Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Workshop Pengenalan Fotografi Lensa Kukar
Pelajar SMAN 1 Tenggarong Dibekali Pengetahuan Fotografi

Para pelajar SMAN 1 Tenggarong yang tergabung dalam Rana Smansa Photography Club tampak asyik praktek memotret mdoel   Para pelajar SMAN 1 Tenggarong yang tergabung dalam Rana Smansa Photography Club tampak asyik praktek memotret mdoel
Photo: Agri


Pendiri Lensa Kukar, Nopianda, memaparkan materi tentang dasar-dasar fotografi
Pendiri Lensa Kukar, Nopianda, memaparkan materi tentang dasar-dasar fotografi
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 29/01/2010 09:56 WITA
Untuk lebih menggiatkan dunia fotografi di Kutai Kartanegara (Kukar), khususnya di kalangan pelajar, Komunitas Fotografer Lensa Kukar kembali menggelar Workshop Pengenalan Fotografi di SMAN 1 Tenggarong.


Kegiatan pelatihan fotografi yang digelar Rabu (27/01) lalu diikuti 27 pelajar SMAN 1 Tenggarong yang tergabung dalam Rana Smansa Photography Club (RSPC).


Menurut Rajudin selaku penanggung jawab RSPC yang bertindak mewakili Kepala SMAN 1 Tenggarong, pihaknya sangat mendukung digelarnya kegiatan Workshop Pengenalan Fotografi yang digagas Lensa Kukar.


Ditambahkannya, RSPC telah menjadi salah satu kegiatan ekstra kurikuler (ekskul) yang diakui SMAN 1 Tenggarong. "Jadi kegiatan RSPC ini memiliki penilaian tersendiri. Kalau ada siswa yang tidak ikut ekskul, maka siswa tersebut bisa tidak naik kelas," imbuhnya.


Oleh karena itu, Rajudin meminta kepada para peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh. "Semoga lewat kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta sebagai bekal untuk mengembangkan potensi diri," ujarnya.


Sementara menurut Koordinator Acara, Hari Setiawan, pelatihan ini dimaksudkan untuk menyebarluaskan atau berbagi ilmu pengetahuan tentang fotografi kepada para anggota RSPC.


Agri saat memaparkan materi tentang foto jurnalistik
Photo: Ifoel



Praktek olah digital dalam fotografi oleh Sekretaris Lensa Kukar, Hendra Maulani
Photo: Ifoel

Materi yang disampaikan, lanjut Hari, terdiri empat bagian yang meliputi Dasar-Dasar Fotografi yang disampaikan Nopianda yang juga pendiri Lensa Kukar dan fotografer situs KutaiKartanegara.com.


Kemudian materi kedua tentang Foto Jurnalistik disampaikan oleh pengelola situs KutaiKartanegara.com M Agri Winata. Dilanjutkan praktek memotret model oleh Ketua Lensa Kukar, Fariza Prima Yudha serta praktek olah digital oleh Sekretaris Lensa Kukar, Hendra Maulani.


Dikatakan Ketua Lensa Kukar, Fariza Prima Yudha, komunitas fotografer Lensa Kukar sendiri telah terbentuk sejak tahun 2003 sebagai wadah berkumpul, bertukar pikiran dan berbagi informasi para penggemar fotografi di Kukar.


"Selain aktif melakukan kegiatan di bidang fotografi, Lensa Kukar juga memiliki perhatian untuk menggairahkan dunia fotografi di daerah ini, salah satunya lewat kegiatan pelatihan fotografi untuk para pelajar. Selain di SMAN 1 Tenggarong, kami juga telah menggelar kegiatan serupa di SMKN 1 Tenggarong," ujar Fariza yang juga pemilik Blue Project Studio ini.


Menurut Fariza, kegiatan Workshop Pengenalan Fotografi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Lensa Kukar terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang fotografi. "Kami berharap di daerah ini akan banyak lahir fotografer-fotografer handal yang akan memotret alam, lingkungan dan budaya di daerah kita," pungkasnya.


Kegiatan pelatihan fotografi ini sendiri mendapat sambutan antusias dari para anggota RSPC. Seperti dikatakan Dea Niyeza, siswi kelas XI IPA 4, pelatihan tersebut sangat membantu dirinya untuk lebih memahami tentang dunia fotografi.


"Banyak ilmu yang saya dapat dari pelatihan ini. Awalnya saya hanya suka difoto, sekarang saya ingin bisa lebih banyak berkarya lewat fotografi," ungkapnya. (win)


Ketua Lensa Kukar, Fariza Prima Yudha (kiri), saat menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan para pelajar SMAN 1 Tenggarong
Photo: Ifoel

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Seminggu Menghilang, Warga Sanga-Sanga Ini Ditemukan Mengambang di Sungai
PMII Kukar Gelar Pelatihan Kader Dasar se-Kaltim
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Kuras ATM Puluhan Juta Rupiah, Pelaku Hipnotis Dibekuk Petugas Polres Kukar
Barang Bukti Narkoba, Sajam, Senpi Hingga Uang Palsu Dimusnahkan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Bawakan 8 Lagu, Via Vallen Sukses Goyang Tenggarong
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
 
Lepas Jorge Gotor, Mitra Kukar Rekrut Bek Asal Brazil
KFL-Liga 2 2017, Perebutan Zona 4 Besar Makin Sengit
 
Kongres Dunia CIOFF ke-47 di Tenggarong Berakhir Sukses
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
 
Wow! Menangi Kompetisi LINE, Mahasiswa Unmul Asal Tenggarong Ini Dapat Hadiah Jalan-Jalan ke Jepang
Digagas IKA SMANSA Tenggarong, Guru dan Karyawan SMAN 1 Tenggarong Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com