Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Total E&P Indonesie Gandeng STABIL
Kampanyekan Pelestarian Lingkungan Lewat Panggung Boneka

Pertunjukan boneka <i>Petualangan Dema dan Demi</i> yang sarat pesan moral untuk melestarikan hutan mangrove di Delta Mahakam
Pertunjukan boneka Petualangan Dema dan Demi yang sarat pesan moral untuk melestarikan hutan mangrove di Delta Mahakam
Photo: Dok. Total E&P Indonesie

KutaiKartanegara.com - 07/08/2007 13:08 WITA
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyosialisasikan soal pentingnya pelestarian lingkungan hidup. Khusus bagi anak-anak di kawasan Delta Mahakam, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), metode yang dilakukan adalah dengan menggelar pertunjukan Panggung Boneka.


Seperti yang digelar Sabtu (04/08) lalu, perusahaan migas Total E&P Indonesie bekerjasama dengan Sentra Program Pemberdayaan dan Kemitraan Lingkungan (STABIL) menggelar Panggung Boneka bertajuk Petualangan Dema & Demi di hadapan murid SDN 008 Desa Muara Jawa Ulu, Kecamatan Muara Jawa.


Menurut Media Relations Officer Total E&P Indonesie, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan kepada anak-anak usia SD, mengenai arti penting mengelola lingkungan pesisir dan pantai, khususnya dalam menjaga kelestarian kawasan hutan bakau atau mangrove.



Para siswa SDN 008 Muara Jawa Ulu terlebih dahulu memperoleh pemaparan selama 10 menit mengenai upaya pelestarian lingkungan hidup sebelum menyaksikan panggung boneka
Photo: Dok. Total E&P Indonesie

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai pengelolaan lingkungan pesisir yang bersih dan sehat. Sekaligus mengajak anak-anak senantiasa mencintai lingkungan dan melestarikan mangrove di sekitarnya," ujar Hendratno Eko Putro.


Ditambahkannya, sosialisasi lingkungan dengan metode Panggung Boneka ini dilakukan di 5 sekolah terpilih. Selain di Desa Muara Jawa Ulu, kegiatan serupa juga akan digelar di Kecamatan Anggana yang meliputi Dusun Tanjung Berukang, Desa Sepatim dan Muara Pantuan. "Dan terakhir akan digelar di Kelurahan Teluk Pemedas, Kecamatan Samboja, pada 14 Agustus mendatang," jelas pria yang akrab disapa Eko ini.


Materi Panggung Boneka yang disampaikan, lanjutnya, adalah mengenai pengelolaan lingkungan pesisir yang bersih dan sehat serta pelestarian kawasan mangrove. "Usai pertunjukan, diadakan tanya-jawab kepada anak-anak sekolah yang mengikuti kegiatan ini. Bagi anak yang dapat menjawab pertanyaan akan diberikan hadiah dari Total E&P Indonesie," katanya.



Kampanye pelestarian lingkungan di SDN 008 Muara Jawa Ulu, Sabtu (04/08) lalu juga ditandai dengan penyerahan tempat sampah sumbangan Total E&P Indonesie
Photo: Dok. Total E&P Indonesie

Sekedar informasi, kawasan Delta Mahakam secara administratif masuk wilayah Kabupaten Kukar, merupakan dataran berlumpur dan berawa-rawa dengan luas sekitar 1.500 km2 atau 150.000 hektare, dengan jumlah penduduk mencapai 18.000 orang. Keberadaan Delta Mahakam tidak dapat dipisahkan dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) Mahakam, karena merupakan satu kesatuan ekologis yang saling mempengaruhi.


Kawasan Delta Mahakam menjadi sangat penting keberadaannya dalam perekonomian Indonesia dan dunia sejak 1970 dengan adanya sumber migas yang dikelola Pertamina bersama dengan Total E&P Indonesie, VICO Indonesia dan Chevron. Sementara bagi masyarakat setempat, kawasan ini menjadi lahan untuk membudidayakan udang yang mulai dilakukan sekitar awal 1996.


Sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk serta tingginya tingkat kebutuhan hidup masyarakat, maka eksploitasi berbagai macam sumberdaya alam terus terjadi. Salah satu sumber daya alam (SDA) yang sering menjadi objek eksploitasi adalah hutan mangrove. Pemanfaatan hutan mangrove yang berlebihan terutama dilakukan untuk mendapatkan bahan baku berbagai jenis industri, kertas dan lain-lain.


Selain itu, adanya konversi lahan mangrove menjadi lahan pertambakan adalah salah satu bentuk pemanfaatan hutan yang sangat riskan terhadap kerusakan lingkungan jika sistem pengelolaannya tidak memperhatikan aspek ekologis. Berdasarkan data Bappeda Provinsi Kaltim, ekploitasi lahan di kawasan Delta Mahakam menyebabkan kerusakan hutan mangrove mencapai 85 ribu ha. (win)


Siswa SDN 008 Muara Jawa mendapat giliran pertama kampanye pelestarian hutan mangrove dengan metode pertunjukan panggung boneka
Photo: Dok. Total E&P Indonesie

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
PMII Kukar Gelar Pelatihan Kader Dasar se-Kaltim
Kecelakaan Maut di Kutai Lama, Seorang IRT Meninggal Dunia
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Barang Bukti Narkoba, Sajam, Senpi Hingga Uang Palsu Dimusnahkan
Operasi Zebra Mahakam 2017: Siap-Siap, Polres Kukar Bakal Razia Kendaraan Bermotor Selama Dua Minggu
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Bawakan 8 Lagu, Via Vallen Sukses Goyang Tenggarong
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
 
Lepas Jorge Gotor, Mitra Kukar Rekrut Bek Asal Brazil
KFL-Liga 2 2017, Perebutan Zona 4 Besar Makin Sengit
 
Kongres Dunia CIOFF ke-47 di Tenggarong Berakhir Sukses
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
 
Wow! Menangi Kompetisi LINE, Mahasiswa Unmul Asal Tenggarong Ini Dapat Hadiah Jalan-Jalan ke Jepang
Digagas IKA SMANSA Tenggarong, Guru dan Karyawan SMAN 1 Tenggarong Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com