Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

FPKK Dukung Langkah DPRD Usulkan 3 Calon Pj Bupati Kukar

Tiga calon Pj Bupati Kukar yang telah diusulkan DPRD Kukar pada Oktober laluTiga calon Pj Bupati Kukar yang telah diusulkan DPRD Kukar pada Oktober lalu
Photo: Agri


Edi Candera dari LSM Lembaga Civic Society mendukung langkah DPRD Kukar yang mengusulkan 3 pejabat asal Kukar sebagai calon Pj Bupati
Edi Candera dari LSM Lembaga Civic Society mendukung langkah DPRD Kukar yang mengusulkan 3 pejabat asal Kukar sebagai calon Pj Bupati
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 04/11/2008 21:49 WITA
Langkah DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) yang telah mengusulkan 3 nama sebagai calon Penjabat Bupati Kukar yakni HM Ghufron Yusuf, Herry Maryadi dan Didi Marzuki, ternyata mendapat dukungan dari 10 elemen masyarakat yang tergabung dalam Front Pembela Kebangkitan Kukar (FPKK).


Seluruh elemen yang tergabung dalam FPKK tersebut meliputi LSM Transparansi & Advokasi Daerah (TKAD), LSM Gerakan Transparansi & Advokasi Rakyat (GETAR), LSM Barisan Masyarakat Pemerhati Sosial (Bampes), LSM Advokasi Perempuan Tertindas (Lapet) dan LSM Lembaga Civil Society (LCS).


Kemudian LSM Lembaga Independen Sosial (Lisos) Kukar, LSM Lembaga Pengawas Pembangunan (LPP), LSM Forum Gerakan Aksi Sosial (FORGAS), Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan (Hima NW) dan Forum Mahasiswa Muara Kaman (FMMK).


Dalam jumpa pers di Tenggarong tadi siang, FPKK lewat juru bicaranya Edi Candera mengeluarkan Pernyataan Sikap yang terdiri dari 4 butir.


Pertama, FPKK meminta kepada Pj Gubernur Kaltim agar menindaklanjuti usulan DPRD Kukar untuk 3 nama calon Pj Bupati Kukar. "Karena itu legal adanya sebagaimana diamanahkan dalam PP No 6 Tahun 2005 Pasal 130 ayat 3. Selain itu, suara DPRD merupakan suara yang mewakili rakyat Kukar," ujarnya.


Kemudian yang kedua, FPKK menolak keras terhadap orang dari luar Kukar yang ditunjuk menjadi Pj Bupati Kukar. "Karena kami tidak mau dipimpin orang luar yang tidak mengerti kondisi di Kukar. Dan dari pengalaman yang lalu, penjabat dari luar malah menambah rumit persoalan di Kukar," tandasnya.


Ketiga, FPKK mendukung usulan DPRD Kukar yang mengajukan 3 nama calon Pj Bupati Kukar. FPKK menilai, langkah yang dilakukan DPRD Kukar merupakan sikap antisipatif dalam melihat kekosongan jabatan Kepala Daerah di Kukar.


Dan keempat, FPKK menyerukan kepada seluruh masyarakat Kukar untuk selalu menjaga kondusifitas dan menolak intervensi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi terhadap pemerintahan di Kukar.


Ditambahkan Edi, pernyataan sikap dari FPKK akan disampaikan pula kepada pihak eksekutif dan legislatif di Kukar, Pj Gubernur Kaltim hingga Pemerintah Pusat, dalam hal ini Menteri Dalam Negeri. "Kami berharap usulan dari DPRD Kukar dapat dipenuhi, siapapun nanti yang terpilih," ujarnya.


Sementara ditambahkan Rahmadi dari Hima NW Kukar, alasan mereka menyetujui langkah DPRD Kukar karena para calon Pj Bupati merupakan orang yang mengetahui daerahnya. "Mereka adalah orang-orang yang tahu rumahnya sendiri," tegasnya.


Menurut Rahmadi, pihaknya justru kuatir jika Pemerintah Pusat menunjuk orang dari luar Kukar. "Karena seperti pengalaman yang lewat, penunjukan Pj Bupati ternyata malah penuh nuansa kepentingan tertentu. Jadi kami tidak ingin hal itu terulang lagi," imbuhnya.


Sekedar informasi, DPRD Kukar pada Oktober lalu telah mengusulkan tiga pejabat Pemkab Kukar untuk menjadi calon Pj Bupati Kukar, menggantikan Bupati Kukar Non Aktif H Syaukani HR yang saat ini tengah menjalani proses hukum.


Yang menarik, ketiga pejabat yang diusulkan DPRD Kukar adalah para pejabat yang menolak dimutasi oleh Plt Bupati Kukar Samsuri Aspar beberapa waktu lalu.


HM Ghufron Yusuf adalah mantan Asisten IV Setkab Kukar yang menolak dimutasi sebagai Sekretaris DPRD Kukar. Kemudian Herry Maryadi merupakan mantan Kepala Dinas Pertambangan yang menolak dimutasi sebagai Kepala BPMD Kukar. Sedangkan Didi Marzuki adalah mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kukar yang menolak dimutasi sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Anggana Membara, Belasan Rumah Ludes Terbakar
Pilgub Kaltim 2018: Menang di 11 Kecamatan, Isran-Hadi Raup Dukungan 35,37 Persen Suara
 
73 Pejabat Pemkab Kukar Dikukuhkan, Ini Daftar Lengkapnya
Tujuh Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dikukuhkan
 
Pimpinan BPJS Kesehatan Ikut Layani Langsung Warga Kukar
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
 
Ribuan Botol Miras Hasil Sitaan Operasi KKYD Dimusnahkan
Apel Gelar Pasukan di Sekolah: Operasi Patuh Sasar Pelajar dan Pengguna HP Saat Berkendara
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kapital Sukses Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
Satu-Satunya Wakil Indonesia: Kapital Band Siap Gebrak Heartown Rockfest di Taiwan
 
Erau 2018: Putra Mahkota Kesultanan Kutai Laksanakan Adat Beluluh
Naga Mekes Lumat Sriwijaya FC Tiga Gol Tanpa Balas
 
Wow, Mahasiswa Asing Ini Bisa Menari Jepen Hingga Main Sampek
Ada Rumah Kaligrafi di Obyek Wisata Pulau Kumala
 
Gelar Buka Puasa Bersama, Pramuka Kukar Doakan Mendiang Pengurus
Perpustakaan Umum Kukar Tempati Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com