah Kukar. Salah satunya dengan menggandeng pihak kecamatan untuk membantu proses pendaftaran peserta baru maupun peralihan peserta PBI APBD non aktif menjadi peserta mandiri dengan target tercapainya Universal Health Coverage (UHC) di level kecamatan.


Untuk menyamakan persepsi dengan pihak kecamatan, BPJS Kesehatan menggelar kegiatan Sosialiasi Mekanisme Pendaftaran Peserta Peralihan PBI APBD Non Aktif ke Segmen Kepesertaan Lainnya di harapan para camat di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Kamis (05/10) kemarin.


Sosialisasi ini juga merupakan tindak lanjut dari instruksi Bupati Kukar tertanggal 4 September 2017 yang memerintahkan kepada kepala perangkat daerah hingga perangkat desa se-Kukar untuk mendukung dan memfasilitasi BPJS Kesehatan dalam melakukan pendaftaran peserta JKN-KIS.


"Sebelum ada instruksi dari Bupati Kukar, kita sudah menjalankan rencana kita untuk meng-UHC-kan per kecamatan. Karena kalau untuk tingkat Kabupaten masih agak berat UHC-nya, maka paling tidak per kecamatan terlebih dahulu UHC-nya," kata Arbayah Ropika selaku Kabid Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan UC Samarinda kepada awak media.


Menurut Arbayah, pihaknya telah melakukan beberapa uji coba mekanisme pendaftaran di Kecamatan Anggana dan Tenggarong Seberang yang mendapat sambutan antusias dari warga. "Per minggu, tren kenaikannya mencapai 1 persen," ujarnya.


Lewat kegiatan sosialisasi di hadapan para camat se-Kukar, Arbayah berharap agar kecamatan lain yang banyak warganya belum terdaftar dapat segera memiliki jaminan kesehatan.


"Jadi ada 7 kecamatan yang menjadi skala prioritas kita untuk implementasi instruksi Bupati, yakni kecamatan Tenggarong, Loa Janan, Loa Kulu, Samboja, Muara Jawa, Muara Badak dan Marangkayu," katanya.


Senada dengan Arbayah, Kabag Pemerintahan Setkab Kukar Sunggono mengatakan bahwa Pemkab Kukar terus berkoordinasi dengan BPJS di Kukar untuk menyamakan persepsi, termasuk membangun kesepahaman tentang upaya meningkatkan UHC. "Kita menargetkan tahun 2017 ini kepesertaan JKN-KIS di Kukar mencapai 79 persen," pungkasnya. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com