Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pelajar SMAN 1 Tenggarong Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Para peserta pelatihan jurnalistik dan para awak media yang tergabung dalam PJKPara peserta pelatihan jurnalistik dan para awak media yang tergabung dalam PJK
Photo: Agri


Kepsek SMAN 1 Tenggarong Akhmadi saat menerima kenang-kenangan dari Ketua Panitia Shahibul Muttaqin. Akhmadi berharap agar pelatihan serupa dapat berlanjut di masa-masa mendatang
Kepsek SMAN 1 Tenggarong Akhmadi saat menerima kenang-kenangan dari Ketua Panitia Shahibul Muttaqin. Akhmadi berharap agar pelatihan serupa dapat berlanjut di masa-masa mendatang
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 20/02/2011 17:52 WITA
Para pelajar SMAN 1 Tenggarong ternyata sangat meminati dunia jurnalistik. Hal ini terlihat dari antusiasme mereka saat mengikuti Pelatihan Jurnalistik yang digagas Persatuan Jurnalis Kutai Kartanegara (PJK), Sabtu (19/02) kemarin.


Kegiatan yang dibuka Kepala Sekolah SMAN 1 Tenggarong Akhmadi ini diikuti 43 peserta, yang terdiri dari 40 siswa SMAN 1 Tenggarong plus 3 orang kru tv lokal Channel Etam.


Minat mereka terhadap jurnalistik terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan para peserta kepada sejumlah pemateri yang tak lain adalah para jurnalis dari sejumlah media yang bertugas di Kutai Kartanegara.


Tampil sebagai pemateri dalam pelatihan ini adalah Wahidin Noor dari harian Samarinda Pos yang memaparkan tentang Sejarah Pers. Disusul Sabir Ibrahim dari harian Kaltim Post yang tampil membawakan materi Teknik Wawancara.


Kemudian ada pula materi tentang Teknik Dasar Menulis Berita oleh Guntur Marchista Sunan dari harian Express. Serta dilanjutkan dengan materi tentang Foto Jurnalistik oleh M Agri Winata dari KutaiKartanegara.com.


Yang menarik, pelatihan ini diisi pula dengan simulasi peliputan yang dipandu Rahmat Taufik dari harian Tribun Kaltim. Para peserta dibagi dalam 3 kelompok untuk mewawancarai 3 narasumber dengan topik yang berbeda. Ada yang mewawancarai narasumber tentang peristiwa kebakaran di sebuah pasar, kemudian kasus korupsi hingga musibah banjir akibat jebolnya tanggul perusahaan batu bara.


Agri Winata dari KutaiKartanegara.com saat memaparkan materi tentang Foto Jurnalistik
Photo: Adji Rully AB


Usai melakukan wawancara dalam waktu sekitar 15 menit, para 'jurnalis' ini kemudian diwajibkan segera menuliskan berita mereka dengan deadline hingga 15 menit untuk diserahkan kepada redaktur.


Johannes Jemau dari Koran Kaltim yang berperan sebagai redaktur akhirnya memutuskan bahwa berita terbaik jatuh kepada Ita Puspita Sari untuk berita bertajuk Dari Rp 1,2 M Disulap Jadi Rp 500 Juta. Atas tulisannya itu, siswi kelas XI IPA 1 itu berhak mendapatkan sebuah buku berjudul Menembus Koran.



Ita Puspita Sari menerima hadiah berupa sebuah buku dari Johannes Jemau (Koran Kaltim)
Photo: Agri

Ita Puspita Sari bukan satu-satunya peserta pelatihan yang mendapatkan hadiah. Peserta lainnya ada pula yang memperoleh hadiah dadakan dari para pemateri, mulai dari sebuah telepon seluler hingga kamera digital.


Dikatakan Ketua Panitia, M Shahibul Muttaqin dari harian Kalpost, kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari insan pers di Kukar terhadap pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kukar.


"Kegiatan ini kita gelar dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional ke-65 yang jatuh pada 9 Februari lalu. Tema yang kita ambil adalah Bersama Pers Kita Bangun Kutai Kartanegara," ujar pria yang akrab disapa Ipul itu.


Menurut Ipul, kegiatan pelatihan bersama PJK ini melibatkan para jurnalis dari sejumlah media seperti Kaltim Post, Tribun Kaltim, Koran Kaltim, Pos Kota Kaltim, Samarinda Pos, Express, Kalpost, IDC FM, Antara News Radio, serta media online KutaiKartanegara.com dan PendidikanKukar.com.


Mewakili rekan-rekannya, Ipul mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut seperti Bupati Kukar Rita Widyasari, Bagian Humas & Protokol Setkab Kukar, DPRD Kukar, Polres Kukar, PN Tenggarong, Kejari Tenggarong, PT Jembayan Muara Bara, PDAM Tirta Mahakam, VICO Indonesia, Total E&P Indonesie dan pihak SMA Negeri 1 Tenggarong selaku tuan rumah.


Sementara Kepala Sekolah SMAN 1 Tenggarong Akhmadi menyatakan, pihaknya menyambut baik digelarnya kegiatan Pelatihan Jurnalistik di Ruang Multimedia sekolah tersebut.


Menurut Akhmadi, pelatihan ini sangat berharga bagi para siswanya yang sebagian besar terlibat dalam kegiatan ekstra kurikuler Majalah Dinding Angkasa dan klub fotografi Rana Smansa.


"Saya berharap agar PJK kembali menggelar pelatihan serupa di masa-masa yang akan datang. Kami di SMAN 1 Tenggarong siap untuk kembali memfasilitasi," katanya.


Di sela-sela berlangsungnya kegiatan, Kabag Humas & Protokol SetkabKukar Sri Wahyuni menyempatkan diri untuk melihat langsung Pelatihan Jurnalistik bersama PJK.


Menurut Sri, Pelatihan Jurnalistik bagi pelajar SMA ini merupakan yang pertama kali digelar di Kukar. "Saya sendiri surprise begitu mendengar teman-teman wartawan membuat kegiatan pelatihan jurnalistik," imbuhnya.


Ditambahkannya, pers dan Humas adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya memiliki peran dan fungsi hampir sama. "Bahkan Humas seringkali mendapatkan ilmu dari para wartawan. Sehingga saya sangat mendukung kegiatan ini," demikian katanya. (win)


Suasana 'konferensi pers' oleh Azhari Hafid (Kaltim Post) selaku narasumber terkait terungkapnya sebuah kasus korupsi
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
Persipura Incar Poin Penuh, Mitra Kukar Tak Gentar
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com