Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Sempat Vakum 3 Tahun, Car Free Day Tenggarong Digiatkan Kembali

Setelah vakum selama 3 tahun, program Car Free Day di kota Tenggarong kembali diaktifkanSetelah vakum selama 3 tahun, program Car Free Day di kota Tenggarong kembali diaktifkan
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi


Bupati Rita Widyasari melakukan penarikan undian doorprize pada peluncuran CFD Tenggarong
Bupati Rita Widyasari melakukan penarikan undian doorprize pada peluncuran CFD Tenggarong
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

KutaiKartanegara.com - 07/11/2016 00:07 WITA
Setelah vakum selama 3 tahun, program Car Free Day (CFD) alias Hari Tanpa Kendaraan Bermotor kembali digiatkan di ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tenggarong.


Mulai aktifnya program CFD ini diluncurkan secara resmi oleh Bupati Kukar Rita Widyasari bersama para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) di Tenggarong, Minggu (06/11) pagi.


Adapun kawasan jalan yang digunakan untuk program CFD ini adalah Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan KH Akhmad Muksin, tepatnya dari ujung bundaran Jembatan Aji Imbut, Creative Park, hingga depan Jembatan Repo-Repo.


Program CFD sebenarnya dilaksanakan pertama kali di Tenggarong pada bulan Juni 2013. Namun kegiatan yang dipusatkan di Jalan Wolter Monginsidi kurang diminati masyarakat umum.


Lantas, Pemkab Kukar bekerjasama dengan Polres Kukar berinisiatif untuk kembali mengaktifkan CFD dengan memindahkan lokasi ke kawasan sekitar Creative Park hingga Jembatan Repo-Repo. Uji coba pun dilakukan sejak hari Minggu tanggal 23 Juli lalu.


"Pada masa uji coba sejak 3 bulan lalu itu, semua kendaraan bermotor tak diperkenankan melintas mulai pukul 06.00 WITA hingga 10.00 WITA. Semakin lama, minat masyarakat untuk berolahraga dengan memanfaatkan CFD ternyata semakin meningkat," kata Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen.


Bupati Kukar Rita Widyasari menyaksikan berbagai atraksi yang disuguhkan pada peluncuran CFD Tenggarong
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi



Bupati Rita Widyasari didampingi Dandim 0906/TGR dan Kapolres Kukar melepaskan balon menandai diluncurkannya CFD Tenggarong
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

Ditambahkan Fadillah, lokasi CFD yang berada di kawasan sekitar Creative Park hingga Jembatan Repo-Repo memang sangat mendukung dan strategis untuk dijadikan tempat berolahraga.


Di samping lalu lintasnya belum terlalu padat, lanjutnya, pemandangan sungai Mahakam dan Pulau Kumala juga menjadi daya tarik tersendiri bagi warga untuk berolahraga di kawasan tersebut.


Menurut Fadillah, selain untuk melakukan kegiatan berolahraga dan aktifitas menyenangkan lainnya, CFD di Tenggarong juga sangat potensial untuk mendorong kreativitas dan peningkatan ekonomi masyarakat. Caranya, dengan mengakomodir para pelaku usaha untuk menjajakan dagangannya.


Sementara dikatakan Bupati Rita Widyasari, program CFD merupakan salah satu upaya untuk mengurangi emisi dari kendaraan bermotor yang mencemari udara, dan berakibat pada pemanasan global.


Meski dilakukan hanya beberapa jam, lanjutnya, CFD dapat mengurangi polusi, dan juga menyehatkan karena diisi dengan kegiatan berolahraga. Baik bagi yang hanya sekedar berjalan kaki bersama keluarga, atau mengisi CFD dengan kegiatan menyenangkan lainnya.


"Daerah lain sudah banyak yang menerapkan CFD. Meski kita baru memulai lagi, biar terlambat yang penting ada niat baik kita agar CFD terus berlanjut setiap hari Minggu," ujarnya.


Bupati Kukar pun mengimbau kepada warga agar tak hanya meninggalkan kendaraan bermotor saat berlangsungnya CFD, namun juga tidak merokok selama CFD. "Kita ingin udara bersih, jadi yang ikut CFD juga jangan merokok," harapnya.


Kegiatan peluncuran CFD kemarin pagi dimeriahkan pula dengan hiburan band serta kegiatan olahraga berupa senam zumba. Selain itu, juga dilakukan pengundian aneka doorprize alias hadiah hiburan bagi pengunjung yang beruntung. (win/her)


Antusiasme warga Tenggarong mengikuti kegiatan berolahraga di jalanan lewat program CFD yang digelar setiap Minggu pagi di Jalan Jenderal Sudirman-Jalan KH Akhmad Muksin
Photo: Humas Kukar/Hayru Abdi

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com