Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
   
 
 

Untung Ndik Tetijak
Suatu hari si Hongo dan Henge disuruh mbok Rodah ncari buluh. Maklum hak, mbok Rodah ni ndak molah suman untuk bejualan di pasar batu. Jadi pegi hak sida bedua ni bejalan betis ke Rondong Demang, soalnya disitu maha banyak tumbuh ...
KPU Kukar Verifikasi Faktual 14 Parpol

KPU Kukar Verifikasi Faktual 14 Parpol

Ketua KPU Kukar Rinda Desianti
Ketua KPU Kukar Rinda Desianti
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 21/11/2012 11:40 WITA
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) hingga saat ini masih melakukan verifikasi faktual terhadap partai politik (parpol) calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.


Kegiatan verifikasi faktual tersebut merupakan tindak lanjut dari verifikasi administrasi yang telah dilakukan KPU Pusat beberapa waktu lalu.


Sebelumnya, KPU Pusat telah menetapkan ada 16 parpol calon peserta Pemilu 2014 yang lolos verifikasi administrasi. Ke 16 parpol tersebut adalah Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).


Kemudian Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Partai Keadilan & Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB), Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) serta Partai Persatuan Nasional (PPN).


Kendati ada 16 parpol yang dinyatakan telah lulus verifikasi administrasi, namun pihak KPU Kukar hanya akan melakukan verifikasi faktual terhadap 14 parpol saja.


"Dua parpol lainnya yakni PDP dan PPRN tidak akan diverifikasi secara faktual karena mereka tidak menyerahkan berkas daftar nama anggotanya kepada kami," kata Ketua KPU Kukar Rinda Desianti didampingi Junaidi Samsudin, Ketua Pokja Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2014.


Menurut Rinda, kegiatan verikasi faktual terhadap 14 parpol tersebut telah dilaksanakan sejak 30 Oktober lalu dan akan berakhir pada Sabtu (24/11) nanti.


"Hasil verifikasi faktual akan kita sampaikan kepada pihak parpol pada tanggal 25-26 November, apakah ada kekurangan atau sudah memenuhi persyaratan. Karena kalau ada yang kurang, pihak parpol bersangkutan masih bisa melakukan perbaikan mulai tanggal 27 November hingga 3 Desember," jelasnya.


Sementara dikatakan Ketua Pokja Verifikasi Parpol, Junaidi Samsudin, verifikasi faktual dilakukan terhadap kepengurusan tingkat kabupaten serta keanggotaan parpol atau pemilik Kartu Tanda Anggota (KTA) parpol.


"Untuk verifikasi faktual kepengurusan adalah untuk mengetahui keterwakilan 30% perempuan di pengurus harian parpol tersebut. Sedangkan verifikasi faktual keanggotaan dipilih secara acak dari daftar anggota yang telah diberikan," jelasnya.


Menurut Junaidi, jumlah minimal sampel anggota parpol yang diverifikasi faktual adalah 69 orang atau 10% dari batas minimal jumlah anggota parpol yang ditetapkan sebanyak 687 orang.


"Untuk verifikasi faktual keanggotaan parpol ini, KPU Kukar membentuk 5 tim yang terdiri dari 5-6 orang untuk mendatangi langsung rumah anggota parpol bersangkutan," imbuhnya.


Ditambahkan Junaidi, hasil dari verifikasi parpol selanjutnya akan disampaikan ke KPU Provinsi Kaltim untuk direkap dan diteruskan ke KPU Pusat. "Hasil verifikasi faktual akan menentukan parpol mana saja yang akan bertarung di Pemilu 2014. KPU Pusat akan menetapkan parpol peserta Pemilu 2014 pada Januari 2013 mendatang," pungkasnya. (win)

 
Username  
Password  
   

Belum Punya E-mail @kutaikartanegara.com?
Daftar Sekarang Juga!

Politik & Peristiwa

 

Pemerintahan

 

Ekonomi & Bisnis

 

Hukum & Kriminal

Pembangunan Aerotropolis dan Smart City Kukar Resmi Dimulai
Kebakaran di Pertigaan Jalan Imam Bonjol Hanguskan 9 Bangunan
 
Masuk 10 Kabupaten Berkinerja Terbaik: Rita Terima Penghargaan Dari Mendagri
Tak Urus Perizinan, Tower Bermasalah Bakal Dieksekusi
 
Pantau Harga Sembako, Bupati Rita Widyasari Blusukan ke Pasar Tangga Arung
Gara-Gara Tak Punya Izin, Toko Modern Ini Disegel
 
Kasus Pembunuhan Muniarti Jasmi, Polisi Masih Ragukan Keterangan Tersangka
Tersangka Pembunuh Muniarti Jasmi Ditangkap!
             

Hiburan

 

Olahraga

 

Seni Budaya

 

Pendidikan

Suguhkan 16 Lagu: FireHouse Puaskan Penonton Kukar Rockin' Fest
Lebih Dari 70.000 Penonton Saksikan Kukar Rockin' Fest 2015
 
Mitra Kukar Lumat Tim PON Kaltim 5-0
Uji Coba Lawan PS Perikanan Samarinda, Mitra Kukar Pesta Gol 10-0
 
Bulgaria dan Filipina Batal: Tinggal 15 Negara Pastikan Ikut EIFAF 2015
12 April Kini Jadi Hari Budaya Kukar
 
Sempat Ricuh, Demo Mahasiswa Tuntut Kejelasan Beasiswa Gerbang Raja
UN SLTA 2015 di Kukar Berjalan Tertib dan Lancar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com