Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kunjungi Persib Bandung
Mitra Kukar Pelajari Pengelolaan Klub Profesional

Ketua Umum Mitra Kukar Endri Erawan mengaku mendapat banyak informasi yang bermanfaat dari studi banding ke Persib Bandung
Ketua Umum Mitra Kukar Endri Erawan mengaku mendapat banyak informasi yang bermanfaat dari studi banding ke Persib Bandung
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 23/07/2011 19:33 WITA
Sebagai pendatang baru di Liga Super Indonesia, Mitra Kukar harus banyak berbenah untuk menjadi sebuah klub yang benar-benar dikelola secara profesional dan tanpa mengandalkan dana APBD.


Sebagai bukti keseriusan tersebut, Mitra Kukar tak sungkan-sungkan untuk belajar dari klub lain yang telah mapan. Salah satunya adalah dari tim Persib Bandung, yang disambangi jajaran manajemen Mitra Kukar pada Jum'at (22/07) kemarin.


Kedatangan manajemen Mitra Kukar yang terdiri dari 8 orang ini diterima Direktur Operasional PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Risha Adi Widjaya dan Manajer Pengembangan Bisnis Budhi Bram Rachman.


Terkait studi banding yang dilakukan tersebut, Ketua Umum Mitra Kukar Endri Erawan menjelaskan bahwa maksud kedatangan pihaknya ke Bandung, selain untuk bersilaturahmi juga untuk belajar tentang cara pengelolaan klub secara profesional tanpa menggunakan dana APBD seperti yang dilakukan Persib Bandung dalam 2 tahun terakhir.


"Kita mendapatkan banyak sekali informasi yang sangat dibutuhkan untuk membawa Mitra Kukar menjadi klub yang profesional menuju sepakbola modern, dimana sepakbola dianggap menjadi sebuah industri dengan tanpa adanya dukungan APBD seperti selama ini," ujar Endri.


Dikatakan Endri, sekarang pengurus tidak hanya memikirkan urusan sepakbola di lapangan, namun juga harus memikirkan aspek bisnisnya dengan memaksimalkan semua pemasukan dan meminimalisir pengeluaran.


Kendati demikian, lanjutnya, manajemen tidak serta-merta meninggalkan pemerintah dalam hal ini Pemkab Kukar. Manajemen Mitra Kukar masih memerlukan dukungan pemerintah daerah, namun dengan memutar konsep yang diterapkan selama ini.


Jika dulu klub hanya menyusu dari APBD, lanjut Endri, kini dirubah paradigmanya dengan konsep saling menguntungkan antar kedua belah pihak yang mengedepankan aspek bisnis, dengan pola kemitraan atau sponsorship.


"Pemerintah daerah dapat menggunakan klub untuk mempromosikan program-programnya melalui klub, misalnya seperti sektor pariwisata, pendidikan, kesehatan dan bidang lainya juga bisa," jelas Endri.


Dikatakannya lagi, kerjasama dengan pihak Pemkab Kukar tersebut tetap dipertahankan manajemen dengan maksud bagaimana bisa menumbuh kembangkan kecintaan masyarakat terhadap Mitra Kukar sekaligus menyampaikan program-program Pemkab kepada lapisan masyarakat. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com