Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Peringati Hari Jadi ke-15
Bintek Luncurkan Film Independen

Pembina Bintek H Syamsul Khaidir didampingi pengurus Bintek lainnya meniup 15 batang lilin menandai peringatan hari jadi kelompok teater tersebut
Pembina Bintek H Syamsul Khaidir didampingi pengurus Bintek lainnya meniup 15 batang lilin menandai peringatan hari jadi kelompok teater tersebut
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 11/08/2008 19:29 WITA
Perayaan hari jadi Bina Teater Kutai (Bintek) yang ke-15 berlangsung sederhana, Sabtu (09/08) malam lalu, di pelataran Studio Bintek, Kelurahan Loa Ipuh, Tenggarong.


Acara yang dihadiri sejumlah tokoh dan seniman Kutai Kartanegara (Kukar) ini dimeriahkan dengan pembacaan puisi dan penampilan kelompok musik oleh anggota Bintek.


Dan yang menarik, perayaan HUT Bintek ke-15 ditutup dengan penayangan perdana sebuah film independen perdana produksi Pondok Dongeng Bintek yang disutradarai seniman M Sabir HL.



Pemeran utama film Matahari di Tanah Kutai, Unind, tampil membawakan tembang Puteri Karang Melenu yang menjadi lagu tema film indie tersebut
Photo: Agri

Film independen bertajuk Matahari di Tanah Kutai yang berdurasi sekitar 30 menit ini mendapat apresiasi yang tinggi dari para hadirin.


Menurut M Sabir HL selaku sutradara, film tersebut merupakan garapan filmnya yang pertama setelah selama puluhan tahun menggeluti dunia teater di daerah ini.


"Film independen ini berangkat dari gagasan dan niatan untuk mengangkat potensi seni budaya Kutai Kartanegara. Meski tidak ada dana, ternyata film pendek ini bisa terwujud," kata Sabir.


Menurutnya, hal ini tak lepas dari kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak seperti Plt Sekkab HM Aswin, jajaran Kantor Pusdatinkom Kukar, RSUD AM Parikesit, Dikluspora Kukar hingga pelaku teater di kota Tenggarong.



Sutradara M Sabir HL berharap agar kehadiran film tersebut dapat menggugah seniman Kukar lainnya untuk turut berkarya di bidang sinematografi
Photo: Agri

Dikatakan Sabir, konsep atau gagasan tidak akan jalan tanpa adanya niat kuat serta semangat kebersamaan dalam mewujudkan film independen ini. "Dengan semangat kebersamaan, film ini dapat diselesaikan dalam waktu yang cukup singkat," imbuhnya.


Sabir mengakui bahwa masih banyak kekurangan dari garapan film perdananya itu. "Namun saya berharap agar kehadiran film ini dapat menggugah semangat anak-anak muda di Kukar untuk melakukan hal yang sama seperti saya, yakni mengangkat potensi seni budaya daerah lewat film pendek," katanya.


Sementara dikatakan pembina Bintek, H Syamsul Khaidir, pihaknya menyambut baik gagasan digarapnya film independen itu. "Karena selama ini orang mengira untuk membuat film itu harus dengan biaya besar. Tetapi sebenarnya dengan peralatan sederhana pun, misalnya kamera ponsel, kita bisa manfaatkan untuk membuat film," tandasnya.


Menurut Syamsul Khaidir, sudah saatnya generasi muda di Kukar melirik bidang sinematografi. "Jangan putus asa atau tidak berdaya karena keterbatasan. Buktinya saudara Sabir bisa melakukannya. Jika memang ada ide berharga, tinggal dijalankan saja," pesannya. (win)


Pembina Bintek Syamsul Khaidir (kanan) menyambut baik digarapnya film indie Matahari di Tanah Kutai
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com