Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Merdeka Dalam Berkarya Bersama Sanggar Tari Lanjong

Suasana pagelaran Merdeka Dalam Berkarya di pentas terbuka kawasan Taman Jembatan Kartanegara, Tenggarong, Sabtu (25/08) malamSuasana pagelaran Merdeka Dalam Berkarya di pentas terbuka kawasan Taman Jembatan Kartanegara, Tenggarong, Sabtu (25/08) malam
Photo: Agri


Aksi para penari Sangrila dalam sebuah tari kreasi modern
Aksi para penari Sangrila dalam sebuah tari kreasi modern
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 26/08/2007 13:38 WITA
Ungkapan syukur atas HUT Kemerdekaan Republik Indonesia diekspresikan dengan berbagai cara oleh generasi muda Kutai Kartanegara (Kukar). Salah satunya adalah melalui suguhan tari kreasi modern persembahan Sanggar Tari Lanjong (Sangrila), Sabtu (25/08) malam.


Dengan mengambil tempat di pentas terbuka kawasan Taman Jembatan Kartanegara, suasana malam Minggu di 'Kota Raja' Tenggarong terasa begitu hangat oleh penampilan enerjik puluhan anak muda yang tergabung dalam sanggar tari binaan Yayasan Lanjong Kukar tersebut.


Pagelaran tari kreasi modern bertajuk Merdeka Dalam Berkarya ini ingin mengungkap semangat generasi muda bangsa di alam kemerdekaan untuk terus berkarya secara positif di berbagai bidang, yang salah satunya adalah di bidang seni.


Tidak hanya tari kreasi modern yang mereka suguhkan di hadapan ribuan warga Tenggarong yang memadati kawasan taman Jembatan Kartanegara. Beberapa anggota Sangrila --yang juga atlet binaan Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI) Kukar-- unjuk kebolehan dalam berdansa.



Suguhan tari kreasi yang enerjik mampu menghangatkan suasana malam Minggu di Tenggarong
Photo: Agri

Pagelaran tari kreasi ini juga dimeriahkan dengan penampilan Aura Band. Band asal Tenggarong ini mampu menghibur warga dengan membawakan sejumlah lagu populer maupun lagu-lagu nasional yang telah diaransemen ulang menjadi lebih nge-rock.


Dan suasana pun sempat menjadi haru biru ketika Aura Band membawakan tembang bertajuk Syukur. Sebanyak 15 orang pelajar SLTA berjalan perlahan menuju bibir pentas terbuka sambil membawa poster para pahlawan nasional.


Seiring dengan itu, Anggota DPRD Kukar Dedi Sudarya tampil membacakan puisi ciptaannya sendiri yang berjudul Setangkai Bunga Buat Indonesia. Dedi kemudian mengakhiri pembacaan puisi dengan mencium Sang Merah Putih diikuti ke 15 pelajar SLTA tersebut.


Sebagai pamungkas, lagu Kebyar Kebyar dibawakan Aura Band dengan irama menghentak. Sementara tiga orang anggota Manajemen Seni dan Budaya Yayasan Lanjong beraksi dengan mengibar-ngibarkan Sang Merah Putih.


Kibaran bendera Merah Putih sebagai simbol kecintaan terhadap tanah air
Photo: Agri


Dedi Sudarya mencium Sang Merah Putih usai membacakan puisi bertajuk Setangkai Bunga Buat Indonesia
Photo: Agri

Dikatakan pembina Yayasan Lanjong, Khairuddin SP, pagelaran tari kreasi Merdeka Dalam Berkarya ini dimaksudkan untuk mengobarkan semangat nasionalisme dan patriotisme di dalam jiwa generasi muda Kukar, khususnya di kota Tenggarong.


"Secara fisik Indonesia telah merdeka, namun bangsa kita saat ini belum merdeka dalam beberapa hal, terutama di bidang ekonomi. Oleh karena itu, harapan untuk mencapai kemerdekaan di berbagai bidang ini ada di pundak generasi muda kita yang akan mengisi pembangunan di masa mendatang," ujar Khairuddin yang juga Anggota DPRD Kukar dari Fraksi Partai Golkar ini.


Sementara dikatakan Direktur Eksekutif Yayasan Lanjong, Hj Nurul Hidayati Dwinta Sari, pagelaran tari kreasi dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-62 ini melibatkan tak kurang dari 72 personil. Terdiri dari 43 penari Sangrila, 3 pembawa bendera, 6 pedansa, 15 pelajar SLTA dan 5 personil Aura Band.


Menurutnya, diperlukan waktu hingga 2 bulan untuk mempersiapkan acara ini. Untuk tari kreasi modern, lanjutnya, semua ditangani langsung oleh koreografer Arif Rozali selaku pimpinan produksi, dibantu Haryanto Daud dan Inung.


"Anak-anak mulai berlatih intensif selama 2 minggu menjelang hari-H. Hampir setiap hari mereka berlatih. Dan alhamdulillah acara ini akhirnya berjalan sukses," ujarnya. (win)


Para anggota Sangrila yang selama ini kerap menyajikan tari tradisi, kali ini tampil beda dengan menyuguhkan tari kreasi modern yang enerjik
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-4 Borneo FC: Tiga Kartu Merah Warnai Derby Mahakam, Naga Mekes Tersungkur di Kandang
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com