Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Antisipasi Konflik Sosial, Tokoh Masyarakat Hingga Ormas Sepakat Jaga Kondusifitas

Bupati Kukar Rita Widyasari bersama pejabat FKPD menyaksikan penandatanganan kesepakatan bersama untuk menjaga kondusiftas dan kamtibmas Bupati Kukar Rita Widyasari bersama pejabat FKPD menyaksikan penandatanganan kesepakatan bersama untuk menjaga kondusiftas dan kamtibmas
Photo: Agri


Perwakilan tokoh masyarakat, agama dan ormas membacakan deklarasi kesepakatan bersama untuk menjaga kondusifitas dan kamtibmas
Perwakilan tokoh masyarakat, agama dan ormas membacakan deklarasi kesepakatan bersama untuk menjaga kondusifitas dan kamtibmas
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 03/08/2016 23:48 WITA
Mengantisipasi terjadinya konflik sosial di daerah ini, pihak Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar silaturahmi bersama tokoh masyarakat, tokoh agama dan ormas.


Kegiatan yang berlangsung di Mapolres Kukar, Tenggarong, Rabu (03/08) siang, dihadiri pula oleh Bupati Kukar Rita Widyasari bersama pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kukar lainnya,


Menurut Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen, silaturahmi ini digelar selain untuk meningkatkan persaudaraan dan kekompakan, juga untuk menciptakan kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kukar.


Ditambahkan Fadillah, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya konflik sosial, seperti perbedaan politik, faktor ideologi berupa timbulnya ajaran agama yang menyimpang. Kemudian SARA, batas wilayah, sumber daya alam dan penanganan masalah yang tidak tuntas.


"Hal-hal tersebut apabila tidak kita tangani dan antisipasi secara dini akan menimbulkan konflik yang dapat mengganggu kamtibmas dan kondusifitas di wilayah kita," ujar Kapolres.


Untuk mengantisipasi terjadinya konflik sosial tersebut, lanjut Fadillah, pihaknya mengaktifkan Tim Terpadu Penanggulangan Konflik Sosial seperti yang telah diatur dalam UU No 7 Tahun 2012, Inpres No 2 Tahun 2013 dan UU No 1 Tahun 2014.


Fadhillah berharap peran masyarakat serta Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam mendeteksi terjadinya konflik di wilayah binaannya dapat lebih ditingkatkan. "Ibaratnya kalau api itu masih kecil, segera kita padamkan. Jangan api sudah besar dan meluas, baru kita datang. Segera sampaikan kepada kami jika ada potensi kerawanan. Kami dari Polres siap 1x24 jam untuk menangani," tegasnya.


Sementara Bupati Kukar Rita Widyasari mengatakan, Kukar dengan jumlah penduduk yang besar dengan wilayah yang sangat luas, memiliki potensi konflik sosial yang sangat besar. "Namun berkat kerja sama antar elemen masyarakat, stakeholder dan pemerintah, konflik tersebut tidak sampai mengganggu kamtibmas dan kondusifitas di Kukar," ujarnya.


Acara silaturahmi ini ditandai pula dengan penandatanganan kesepakatan bersama tokoh masyarakat, tokoh agama dan ormas se-Kukar untuk menjaga kondusifitas dan kamtibmas di Kukar. Penandatanganan kesepakatan bersama tersebut dilakukan oleh beberapa perwakilan tokoh masyarakat, agama dan ormas. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com