Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bernostalgia Lewat Festival Kampong Kutai

Suasana Festival Kampong Kutai yang berlangsung selama sepekan di lapangan parkir Timbau Skate Park, TenggarongSuasana Festival Kampong Kutai yang berlangsung selama sepekan di lapangan parkir Timbau Skate Park, Tenggarong
Photo: Agri


Sekkab Kukar Edi Damansyah (kedua dari kanan) bersama Kepala Disbudpar Kukar dan pejabat FKPD merasakan kehidupan masyarakat Kutai di salah satu replika rumah Festival Kampong Kutai
Sekkab Kukar Edi Damansyah (kedua dari kanan) bersama Kepala Disbudpar Kukar dan pejabat FKPD merasakan kehidupan masyarakat Kutai di salah satu replika rumah Festival Kampong Kutai
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 16/10/2014 01:28 WITA
Ingin bernostalgia dengan suasana kehidupan masyarakat Kutai di masa lalu? Kalau ya, silakan datang ke lapangan parkir Timbau Skate Park, Jalan KH Akhmad Muksin, Tenggarong.


Pasalnya, saat ini tengah berlangsung Festival Kampong Kutai yang disemarakkan pula dengan Pentas Seni Nusantara. Kegiatan yang digagas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kutai Kartanegara (Kukar) ini digelar mulai Senin (13/10) lalu hingga Minggu (19/10) mendatang.


Menurut Kepala Disbudpar Kukar, Sri Wahyuni, kegiatan Festival Kampong Kutai ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Festival Kota Raja 2014 dalam rangka menyemarakkan HUT kota Tenggarong ke-232.


"Selama sepekan Festival Kampong Kutai, kami ingin mengangkat spirit kehidupan Kutai tempo dulu. Yakni dengan menampilkan arsitektur rumah Kutai di masa lalu beserta suasana kehidupan di dalam rumah tersebut, penggunaan perabotan rumah tangganya, pakaiannya hingga kuliner tradisonal," ungkap Sri.


Lewat kegiatan ini, lanjut Sri, diharapkan dapat memperkenalkan kehidupan dan tradisi masyarakat Kutai kepada khalayak, generasi muda dan masyarakat.


"Setiap malamnya selama seminggu Festival Kampong Kutai ini akan dimeriahkan pula dengan berbagai pertunjukan dari paguyuban-paguyuban yang ada di Kukar. Dan juga akan diisi dengan dialog seni yang akan mendatangkan tokoh-tokoh masyarakat Kutai," katanya.


Ditambahkan Sri, ada 9 rumah masyarakat Kutai tempo dulu yang divisualisasikan lewat Festival Kampong Kutai. Mulai yang dindingnya terbuat dari kulit pohon, kemudian beralih ke daun nipah hingga papan.


Sementara Bupati Kukar melalui Sekkab Kukar Edi Damansyah menyambut positif atas digelarnya kegiatan ini. "Dengan adanya Festival Kampong Kutai, bisa mengingatkan kembali bahwa Kukar memiliki sesuatu yang lebih berharga yaitu identitas sebagai warga Kutai dengan berbagai aset budaya sebagai harta karun bangsa," ujarnya.


Bupati Kukar berharap agar lewat kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk selalu mencintai serta memelihara adat istiadat dan tradisi budaya yang positif sebagai warisan bagi anak cucu yang akan datang. (win)


Kegiatan Festival Kampong Kutai juga dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian yang diikuti paguyuban-paguyuban etnis nusantara
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com