Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Diresmikan Bupati Rita Widyasari
d'Kukar Zona Jadi Wahana Bermain Edutainment Pertama di Kaltim

Aksi petugas PMK d'Kukar Zona saat memadamkan api yang berkobar di sebuah gedung bertingkatAksi petugas PMK d'Kukar Zona saat memadamkan api yang berkobar di sebuah gedung bertingkat
Photo: Agri


Presdir d'Kukar Zona Karya Hasanuddin menerima kunci secara simbolis dari Bupati Rita Widyasari
Presdir d'Kukar Zona Karya Hasanuddin menerima kunci secara simbolis dari Bupati Rita Widyasari
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 26/06/2015 00:01 WITA
Suara sirine terdengar meraung-raung dari sebuah mobil PMK dan mobil patroli polisi. Suasana kota kecil itu seketika berubah menjadi hiruk pikuk lantaran ada gedung bertingkat yang mengalami kebakaran hebat.


Empat orang petugas PMK dengan sigap bekerja keras untuk memadamkan api yang berkobar. Sementara sejumlah petugas kepolisian langsung berjaga-jaga di sekitar lokasi kebakaran untuk mengatur lalu-lintas.


Hanya selang beberapa menit, kebakaran tersebut berhasil dipadamkan oleh regu PMK yang semuanya adalah anak-anak. Sepulang ke markas, para petugas PMK cilik tersebut makin ceria lantaran mereka semua mendapat gaji dari pimpinan kantor PMK. Dan uang tersebut dapat mereka tabung di Bankaltim yang telah membuka cabang di kota kecil bernama d'Kukar Zona itu.


Ya, aktivitas tersebut hanyalah sebagian dari gambaran 'kehidupan' di d'Kukar Zona, sebuah wahana bermain sambil belajar yang baru diresmikan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari, Rabu (24/06) sore, di Tenggarong Seberang.


Di d'Kukar Zona inilah anak-anak bermain sambil melakoni berbagai profesi yang ada di dunia nyata. Mulai dari dokter, polisi, petugas PMK, pemain bola, musisi, penyiar, pembalap, mekanik, dan lain sebagainya.


"Untuk sementara pada soft opening ini baru ada 19 wahana dengan 40 profesi yang disiapkan. Namun setelah grand opening pada November mendatang, akan ada 37 wahana dengan 50 profesi yang bisa dilakoni. Dan d'Kukar Zona ini merupakan wahana bermain edutainment pertama di Kalimantan Timur," ujar Presiden Direktur d'Kukar Zona, Karya Hasanuddin.


Sirkuit F1 mini di d'Kukar Zona yang sangat diminati para bocah laki-laki
Photo: Agri



Anak-anak juga bisa menyimpan uang hasil jerih payahnya bekerja di Bankaltim Cabang Kota d'Kukar Zona
Photo: Agri

Menurut Karya, kehadiran d'Kukar Zona sebenarnya untuk mengisi salah satu blok di pusat perbelanjaan Royal World Plaza. Namun karena RWP belum kelar, pihaknya pun menyewa arena Equistrian di kompleks GOR Aji Imbut, Tenggarong Seberang, kepada Pemkab Kukar.


"Kami memberikan kontribusi kepada Pemkab Kukar sebesar Rp 273 juta per tahun untuk sewa arena Equistrian ini. Nanti setelah RWP selesai, barulah kami pindah ke sana," terang Karya Hasanuddin.


Kendati wahana d'Kukar Zona masih belum lengkap, lanjut Karya, ternyata sejumlah sekolah di Tenggarong sudah memesan paket kunjungan untuk bermain sambil belajar di di d'Kukar Zona. "Untuk sekolah-sekolah memang disediakan harga khusus. Sedangkan untuk pengunjung reguler, tiket masuk adalah sebesar Rp 120 ribu per anak," imbuhnya.


Sementara Bupati Kukar Rita Widyasari dalam sambutannya saat membuka d'Kukar Zona mengatakan, saat ini telah cukup banyak berkembang metode pembelajaran bagi anak. Dan salah satu metode yang sedang trend saat ini yakni melalui edutainment, sebuah konsep bermain yang memadukan antara pendidikan dan hiburan.


Oleh karena itu, lanjut Rita, Pemkab Kukar sangat mendukung berbagai upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia lewat pusat rekreasi berkonsep edutainment yang unik bagi anak-anak seperti d'Kukar Zona. "Dengan metode seperti ini diharapkan dapat mengantarkan anak-anak kita menjadi pribadi-pribadi yang kelak menjadi profesional yang handal dan sukses," demkian kata Rita.


Acara pembukaan d"Kukar Zona kemarin sore dihadiri pula oleh ratusan anak yatim piatu dari sejumlah panti asuhan di Tenggarong dan sekitarnya. Mereka mendapat kesempatan untuk menjajal sejumlah wahana di d'Kukar Zona. (win)


d'Kukar Zona juga memiliki kantor polisi sehingga anak-anak dapat bermain dengan peran sebagai polisi
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Seminggu Menghilang, Warga Sanga-Sanga Ini Ditemukan Mengambang di Sungai
PMII Kukar Gelar Pelatihan Kader Dasar se-Kaltim
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Kuras ATM Puluhan Juta Rupiah, Pelaku Hipnotis Dibekuk Petugas Polres Kukar
Barang Bukti Narkoba, Sajam, Senpi Hingga Uang Palsu Dimusnahkan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Bawakan 8 Lagu, Via Vallen Sukses Goyang Tenggarong
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
 
Lepas Jorge Gotor, Mitra Kukar Rekrut Bek Asal Brazil
KFL-Liga 2 2017, Perebutan Zona 4 Besar Makin Sengit
 
Kongres Dunia CIOFF ke-47 di Tenggarong Berakhir Sukses
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
 
Wow! Menangi Kompetisi LINE, Mahasiswa Unmul Asal Tenggarong Ini Dapat Hadiah Jalan-Jalan ke Jepang
Digagas IKA SMANSA Tenggarong, Guru dan Karyawan SMAN 1 Tenggarong Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com