Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pelajar SMAN I Tenggarong Ikuti Workshop Pengenalan Linux

Kabag Humas Kukar Abidinsyah Kadrie (kiri) menyampaikan materi workshop secara simbolis kepada Kepala SMAN 1 Tenggarong Drs Yasir MM
Kabag Humas Kukar Abidinsyah Kadrie (kiri) menyampaikan materi workshop secara simbolis kepada Kepala SMAN 1 Tenggarong Drs Yasir MM
Photo: Abdurrazak

KutaiKartanegara.com - 24/08/2005 17:58 WITA
Sebanyak 24 orang pelajar SMA Negeri 1 Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), mengikuti workshop Pengenalan Linux yang berlangsung tadi pagi di di Tenggarong. Selain memperkenalkan sistem operasi Linux, workshop juga diisi dengan Pengenalan Internet dan Fotografi Digital yang akan digelar Kamis (25/08) besok.

Workshop yang diselenggarakan selama 2 hari oleh Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI) Samarinda dan KPLI Kukar bekerjasama dengan Bagian Humas & Protokol Pemkab Kukar ini didukung perusahaan bagi hasil migas Total E&P Indonesie dan situs portal KutaiKartanegara.com.

Workshop dibuka Kepala Bagian Humas & Protokol Pemkab Kukar Drs H Abidinsyah Kadrie MM yang ditandai dengan penyerahan materi workshop kepada Kepala Sekolah SMAN 1 Tenggarong Drs Yasir MM.

Ketua KPLI Kukar Abdurrazak mengatakan, workshop ini bertujuan untuk memberikan bekal pengenalan sistem operasi Linux dan penggunaan internet di kalangan generasi muda khususnya pelajar SMA agar mereka lebih familiar dengan linux.

Diharapkan setelah mengikuti workshop, pelajar lebih memahami kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sekaligus mampu mengaplikasikannya dalam proses belajar di sekolah.

Sementara Agus Triyono ST dari Polnes Samarinda yang juga instruktur dalam workshop ini mengakui, program berbasis Operaing System (OS) Linux belum dikenal luas pengguna komputer di Indonesia.

Dikatakannya, performa Linux tidak kalah dengan program Windows buatan Microsoft. "Bahkan lebih stabil dan aman di gunakan ketimbang program Windows," katanya.

Sedang program aplikasi seperti pengolah kata maupun grafis untuk Linux juga telah tersedia. Yang lebih menarik lagi dari program Linux adalah bersifat gratis. "Kita tinggal mendownload melalui internet atau membeli buku di distro Linux yang di dalamnya sudah tersedia CD OS Linux, atau datang saja ke KPLI," ujarnya.

Sementara Kabag Humas Protokol Drs H Abidinsyah Kadrie MM mengatakan, workshop ini penting diikuti karena memberikan apresiasi bagi pelajar sebagai pemula dibidang kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Disamping itu melalui workshop diharapkan peserta tidak gagap teknologi.

"Kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi tidak dapat dihindari. Kita harus menerima kenyataan ini karena dengan memanfaatkan teknologi tersebut dengan baik akan mempermudah sekaligus mampu menyejahterakan kehidupan kita," katanya. (joe/nop)


Pelajar SMAN 1 Tenggarong ketika mengkuti Workshop Pengenalan Linux di sekolahnya
Photo: Yanda

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Anggana Membara, Belasan Rumah Ludes Terbakar
Pilgub Kaltim 2018: Menang di 11 Kecamatan, Isran-Hadi Raup Dukungan 35,37 Persen Suara
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Pimpinan BPJS Kesehatan Ikut Layani Langsung Warga Kukar
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Jelang Laga Lawan SFC, Rafael Berges Tinggalkan Mitra Kukar
PS TIRA 0-0 Mitra Kukar: Gerri Tampil Gemilang, Naga Mekes Bawa Pulang Satu Poin
 
Wow, Mahasiswa Asing Ini Bisa Menari Jepen Hingga Main Sampek
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com