Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Erau 2010 Digelar Pertengahan Juli

Upacara adat Mengulur Naga merupakan puncak pesta adat Erau yang paling dinanti-nanti warga. Tahun ini Erau akan digelar mulai 11 hingga 18 Juli 2010Upacara adat Mengulur Naga merupakan puncak pesta adat Erau yang paling dinanti-nanti warga. Tahun ini Erau akan digelar mulai 11 hingga 18 Juli 2010
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 08/03/2010 22:28 WITA
Pesta adat dan budaya Erau Kutai Kartanegara (Kukar) kembali akan digelar tahun ini. Dijadwalkan, pesta adat dari Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura ini digelar mulai tanggal 11 hingga 18 Juli 2010.


Hal tersebut diungkap Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar HAP Mohd Haryanto Bachroel saat memimpin rapat persiapan Erau 2010 di Tenggarong, Jumat (05/03) lalu.


"Erau 2010 ini digelar menjelang pertengahan Juli, kurang lebih sama pada Erau 2009 lalu yang digelar akhir Juli. Karena Juli bertepatan dengan musim liburan, jadi diharapkan kunjungan wisatawan dapat meningkat," ujar Haryanto yang juga Menteri Sekretaris Kesultanan Kutai.


Oleh karena itu, Sekkab Kukar meminta agar pihak-pihak terkait segera mempromosikan Erau sejak sekarang, terutama melalui dunia maya atau sejumlah media online.


"Bahkan kalau perlu pasang pengumuman Erau lewat jejaring sosial yang lagi ngetren seperi Facebook, karena saat ini facebook banyak digunakan berbagai kalangan," cetusnya.


Dengan menyebarluaskan informasi tentang Erau 2010 sejak jauh-jauh hari, lanjutnya, diharapkan kota Tenggarong dapat menjadi tujuan liburan para wisatawan nusantara maupun mancanegara.


Terkait pelaksanaan Erau 2010, Haryanto Bachroel juga mengusulkan agar sambutan atau pidato Bupati pada acara-acara selama Erau 2010 menggunakan bahasa Kutai.


"Saya minta pada Erau nanti, seluruh kegiatan yang menggunakan pidato harus menggunakan bahasa Kutai, termasuk pada pidato pembukaan dan penutupan Erau," ujarnya.


Menurut Sekkab Kukar, Erau merupakan pesta budaya dan adat Kutai, sehingga sudah sepantasnya jika bahasa yang digunakan pada semua kegiatan Erau adalah bahasa Kutai.


Selain itu, penggunaan bahasa Kutai pada Erau juga bertujuan melestarikan bahasa peninggalan para pendahulu. Dan juga untuk memperkenalkan bahasa Kutai kepada para wisatawan sehingga menjadi salah satu penunjang pariwisata. "Kita harus bangga dengan bahasa daerah kita. Tunjukkan bahwa ini bahasa kita," ujarnya.


Sementara Kabag Humas dan Protokol Setkab Kukar Sri Wahyuni mengatakan sangat menyetujui hal tersebut. Pihaknya akan membuat sambutan atau pidato baik pembukaan dan Penutupan Erau dengan tulisan berbahasa Kutai. "Pidato bahasa Kutai itu juga akan kami buat terjemahannya dalam bahasa Indonesia dan Inggris," kata Sri Wahyuni. (win/her)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com