Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kontes Ikan Cupang, Ales Betta Tenggarong Raih Predikat Juara Umum

Keindahan warna dan bentuk ikan Cupang seperti ini kerap diikutkan dalam kontes Keindahan warna dan bentuk ikan Cupang seperti ini kerap diikutkan dalam kontes
Photo: Ambar


Dewan juri melakukan penilaian terhadap ikan cupang yang ikut serta dalam kontes
Dewan juri melakukan penilaian terhadap ikan cupang yang ikut serta dalam kontes
Photo: Ambar

KutaiKartanegara.com - 27/01/2016 20:05 WITA
Ikan cupang (Betta sp.) merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak digandrungi para penggemar ikan hias. Selain karena keindahan warna serta bentuknya, ikan cupang juga sangat mudah dipelihara.


Ikan-ikan Cupang yang warna dan bentuknya menarik ini kerap pula diikutkan dalam kontes. Seperti yang dilakukan lewat kontes Tenggarong Betta Contest di halaman Planetarium Jagad Raya, Tenggarong, Minggu (24/01) lalu.


Dalam kontes ini, sedikitnya ada 277 ekor ikan Cupang yang dilombakan. Peserta kontes ikan Cupang tersebut tak hanya berasal dari Kutai Kartanegara (Kukar), namun ada pula dari Balikpapan, Bontang, Tarakan, dan bahkan ada yang datang jauh-jauh dari pulau Jawa dan Sumatera.


Setelah melalui beberapa tahap penilaian oleh dewan juri yang terdiri dari 3 orang, akhirnya nama Ales Betta Tenggarong berhasil meraih predikat Juara Umum dalam Tenggarong Betta Contest yang digagas Komunitas Pecinta Ikan Cupang Hias (Pechi) Tenggarong berkerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar ini.


Diperolehnya gelar Juara Umum oleh kelompok Ales Betta ini tidak berjalan mulus. Pasalnya, kelompok yang seluruh anggotanya berasal dari Tenggarong ini harus bersaing ketat dengan komunitas Hobby Cupang Hias Balikpapan (HCHB) dengan nilai yang hanya berbeda 6 poin.


Sedikitnya ada 277 ekor ikan Cupang yang diikutkan dalam Tenggarong Betta Contest
Photo: Ambar


"Perbedaan antara Ales Betta dan HCHB hanya selisih 6 poin saja. Penilaian terakhir terhadap ikan cupang jenis Giant membuat Ales Betta mendapat poin 76. Sedangkan HCHB mendapat poin 70," ucap salah satu juri dari kota Samarinda, Jony.


Predikat Juara Umum ini didapat berdasarkan jumlah perolehan poin dalam setiap kategorinya. Sebagai Juara Umum, Ales Betta Tenggarong berhak mendapatkan piala, piagam penghargaan serta uang tunai sebesar Rp 1 Juta.


Sementara dikatakan Agung selaku panitia Tenggarong Betta Contest, pihaknya berterimakasih kepada seluruh peserta yang berasal dari Kalimantan, pulau Jawa dan Sumatera yang telah bepartisipasi di kontes yang telah digelar untuk keempat kalinya di Tenggarong itu.


Agung berharap ke depannya, Pechi Tenggarong mampu mengadakan kegiatan serupa dengan skala nasional. "Nanti kita akan adakan kontes yang berskala nasional dengan pemain cupang yang hebat-hebat dari luar daerah. Kita perlu dukungan dari seluruh pihak terutama dinas terkait," tambahnya.


Terpisah, Sekertaris DKP Kukar Dadang menyambut baik dengan diadakannya kontes-kontes ikan cupang maupun ikan hias lainnya. Kedepannya, DKP akan mengusahakan agar kelompok pembudidaya ikan cupang hias ini masuk didalam pengawasan DKP.


"Seperti yang ada di Samarinda, pembudidaya Cupang Hias sudah masuk didalam pembinaan Dinas. Disini (Kukar-Red) kita akan upayakan, namun kelompok atau komunitas tersebut harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan-persayaratan yang ada," Jelas Dadang.


Dengan makin berkembangnya komunitas maupun pembudidaya ikan cupang hias, Dadang berharap agar potensi tersebut dapat menjadi lahang usaha baru. "Sekarang kita lihat mereka sudah bisa menghasilkan ikan cupang ternakan sendiri. Dan ini menjadi peluang usaha juga karena ikan-ikan tersebut dijual kepada penggemar ikan hias," pungkasnya. (win)


Kelompok Ales Betta Tenggarong meraih gelar juara umum dalam Tenggarong Betta Contest yang digelar Minggu (24/01) lalu di halaman Planetarium Jagad Raya
Photo: Istimewa

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Pengurus DPD Partai Nasdem Kukar 2016-2021 Resmi Dikukuhkan
Puluhan Warga Diduga Keracunan Makanan, Satu Bocah Meninggal Dunia
 
Inilah 3 Kecamatan Terbaik Pelaksana Mpekat Keroan Kampong 2017
Salut! Dua OPD di Kukar Raih Penghargaan Sebagai Percontohan Unit Pelayanan Publik Kategori A
 
Investor Asal Jepang Minat Bangun Rumah Sakit Khusus Kanker
Jalin Kerjasama Dengan Pemkab Kukar, Garuda Indonesia Ikut Promosikan Pariwisata Kukar
 
Palsukan SIM, KTP, Ijazah Hingga Surat Tanah: Pria Ini Diringkus Petugas Polsek Loa Kulu
Pengedar dan Kurir Narkoba Diamankan Polisi di Kota Bangun, Termasuk Sabu 21,35 Gram
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Akhir Pekan Ini, Ada Pesta Musik Reggae di PKM
Rocket Suicide, Grup Duo Anyar Asal Tenggarong Yang Usung Rock Akustik
 
Muara Badak Juara Bupati Cup 2017
Menang Adu Penalti Atas Muara Muntai, Anggana Juara III Bupati Cup 2017
 
SDN 003 Tenggarong Raih Juara I Lomba Tari Jepen Kreasi Tingkat SD
Festival Jembayan Kampong Tuha Resmi Dibuka
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com