Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Tiga Hari Naik Rakit
Antar Persembahan Untuk Sultan Kutai

Bengkar atau rakit yang digunakan masyarakat Muara Muntai untuk mengantarkan persembahan buah tangan bagi Sultan KutaiBengkar atau rakit yang digunakan masyarakat Muara Muntai untuk mengantarkan persembahan buah tangan bagi Sultan Kutai
Photo: Agri


Putra Mahkota HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat (kiri) menerima persembahan buah tangan berupa seekor ayam yang disampaikan Hamrin HW
Putra Mahkota HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat (kiri) menerima persembahan buah tangan berupa seekor ayam yang disampaikan Hamrin HW
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 27/07/2009 13:02 WITA
Ada hal yang menarik pada pesta adat Erau yang digelar tahun ini. Seolah bernostalgia kembali ke masa lalu, perwakilan masyarakat Muara Simpang Lima sungai Mahakam mempersembahkan buah tangan kepada Sultan Kutai.


Buah tangan tersebut merupakan hasil panen dari masyarakat Muara Muntai, mulai dari hasil pertanian, perkebunan, perikanan hingga hasil hutan.


Yang unik, prosesi persembahan buah tangan bagi Sultan Kutai ini dilakukan dengan menggunakan rakit besar yang disebut Bengkar. Bengkar yang dilengkapi sebuah pondok itu diberangkatkan dari Kecamatan Muara Muntai sejak Kamis (23/07) lalu.


Setelah 3 hari menyusuri alur sungai Mahakam, Bengkar akhirnya merapat di dermaga depan Museum Mulawarman, Tenggarong, pada Minggu (26/07) pagi, tepat pada hari-H pembukaan Erau 2009.


Buah tangan bagi Sultan Kutai tersebut kemudian diserahkan secara simbolis oleh Camat Muara Muntai Hamrin HW dan perwakilan masyarakat Muara Simpang Lima sungai Mahakam kepada putra mahkota Kesultanan Kutai HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat usai upacara adat Mendirikan Ayu.


Menteri Sekretaris Keraton Kesultanan Kutai HAP Gondo Prawiro atas nama Sultan mengucapkan terima kasih atas sumbangan hasil panen dari masyarakat Muara Muntai. "Mari bersama-sama kita sukseskan pesta adat Erau 2009," ujarnya.


Sementara dikatakan Hamrin HW, prosesi persembahan buah tangan dengan menggunakan rakit ini merupakan tradisi yang dilakukan masyarakat Muara Simpang Lima sungai Mahakam sejak ratusan tahun lalu saat akan menghadiri perayaan Erau.


Adapun persembahan buah tangan yang disampaikan pada perayaan Erau 2009 ini, lanjut Hamrin, terdiri dari 10 kaleng beras, 2 ikat Ikan Salai, 1 ikat Gula Habang, 7 buah Semangka, 11 buah Labu Kuning, 2 buah Labu Putih, 7 kg Terong, 1 ikat rotan, 7 biji Rebung, 1 ekor burung Pa'baru dan 40 ekor ayam.


"Tujuan dari dilaksanakannya prosesi ini adalah untuk membangkitkan kembali budaya asli Erau di masa lalu, serta menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap Baginda Sultan Kutai, junjungan rakyat Kutai Kartanegara," demikian kata Hamrin. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com