Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

SMAN I Tenggarong Siapkan Penulis Muda Daerah

Nurjannah (kanan) saat memberikan motivasi dan kiat-kiat bagi remaja aktif di SMAN I Tenggarong
Nurjannah (kanan) saat memberikan motivasi dan kiat-kiat bagi remaja aktif di SMAN I Tenggarong
Photo: FLP Kukar

KutaiKartanegara.com - 04/04/2005 14:15 WITA
Study Club Menulis (SCM) Karya SMAN I Tenggarong bekerjasama dengan Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kegiatan Pelatihan Menulis yang diikuti 25 orang siswa bertempat di SMAN I Tenggarong, Jalan Mulawarman, Sabtu (02/04) lalu. Selain memperoleh materi penulisan, para siswa tersebut juga dibekali materi pengembangan diri yang disampaikan oleh Nurjannah SAg, Ketua Pemberdayaan SCM/Study Club Buku Kutai Kartanegara.

Menurut Nurjannah, remaja sekarang ini harus bisa mengoptimalkan pribadinya masing-masing karena setiap orang memiliki potensi sendiri-sendiri. "Dan potensi itulah yang akan mengantarkan seorang remaja memiliki kepribadian yang handal," ungkapnya.

Nurjannah yang selama ini bergelut di dunia remaja, memang melihat belum banyak remaja Kukar yang memiliki prestasi membanggakan, lebih-lebih yang berhubungan dengan dunia buku dan kepenulisan. Jika dibandingkan dengan remaja-remaja di luar Kukar, menurutnya, remaja Kukar masih sangat jauh tertinggal. Akan tetapi bukan berarti remaja Kukar tidak punya kesempatan untuk maju.

Sementara itu dikatakan Ketua SCM Karya SMAN I Tenggarong, Faridamiaty, selama ini banyak siswa yang berminat dan berbakat dalam hal kepenulisan namun sering terkendala masalah percaya diri dan belum banyak wadah bagi mereka untuk berekspresi dan belajar banyak.

Untuk itu, tambahnya, SCM Karya ke depan memprogramkan pembinaan secara intensif kepada siswa-siswa yang berminat untuk menekuni dunia penulisan. "Formatnya sendiri nantinya akan dimasukkan dalam ekstra kurikuler sekolah. Jadi, siswa bisa belajar ilmu kewartawanan, menulis fiksi dan ilustrasi serta pengembangan diri secara rutin," ujarnya.

Menurutnya, hal itu dilakukan guna mempersiapkan siswa-siswa SMAN I yang handal dan memiliki skill berbeda karena sudah saatnya SMAN I Tenggarong memiliki barisan penulis-penulis muda yang brilian dan mampu mengharumkan nama sekolah dan daerah.

Kepala SMAN I Tenggarong Drs Yasir MM menyambut baik rencana yang disusun oleh siswa-siswanya yang tergabung dalamSCM Karya. Yasir berharap kelak bermunculan penulis-penulis atau wartawan muda dari sekolah yang dipimpinnya karena menurutnya di masa mendatang persaingan dunia kerja akan sangat keras.

Sedangkan Ketua FLP Cabang Kukar, Hanafi, dengan antusias menyambut program yang akan disusun oleh SCM Karya tersebut. Menurut Hanafi, hal itu membuktikan bahwa remaja Kukar masih peduli dengan masa depan daerah ini.

"Jadi, tidak bijak kalau kita menyamaratakan remaja kita yang identik dengan hura-huranya," ujar Hanafi. Diakui Hanafi, sebenarnya banyak remaja yang memiliki potensi, namun tak terasah dengan baik. Mereka yang tidak dimotivasi secara terarah, akhirnya menyalurkan-nya kepada hal-hal yang negatif. Demikian katanya. (win)


Pengurus SCM Karya bersama pengurus FLP Cabang Kukar usai menggelar pelatihan menulis di SMAN I Tenggarong, Sabtu (02/04) lalu
Photo: FLP Kukar

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Semen Padang FC 1-2 Mitra Kukar: Dua Gol Marclei Bawa Naga Mekes Tumbangkan Tuan Rumah
Semen Padang FC vs Mitra Kukar: Naga Mekes Ingin Bawa Pulang Poin Dari Padang
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com