Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Meriah, Pelantikan Kepala Desa Umaq Tukung

Suasana pengambilan sumpah jabatan Kepala Desa Umaq Tukung oleh Bupati Rita Widyasari, Senin (02/05) kemarinSuasana pengambilan sumpah jabatan Kepala Desa Umaq Tukung oleh Bupati Rita Widyasari, Senin (02/05) kemarin
Photo: Humas Kukar/Heru


Bupati Kukar Rita Widyasari memasang tanda jabatan Kepala Desa kepada Merang Laang
Bupati Kukar Rita Widyasari memasang tanda jabatan Kepala Desa kepada Merang Laang
Photo: Humas Kukar/Heru

KutaiKartanegara.com - 03/05/2011 20:38 WITA
Setelah sukses meraih suara terbanyak dalam Pemilihan Kepala Desa yang digelar beberapa waktu lalu, Merang Laang akhirnya secara resmi dilantik sebagai Kepala Desa Umaq Tukung menggantikan Martinus.


Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kades Umaq Tukung ini dilakukan langsung Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari, Senin (02/05) kemarin di Lamin Bioq, Desa Umaq Tukung, Kecamatan Tabang.


Acara pelantikan Kades Umaq Tukung ini berlangsung meriah dan sarat dengan nuansa budaya suku Dayak Kenyah yang sangat kental. Begitu tiba di desa tersebut dengan menggunakan helikopter, Bupati Rita Widyasari didampingi sang suami Endri Elfran dan Ketua DPRD Kukar H Salehudin langsung disambut upacara adat Dayak Kenyah.


Puluhan warga dengan busana adat Dayak Kenyah juga menyambut kedatangan rombongan Bupati Kukar di sepanjang jalan menuju Lamin Bioq. Tak ketinggalan, suguhan tarian tradisional suku Dayak Kenyah turut menyemarakkan acara pelantikan Kades Umaq Tukung.


Bupati Rita Widyasari dalam sambutannya berpesan kepada Kades yang baru dilantik agar mempelajari dan memahami grand strategy pembangunan Kukar yang tertuang dalam konsep Gerbang Raja (Gerakan Pembangunan Rakyat Sejahtera).


Hal ini agar pembangunan desa berjalan sinergis dengan program pembangunan kabupaten. "Pahami Gerang Raja, agar anda bisa membangun desa sesuai dengan visi misi Gerbang Raja, demi mewujudkan rakyat sejahtera," pesannya.


Rita juga menambahkan jika mulai tahun ini dana Bantuan Sosial (Bansos) hanya akan diberikan kepada organisasi masyarakat yang jelas dan telah diakui serta untuk kepentingan masyarakat yang benar-benar membutuhkan.



Bupati Kukar Rita Widyasari saat memberikan sambutannya di hadapan ratusan warga desa Umaq Tukung
Photo: Humas Kukar/Heru

Selain itu, lanjutnya, dana bansos juga lebih diarahkan pada program bedah rumah dan pembangunan maupun perbaikan rumah ibadah. Oleh karena itu, Bupati Kukar meminta kepada Kades Umaq Tukung untuk mendata dan menyeleksi warganya yang benar-benar layak mendapatkan program bedah rumah tersebut.


Pada kesempatan itu, Bupati wanita pertama di Kalimantan ini juga menginformasikan bahwa dalam kepemimpinannya saat ini memprogramkan pemberdayaan perempuan, dengan alokasi dana 2% dari APBD. Sehingga Kades juga dimita untuk mendata kelompok-kelompok usaha rumah tangga yang benar-benar mau berkarya untuk maju, sehingga nantinya akan dibantu Pemkab.


Di akhir sambutanya, Rita Widyasari berpesan agar masyarakat di Kecamatan Tabang yang mayoritas adalah masyarakat suku Dayak Kenyah, agar terus mempertahankan dan melestarikan seni budaya mereka.


"Saudara saya dari suku Dayak memang terkenal menjunjung tinggi adat dan budaya, untuk itu mari kita sama-sama jaga budaya Dayak yang eksotis ini," pungkasnya.


Turut hadir pada pelantikan Kades itu di antaranya adalah Asisten I Setkab Kukar H Chairil Anwar, sejumlah kepala dinas/instansi di lingkungan Pemkab Kukar, Camat Tabang Andri Libya Zainudin beserta Muspika Tabang, serta tokoh masyarakat setempat (her)


Kepala Adat Tukung Ritan Ibau Atoq memasangkan gelang manik ke lengan Bupati Rita Widyasari
Photo: Humas Kukar/Heru

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com