Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Investor Asal Jepang Minat Bangun Rumah Sakit Khusus Kanker

Bupati Kukar Rita Widyasari menyerahkan surat dukungan kepada pihak Hitachi Asia yang berminat membangun rumah sakit kanker di KukarBupati Kukar Rita Widyasari menyerahkan surat dukungan kepada pihak Hitachi Asia yang berminat membangun rumah sakit kanker di Kukar
Photo: Istimewa


KutaiKartanegara.com - 26/12/2016 13:59 WITA
Sebagai bentuk dukungan terhadap investor asal Jepang yang berminat membangun rumah sakit khusus kanker di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Bupati Rita Widyasari menyerahkan letter of support atau surat dukungan kepada pihak Hitachi Ltd di Ueno, Tokyo, Jepang, Selasa (20/12) lalu.


Didampingi Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Kukar Bambang Arwanto, surat dukungan tersebut diserahkan langsung Bupati Rita Widyasari kepada Takao Kuboniwa selaku GM Radiation Oncology System Division Hitachi Ltd di Tsukuba University Hospital.


Menurut Bupati Kukar Rita Widyasari, surat dukungan tersebut diberikan lantaran perusahaan raksasa asal Jepang itu sudah mengajukan surat pernyataan minat hampir satu tahun yang lalu. "Melihat progress-nya yang semakin konkrit, saya tentunya memberikan dukungan," ujarnya.


Ditambahkan Rita, pihak Hitachi selanjutnya akan melakukan kajian serta penjajakan untuk memasukkan teknologi PBT (Proton Beam Teraphy) ke Indonesia karena teknologi ini memerlukan kerjasama juga dengan Fakultas Kedokteran dan Rumah Sakit.


"Mereka butuh waktu untuk berbicara dengan konsorsiumnya mengingat ini investasi murni. Kita doakan saja agar pembangunan rumah sakit khusus kanker ini dapat terlaksana," harapnya.


Sementara dikatakan Kepala BPMPD Kukar, Bambang Arwanto, Hitachi memiliki teknologi PBT atau Proton Beam Teraphy untuk penyembuhan penyakit kanker. "PBT merupakan teknik pengobatan kanker yang paling canggih saat ini," jelasnya.


Dengan metode PBT, lanjutnya, penyakit kanker tidak lagi diobati dengan cara kemotheraphy, melainkan dengan mengikis sel kanker. Sehingga pasien pengidap kanker tidak akan mengalami kerontokan rambut dan kulit terbakar, dengan tingkat keberhasilan sampai dengan 98 persen dan waktu pengobatan hanya 1,5 bulan.


Ditambahkan Bambang, jika rumah sakit kanker ini dibangun di Kukar, maka pengelolaannya akan dikerjasamakan dengan RSUD AM Parikesit. "Pihak Hitachi tentunya akan melakukan transfer ilmu pengetahuan kepada universitas yang memiliki Fakultas Kedokteran bekerjasama dengan Tsukuba University Hospital milik Hitachi. RSUD AM Parikesit juga akan menjadi mitra RS Tsukuba," terangnya.


Bambang berharap pembangunan RS kanker di Kukar dapat terwujud. "Karena ini akan menjadi rumah sakit kanker dengan metode PBT pertama di Indonesia. Lebih dari itu, Kukar kelak bisa menjadi daerah tujuan wisata kesehatan untuk mereka yang ingin mengobati penyakit kanker," pungkasnya. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Lagi, Kebakaran Landa Desa Sebulu Modern
Agustinus Sudarsono Resmi Jadi PAW Anggota DPRD Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
Pengurus BPC HIPMI Kukar 2017-2021 Resmi Dikukuhkan
 
Palsukan SIM, KTP, Ijazah Hingga Surat Tanah: Pria Ini Diringkus Petugas Polsek Loa Kulu
Pengedar dan Kurir Narkoba Diamankan Polisi di Kota Bangun, Termasuk Sabu 21,35 Gram
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Akhir Pekan Ini, Ada Pesta Musik Reggae di PKM
Rocket Suicide, Grup Duo Anyar Asal Tenggarong Yang Usung Rock Akustik
 
Putaran Pertama Liga 1 U-19 2017 di Samarinda: Mitra Kukar Hadapi PSM Makassar di Laga Perdana
Bhayangkara FC 4-1 Mitra Kukar: Naga Mekes Tumbang di Bekasi
 
Lomba Gubang Lunas Erau 2017, Ini Dia Pemenangnya!
Dapat Apresiasi Delegasi Mancanegara: Drama Tari Kolosal Bena Budaya Etam Pukau Ribuan Penonton
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com