Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Terbesar Dari Tahun-Tahun Sebelumnya, Semarak Pawai Pembangunan HUT RI ke-60

Beberapa peserta selalu menyajikan atraksi menarik didepan panggung kehormatan, salah satunya adalah atraksi dari komunitas BMX dan Skater TenggarongBeberapa peserta selalu menyajikan atraksi menarik didepan panggung kehormatan, salah satunya adalah atraksi dari komunitas BMX dan Skater Tenggarong
Photo: Agri


Para pelajar SLTA membawa puluhan bendera Merah Putih dalam pawai yang berlangsung tadi siang
Para pelajar SLTA membawa puluhan bendera Merah Putih dalam pawai yang berlangsung tadi siang
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 18/08/2005 23:54 WITA
Puncak kemeriahan peringatan HUT RI ke-60 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ditandai dengan melaksanakan pawai pembangunan keliling kota Tenggarong yang diikuti ribuan peserta sejak pagi hingga sore.


Pawai yang diberangkatkan dari lapangan parkir Stadion Rondong Demang ini dimulai sekitar pukul 09.00 WITA. Berbagai atraksi ditampilkan beberapa peserta di depan panggung kehormatan yang berada didepan Planetarium jagad Raya dimana Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM, Wakil Bupati Drs H Samsuri Aspar MM dan para pejabat Muspikab lainnya menyaksikan jalannya kegiatan pawai tersebut.



Dari kelompok marching band, pasukan kuning hingga ibu-ibu anggota klub Jantung Sehat, semuanya sangat antusias mengikuti pawai
Photo: Agri

Pawai yang berlangsung hampir 6 jam ini boleh dikatakan terbesar dari yang pernah diselenggarakan sebelumnya di kota Tenggarong. Bahkan jika saja hujan tidak turun, pawai bisa saja berakhir hingga senja. Berbagai peserta mulai dari kelompok pelajar SD hingga SLTA, mahasiswa, lembaga pemerintahan, seni, budaya, olahraga, organisasi kemasyarakatan maupun perusahaan yang beroperasi di Kukar sangat antusias mengikuti pawai ini.


Karena hujan deras mulai mengguyur 'Kota Raja' Tenggarong sekitar pukul 14.00 WITA, panitia terpaksa membubarkan pawai pada pukul 14.20 WITA. Bupati Kukar H Syaukani HR dan pejabat Muspikab Kukar terpaksa meninggalkan panggung kehormatan yang tak luput diterjang air hujan akibat kencangnya angin.


Wakil Bupati Kukar H Samsuri Aspar sebenarnya sempat meninggalkan panggung kehormatan, namun ketika dalam perjalanan melihat masih panjangnya barisan peserta pawai dalam keadaan basah kuyup, Wabup mengurungkan niat pulang ke rumah dan kembali ke panggung kehormatan bergabung bersama Ketua Panitia Peringatan HUT RI Kukar Drs HM Husni Thamrin MM dan pejabat lainnya yang masih bertahan.



Dalam keadaan basah kuyup, para atlet angkat berat Kukar beraksi menunjukkan kemampuannya dalam mengangkat beban ratusan kilogram
Photo: Agri

Wabup Samsuri terharu dengan ribuan peserta pawai tersisa yang masih tetap semangat untuk mengikuti pawai dan menyajikan berbagai atraksi meski hujan deras masih mengguyur kota Tenggarong. Bahkan sebagian warga Tenggarong pun tetap bertahan dibawah guyuran hujan deras untuk menyaksikan pawai tersebut berakhir.


Selain dalam bentuk barisan, pawai juga diikuti iring-iringan sepeda motor ojek dan kendaraan hias, serta tidak ketinggalan pula angkutan tradisional becak turut serta dalam pawai ini. Pawai dalam bentuk barisan maupun kendaraan hias tersebut mendapat sambutan yang antusias dari masyarakat Tenggarong yang menyaksikan pawai sepanjang jalan yang dilalui.


Menurut Ketua Panitia Peringatan HUT RI Kukar Drs HM Husni Thamrin MM, besarnya gairah peserta mengikuti pawai serta luasnya minat masyarakat menyaksikan kegiatan ini menunjukkan bahwa semangat nasionalisme dan patriotisme warga Kukar masih kokoh.


"Yang jelas melalui karnaval atau pawai seperti ini akan mampu membangkitkan kembali rasa nasionalisme dan patriotisme di kalangan masyarakat. Upaya seperti ini patut dilestarikan di masa-masa mendatang dengan catatan perlu ada peningkatan kualitas penyajian dalam berpawai," demikian katanya. (win/joe)


Meski hujan mengguyur Tenggarong, para gadis Dayak yang tergabung dalam rombongan Dinas Pariwisata Kukar tetap bersemangat untuk mengikuti pawai pembangunan
Photo: Agri


Bupati Kukar H Syaukani HR (tengah) tampak antusias menyaksikan jalannya pawai pembangunan dari panggung kehormatan bersama pejabat Muspikab dan undangan lainnya
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Anggana Membara, Belasan Rumah Ludes Terbakar
Pilgub Kaltim 2018: Menang di 11 Kecamatan, Isran-Hadi Raup Dukungan 35,37 Persen Suara
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Pimpinan BPJS Kesehatan Ikut Layani Langsung Warga Kukar
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Mitra Kukar 0-2 Persija Jakarta: Naga Mekes Telan Kekalahan Ketiga di Kandang
Laga Terakhir Putaran Pertama Kontra Persija, Mitra Kukar Incar Kemenangan
 
Delegasi Mancanegara Ikuti Kirab Budaya Internasional EIFAF 2018
Wow, Mahasiswa Asing Ini Bisa Menari Jepen Hingga Main Sampek
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com