Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Khatamal Quran Awali Wisuda TPA Darussalam Muara Kaman Ulu

Wakil Ketua Pembina TK/TPA dan TP PKK Kukar Hj Farida Samsuri Aspar didampingi Ketua Umum BKPRMI Kukar Drs Asyakir saat mewisuda santri TPA Unit 1 Darussalam Muara Kaman Ulu
Wakil Ketua Pembina TK/TPA dan TP PKK Kukar Hj Farida Samsuri Aspar didampingi Ketua Umum BKPRMI Kukar Drs Asyakir saat mewisuda santri TPA Unit 1 Darussalam Muara Kaman Ulu
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 06/02/2006 16:42 WITA
Khatamal Quran dalam acara wisuda Taman Pendidikan Al Quran (TPA) sebenarnya tidak lazim dilakukan. Namun di TPA Unit 1 Darussalam, Desa Muara Kaman Ulu, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), hal itu terjadi saat dilaksanakannya wisuda ke-11, Sabtu (04/02) lalu, yang berlangsung di Masjid Nurul Iman.

Wakil Ketua Pembina TK/TPA dan Tim Penggerak PKK Kukar Ny Hj Farida Samsuri Aspar dan rombongan, Camat Muara Kaman Asmuni SSos dan kepala dinas/instansi serta tokoh masyarakat dan para orangtua santri yang hadir menyaksikan nampak antusias mengikuti upacara sehingga suasana wisuda begitu semarak.

Upacara Khatamal Quran TPA Darussalam ini diawali dengan membacakan bagian akhir surat-surat Al Quran secara bergantian oleh 44 santri dan santriwati yang dipimpin seorang ustadz (guru mengaji).

Usai Khatamal Quran, pimpinan TPA Unit 1 Darussalam Sri Nornaningsih secara simbolis menyerahkan ke 44 santri tersebut kepada orangtuanya melalui Ketua Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Muara Kaman, Yusran.

Kepada orangtua santri, Sri Nornaningsih berpesan agar mereka tidak merasa puas setelah anak mereka lulus pendidikan di TPA. "Anak-anak cepat sekali menerima dan menghapal Al Quran, namun cepat pula mereka lupa," ujarnya.


Wakil Ketua Pembina TK/TPA dan TP PKK Kukar Hj Farida Samsuri Aspar saat menyerahkan bingkisan kepada santri terbaik Wisuda ke-11 TPA Darussalam 1
Photo: Joe

Untuk itu Sri lalu meminta orangtua selalu memantau anaknya dengan memperdalam isi dan kandungan Al Quran agar pengetahuan baca tulis Al Quran yang diperoleh santri selama 1,5 hingga 2 tahun di TPA Darusslam bertambah mantap.

Menyingung keberadaan TPA Darussalam 1 Muara Kaman, menurut Sri, sejak berdiri pada Desember 1991 sampai dengan wisuda ke-11 ini telah menghasilkan 431 alumni. Dengan tenaga pengajar 11 ustadz dan ustadzah serta santri aktif terdaftar saat ini mencapai 195 orang.

Sementara Ketua Umum BKPRMI Kukar Drs Asyakir mengatakan, di Kukar saat ini terdapat 19.852 santri tersebar di 364 TK/TPA yang ada di 18 Kecamatan dengan tenaga pendidik 1.668 ustadz/ustadzah.

Diakuinya, sejak anggaran 2004 hingga kini dana insentif ustadz/ustadzah TK/TPA melalui APBD Kukar tidak pernah ada lagi. Namun upaya mendapatkan kembali dana tersebut terus dilakukan. "Salah satu peran TK/TPA adalah wadah pengkaderan qori/qoriah MTQ," katanya.

Sementara Wakil Ketua Pembina TK/TPA dan Tim Penggerak PKK Kukar Hj Farida Samsuri Aspar mengatakan, saat ini pengetahuan akan baca tulis Al Quran semakin penting, selain sebagai amalan dalam ajaran Islam juga bahasa Arab yang digunakannya merupakan bahasa pengantar yang semakin diminati masyarakat internasional.

Ditambahkannya TP PKK bersama BKPRMI Kukar akan berupaya melakukan pembinaan baca tulis Al Quran di berbagai kesempatan selain melalui TK/TPA. "Agar dalam waktu singkat upaya meng-Al Quran-kan masyarakat dan memasyarakatkan Al Quran menjadi kenyataan. Hal ini penting bila dikaitkan program Gerbang Dayaku Tahap II dimana umat muslim Kukar menjadi faktor dominan suksesnya program ini," Demikian katanya.

Usai menyampaikan sambutan, Hj Farida menyerahkan bantuan dana operasional kepada pimpinan TPA Darussalam 1 Sri Nornaningsih sebesar Rp 6 juta. Disusul kemudian ari Camat Muara Kaman Asmuni SSos sebesar Rp 2 juta.

Di kesempatan yang sama, Hj Farida menyerahkan bingkisan seperangkat alat belajar kepada wisudawan/wati terbaik masing-masing untuk Tulisan Terbaik atas nama Reza Fahroni, Hapalan Tercepat Evi Vianti dan Tajwid Terbaik Muhammad Nur. (joe)


Suasana kegiatan Khatamal Quran di Masjid Nurul Iman, Desa Muara Kaman Ulu, Sabtu (04/02) lalu
Photo: Joe

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com