Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Tiga Orangutan Dilepasliarkan ke TNK

Bupati Kukar Rita Widyasari ikut mengangkat krangkeng orangutan untuk direlokasi ke kawasan TNKBupati Kukar Rita Widyasari ikut mengangkat krangkeng orangutan untuk direlokasi ke kawasan TNK
Photo: Humas Kukar/Rahman


Tiga orangutan siap dibawa ke Taman Nasional Kutai
Tiga orangutan siap dibawa ke Taman Nasional Kutai
Photo: Humas Kukar/Rahman

KutaiKartanegara.com - 10/09/2012 14:44 WITA
Tiga orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus morio) yang terjebak dan diselamatkan dari areal perusahaan di Desa Puan Cepak, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), akhirnya berhasil direlokasi ke Taman Nasional Kutai (TNK), Kabupaten Kutai Timur, pada Sabtu (08/09) siang.


Sebelumnya, ke tiga orangutan itu diberangkatkan pada Jum'at (07/09) lalu di Desa Puan Cepak pada acara Implementasi Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan di Kawasan Hutan Tanaman Industri PT Surya Hutani Jaya dan PT Sumalindo Hutani Jaya II.


Pemberangkatan ke 3 orangutan ini dihadiri langsung Bupati Kukar Rita Widyasari. Sebelum dikirim ke TNK, Bupati Rita Widyasari berkesempatan memberi nama bagi orangutan itu, yakni Riri untuk induk orangutan betina yang berusia 20 tahun, kemudian Rere untuk bayi orangutan jantan yang berusia sekitar 2-3 tahun, serta Ruru untuk anak orangutan berusia 8-10 tahun.


Menurut peneliti dari Pusat Penelitian Hutan Tropis Universitas Mulawarman Samarinda, Dr Yaya Rayadin, ke tiga hewan langka itu berhasil diselamatkan Satgas Penyelamatan Orangutan pada 2 September lalu saat terjebak di areal perusahaan di Puan Cepak.


Ditambahkan Yaya, dari 100-150 individu yang berada di kawasan PT Surya Hutani Jaya dan PT Sumalindo Hutani Jaya II, diperkirakan masih ada sekitar 35 orangutan yang terjebak.


"Sementara yang berada di kawasan konservasi diperkirakan sekitar 52-70 individu. Orangutan yang berada di kawasan itu tidak akan direlokasi ke TNK, karena sudah berada di areal konservasi," jelasnya.


Sementara dikatakan Coorporate Affair & Communication Director Asia Pulp & Paper (Sinas Mas Grup), Suhendra Wiradinata, penyelamatan dan relokasi orangutan yang dilakukan tim satgas, merupakan yang kedua kalinya.


"Sejauh ini, sudah ada 5 individu orangutan yang berhasil kami relokasi. Pada Juni 2012 kami berhasil merelokasi induk dan anak orangutan. Dan pada tahap kedua ini berhasil direlokasi 3 individu," ungkap Suhendra Wiradinata.


Menurut Suhendra, PT Surya Hutani Jaya dan PT Sumalindo Hutani Jaya II berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam upaya konservasi orangutan maupun satwa langka dan dilindungi lainnya.


Sedangkan Bupati Kukar Rita Widyasari memberi apresiasi kepada pihak PT Surya Hutani Jaya dan PT Sumalindo Hutani Jaya II yang telah melakukan langkah-langkah penyelamatan orangutan.


"Perusahaan yang melakukan eksploitasi Sumber Daya Alam (SDA) tentunya berdampak pada satwa yang ada, sehingga harus ada komitmen dari perusahaan untuk ikut menjaga dan melakukan konservasi," kata Bupati Kukar. (man/win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com