Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Awang Dharma Bakti: Gerbang Dayaku Tetap Lanjut, Tapi Perlu Ditinjau Ulang

KutaiKartanegara.com - 22/01/2005 23:31 WITA
Program Gerakan Pengembangan dan Pemberdayaan Kutai (Gerbang Dayaku) yang dicanangkan mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Drs H Syaukani HR MM masih akan tetap dilanjutkan oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kukar H Awang Dharma Bakti ST MT.

Demikian hal tersebut diungkap H Awang Dharma Bakti dalam jumpa pers di ruang Rabat Sekretaris Kabupaten Kukar, Kamis (19/01) lalu, di Tenggarong. Namun demikian, H Awang Dharma Bakti mengatakan perlu banyak pembenahan baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasan.

"Saya menganggap program Gerbang Dayaku itu baik dan tepat untuk dilanjutkan karena program ini untuk mensejahterakan masyarakat sekaligus memajukan pembangunan di Kukar. Namun saya nilai masih perlu ditinjau ulang dan dibenahi baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasan di lapangan," kata H Awang Dharma Bakti.

Menurut H Awang Dharma Bakti, penyeragaman alokasi dana Rp 2 milyar per desa per tahun perlu juga ditinjau ulang karena dinilainya tidak realistis. Hal ini disebabkan kondisi setiap desa di Kukar berbeda-beda, disamping dana perimbangan yang mem-back up program ini turunnya tidak terjadwal dengan baik.

"Sebaiknya besaran alokasi itu disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan desa dalam menyerap dana tersebut. Bukan pada besar nilai dana yang diterima setiap desa," ujarnya.

"Selama ini program Rp 2 milyar per desa per tahun itu cairnya ke desa tersendat-sendat. Berdasarkan laporan yang saya terima dari Camat, masyarakat desa sering mengeluhkan hal ini. Bahkan ada sebagian masyarakat menuduh Camat dan aparatnya menggunakan dana ini untuk keperluan pribadi, padahal memang uang belum ada karena menunggu turunnya dana perimbangan dari pemerintah pusat," tandas Pjs Bupati Kukar yang dilantik 13 Desember 2004 tersebut.

Ditambahkannya, ke depan Pemkab Kukar akan merubah strategi program Gerbang Dayaku khususnya program Rp 2 milyar per desa per tahun menjadi lebih realistis agar kesejahteraan dan gerak pembangunan masyarakat di desa dapat berjalan secara teratur, efektif dan efisien. "Setelah dievaluasi, program ini bisa saja nanti Desa A hanya menerima dibawah setengah milyar atau kurang dari pada itu," tuturnya lagi.

Menyinggung tentang RAPBD Kukar tahun 2005, Pjs Bupati Kukar mengatakan pihaknya dalam waktu singkat akan mengajukan rancangannya ke pihak legislatif. "Diterima atau tidak nantinya, RAPBD ini tergantung pihak legislatif. Yang jelas bola ada ditangan mereka, namun saya yakin legislatif akan membahasnya karena masalah APBD adalah menyangkut hajat hidup orang banyak," demikian katanya. (Joe/jay)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com