Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pengusaha Kukar Ikuti Seminar Aplikasi Sertifikasi ISO

Suasana Seminar Aplikasi Sertifikasi ISO di Hotel Singgasana Tangga Arung, Tenggarong, Rabu (14/09) siang
Suasana Seminar Aplikasi Sertifikasi ISO di Hotel Singgasana Tangga Arung, Tenggarong, Rabu (14/09) siang
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 14/09/2005 23:04 WITA
Untuk bermain sekaligus bersaing di era pasar global saat ini, selain dibutuhkan kualitas dan harga produk yang menarik, juga tidak kalah penting adalah memperoleh standar pengakuan dari lembaga uji mutu internasional melalui sertifikasi ISO (International Organization for Standardization).

Sertifikasi ISO yang selalu didambakan setiap pengusaha ini diberikan kepada pengusaha maupun produsen setelah melalui uji mutu yang ketat dari lembaga independen yang diakui secara internasional.

Untuk memahami syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk mendapatkan sertifikasi ISO, pihak Dinas Perdagangan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Badan Pengendali Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kukar bekerjasama dengan PT Mutu Agung Lestari Jakarta melakukan seminar sehari tentang Aplikasi Sertifikat ISO 9001 dan ISO 14001.

Seminar yang diikuti 55 peserta terdiri dari para pengusaha swasta dan BUMN/BUMD, organisasi bisnis dan aparat terkait yang ada di Kukar ini dibuka Wakil Bupati Kukar Drs H Samsuri Aspar MM tadi siang di Hotel Singgasana Tangga Arung, Tenggarong.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Erwan Riady SE, ada 2 materi penting yang dibahas dalam seminar ini yaitu tentang aplikasi ISO 9001 dan ISO 14001. Kedua materi ini disampaikan langsung oleh pemateri dari PT Mutu Agung Lestari Jakarta.

Ditambahkannya, seminar ini bertujuan selain untuk menyosialisasikan paradigma baru dalam perdagangan dunia melalui standar ISO kepada pengusaha dan pihak terkait juga dalam rangka menciptakan keunggulan dan daya saing produk sehinga dikenal dan dapat diterima oleh konsumen di seluruh dunia, diantaranya melalui sertifikasi ISO 14001 yang menyangkut isu lingkungan hidup.

Sementara Wabup H Samsuri Aspar mengatakan, aplikasi ISO bagi pengusaha di kukar sangat penting karena realisasi ekspor non migas Kukar tahun 2004 lalu telah mencapai 844.183.998,35 dollar AS.

Fenomena perdagangan ini menunjukkan prospek perdagangan luar negeri di Kukar positif dan perlu ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya. "Agar ke depan komoditas ekspor kita semakin meningkat, satu-satunya cara diperlukan suatu standar mutu berskala internasional yaitu melalui ISO," katanya.

Ditambahkan Samsuri, ada 18 jenis komoditas ekspor Kukar yang memberikan kontribusi bagi penerimaan daerah dan devisa negara yaitu yang cukup penting adalah batubara dan kayu olahan. Pemkab Kukar melalui program Gerbang Dayaku Tahap II saat ini sedang menggali berbagai produk/komoditas yang berpeluang besar untuk untuk pasar ekspor. Diantaranya kelapa sawit, udang beku, gula aren, pinang dan berbagai produk pertanian lainnya.

"Oleh sebab itu Pemkab Kukar mendukung sepenuhnya kegiatan ini agar pengusaha kita lebih maju dan berani bersaing di pasar global yang penuh dengan tantangan," demikian Wabup Samsuri Aspar. (win/joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-4 Borneo FC: Tiga Kartu Merah Warnai Derby Mahakam, Naga Mekes Tersungkur di Kandang
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com