Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kerjasama Pendidikan Bisnis, Ekonomi dan Keuangan
10 Sekolah Menengah di Kukar Jadi Proyek Percontohan

Kepala Disdik Kukar Bahrul didampingi Direktur Operasi PJI Robert Gardiner menyaksikan penandatanganan MoU oleh para Kepsek dari sejumlah sekolah menengah di Kukar
Kepala Disdik Kukar Bahrul didampingi Direktur Operasi PJI Robert Gardiner menyaksikan penandatanganan MoU oleh para Kepsek dari sejumlah sekolah menengah di Kukar
Photo: Humas Kukar/Nor Aida

KutaiKartanegara.com - 09/05/2007 23:03 WITA
Pendidikan yang bermutu merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh semua lembaga pendidikan. Melalui pendidikan, diharapkan peran serta siswa dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan masa depan khususnya menghadapi persaingan pasar kerja yang semakin kompetitif dan selektif. Persaingan pasar kerja ini akan semakin keras jika dikaitkan dengan penomena era globalisasi.


Demikian hal tersebut disampaikan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) H Syaukani HR melalui Asisten I Bidang Hukum dan Pemerintahan H Aji Ridwan Sya'ranie pada acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman pilot project pelaksanaan program Economics For Life (EFL) bagi siswa dari 10 sekolah menengah (SMP/SMA) di Kukar, tadi siang di Tenggarong.


Penandatanganan MoU ini dilakukan antara Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kukar Bahrul S Sos MM sebagai pihak pertama dengan Direktur Operasi Prestasi Junior Indonesia (PJI) Jakarta, Robert Gardiner sebagai pihak kedua.


Turut serta menanda tangani MoU ini sebagai pihak ketiga adalah 10 Kepala Sekolah (Kepsek) dari 10 sekolah menengah yang ditetapkan sebagai pelaksana pilot project dari program ini.


Ditambahkan Asisten I HA Ridwan Syahranie, masing-masing sekolah harus mempersiapkan program secara matang, di antaranya dengan mempertimbangkan unsur kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang ada di sekolah.


"Otonomi pendidikan merupakan peluang dan memberikan kesempatan kewenangan bagi sekolah untuk memberdayakan berbagai sumber daya sekolah," ujarnya.



Kepala Disdik Kukar Bahrul bersama Robert Gardiner dari PJI Jakarta usai penandatanganan MoU
Photo: Humas Kukar/Nor Aida

Diharapkan implementasi program EFL atau Pendidikan Ekonomi Terapan sesuai dengan program Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan program Muatan Lokal (Mulok) dan program Pengembangan Diri serta Muatan Program Kecakapan Hidup (Life Skill).


Sementara Direktur Operasi PJI Robert Gardiner mengatakan, pelaksanaan program EFL pada intinya adalah mempersiapkan generasi muda untuk mampu memahami masalah yang berkaitan dengan ekonomi, baik dalam skala lokal, regional maupun internasional.


"Karena keunggulan di bidang ekonomi merupakan penggerak sekaligus barometer kemajuan kehidupan suatu bangsa," ujarnya.


Sedang Kepala Disdik Kukar, Bahrul, mengatakan, pelaksanaan program ELF bagi siswa di sepuluh sekolah menengah ini dilaksanakan selama satu tahun pelajaran pada kurun waktu 2007-2008. Bertujuan sebagai implementasi dan dukungan terhadap program Gerbang Dayaku Tahap II, khususnya pada bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia.


Ke 10 sekolah menengah itu adalah SMPN 1 Tenggarong, SMPN 2 Tenggarong, SMPN 3 Tenggarong, SMPN 1 Tenggarong Seberang, SMPN 1 Loa Kulu, SMAN 1 Tenggarong , SMAN 2 Tenggarong, SMAN 2 Tenggarong Seberang, SMAN 1 Loa Kulu, dan SMA Negeri 1 Sanga-Sanga.


"Karena program ini masih dalam taraf pilot project maka hanya 10 sekolah di empat kecamatan itu saja yang terpilih," katanya.


Ditambahkannya, kesepakatan kerjasama ini berfokus pada program pendidikan bisnis, ekonomi dan keuangan. Sedang bentuk kerjasama dilakukan diantaranya kegiatan pelatihan guru, pembentukan Perusahaan Siswa, Student Company Fair, Kompetisi Simulasi Bisnis dan Student Company Liquidation Ceremony. "Sehingga setelah lepas sekolah menengah, siswa mampu menjadi wiraswastawan yang handal dan mandiri," demikian katanya. (joe)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
Tanpa Sissoko dan David, Mitra Kukar Boyong 18 Pemain ke Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com