Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Inilah Jawara Lomba Foto Erau 2012

Aksi para fotografer dan juru kamera saat mengabadikan pembukaan Erau 2012
Aksi para fotografer dan juru kamera saat mengabadikan pembukaan Erau 2012
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 06/09/2012 08:34 WITA
Setelah sekian lama dinanti, pihak panitia akhirnya mengumumkan para pemenang Lomba Foto Erau 2012. Untuk kategori jurnalis, gelar jawara disabet Hayru Abdi (VivaBorneo.com) dengan foto bertajuk "Sang Belian Awasi Naga Diulur". Sedangkan untuk ketegori umum, predikat Juara I diraih Rudi Irwansyah dengan foto bertajuk "Ngulur Naga".


Pemenang lainnya untuk kategori Jurnalis yaitu Juara II diraih Toto Santiko Budi dengan judul foto "Serunya Perang Beras", dan posisi III disabet Suryawan dengan judul foto "Balap Ketinting".


Sedangkan untuk kategori umum, predikat Juara II diraih Jesa Mahendra dengan foto berjudul "Tarian Pembukaan Erau 2012". Sementara Juara III diraih Hari Setiawan dengan judul foto "Bepelas".


Menurut Makhfudz Sappe, salah seorang juri dari Lionmag, penjurian dilakukan Minggu (26/08) lalu di Hotel Peninsula Jakarta. Dalam Lomba Foto Erau 2012, untuk Kategori Umum terkumpul foto sebanyak 182 foto dan Kategori Jurnalis terkumpul foto sebanyak 28 foto. Sehingga total foto yang diterima panitia sebanyak 210 foto.


Adapun susunan dewan juri yaitu Agus Leonardus dari Nikon School, Makhfudz Sappe dari majalah Lionmag, Paul I Zacharia yang merupakan fotografer/penulis yang sering menjadi juri, serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kukar, Sri Wahyuni.


Lebih lanjut Makhfudz mengatakan bahwa foto-foto yang dikirim peserta banyak yang bagus. Namun menurutnya yang perlu diingat bahwa tema foto adalah Festival adat, seni dan budaya Erau 2012, sehingga juri mencari foto-foto yang kesannya lebih kuat akan tema tersebut. "Di samping dari segi fotografisnya, kami juga menilai inti kesan budaya yang kuat dari sebuah foto," paparnya.


Dikatakannya juara I kategori jurnalis dengan judul "Sang Belian Awasi Naga Diulur" itu sangat kuat dari segi fotografis dan budaya.


Adapun Juara I kategori Umum yang berjudul "Ngulur Naga" menurutnya memiliki komposisi cukup bagus, gambar bagus, latar belakang juga medukung yaitu Sungai Mahakam dengan aktifitas di atasnya. Selain itu dari segi posisi, pemotretnya mengambil posisi lebih rendah, sehingga perahu lebih kokoh. "Juara kategori umum ini kelihatan lebih berusaha mengkesplor dengan mengusahakan ke tengah sungai," demikian paparnya.


Lomba foto Erau itu dilaksanakan oleh Bagian Humas & Protokol Setkab Kukar bekerjasama dengan Lionmag-Inflight Magazine Lion Air, disponsori oleh Bank Kaltim.


Sementara dikatakan Kasubbag Pengumpulan Data & Informasi Bagian Humas & Protokol Setkab Kukar, Ahmad Rianto, pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai. Juara I berhak atas Rp 10 juta, juara II Rp 7,5 juta dan juara III Rp 5 juta. "Penyerahan hadiah rencananya akan kami laksanakan pada 28 September bertepatan dengan hari jadi kota Tenggarong," pungkasnya. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
Persipura Incar Poin Penuh, Mitra Kukar Tak Gentar
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com