Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Untuk Tangani Musibah dan Bencana, Perlu Tim SAR Terlatih

Kepala Badan Kesbang Linmas H Damansyah bersama Ketua Panitia Gladi Siaga Penanggulangan Bencana Suhartono BP dalam jumpa pers di Tenggarong, Jum'at kemarin
Kepala Badan Kesbang Linmas H Damansyah bersama Ketua Panitia Gladi Siaga Penanggulangan Bencana Suhartono BP dalam jumpa pers di Tenggarong, Jum'at kemarin
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 27/01/2007 15:15 WITA
Kurangnya sumber daya manusia (SDM) terlatih serta minimnya peralatan menjadi kendala dalam penanggulangan musibah atau bencana alam di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Padahal, musibah atau bencana bisa datang sewaktu-waktu, tanpa diminta dan tanpa bisa ditolak.


Dari data Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Linmas) Kukar, selama tahun 2006 tercatat 32 kejadian musibah dan bencana alam di Kukar. Musibah kebakaran merupakan kasus yang paling sering terjadi dengan jumlah 27 kasus. Kemudian banjir sebanyak 3 kali, lalu peristiwa angin puting beliung 1 kasus dan 1 kasus musibah kecelakaan di perairan.


"Lambannya penanganan musibah atau bencana alam oleh pihak Pemkab Kukar sering menjadi keluhan yang disampaikan warga masyarakat yang menjadi korban," ungkap Kepala Badan Kesbang Linmas Kukar H Damansyah, saat Jumpa Pers Persiapan Gladi Siaga dan Apel Siaga Penanggulangan Bencana di Tenggarong, Jum'at (26/01) kemarin.


Keluhan tersebut, lanjut Damansyah, misalnya seperti lambannya penyaluran bantuan serta pertolongan kepada korban pasca terjadinya peristiwa musibah atau bencana alam.


Menurut Damansyah, hal tersebut terjadi akibat belum adanya tim SAR (Search and Rescue) yang mampu bertindak cepat dalam memberikan pertolongan atau menangani bantuan kepada korban.


Oleh karena itu, kata Damansyah, Badan Kesbang Linmas Kukar menyambut baik gagasan dari sejumlah OKP seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Pemuda Indonesia Peduli Bangsa (PIPB) yang akan menggelar Pelatihan Penanggulangan Bencana bagi para pemuda Kukar mulai Minggu (28/01) hingga Selasa (30/01) mendatang. "Karena potensi untuk membentuk tim SAR yang lengkap dan tangguh bukan lah suatu masalah untuk Kukar," tandasnya.


Sementara dikatakan Suhartono BP selaku Ketua Panitia Pelaksana, kegiatan ini akan diikuti 150 pemuda dari berbagai Ormas/OKP se-Kukar, Pramuka, PMI, Senat/BEM Unikarta, Paskibra hingga OSIS.


"Pelatihan SAR ini akan dilakukan di Pulau Kumala dengan melibatkan 10 instruktur yang berasal dari Kukar sendiri, SAR Balikpapan serta Badan SAR Nasional," ujar Suhartono.


Ditambahkannya, pembukaan pelatihan akan ditandai dengan Gladi Siaga yang dipimpin Wabup H Samsuri Aspar di halaman Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Minggu pagi. (win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
Bupati Rita Widyasari Tersandung Masalah Hukum, Wabup Edi Damansyah Jadi Plt Bupati Kukar
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-5 Persipura Jayapura: Tim Mutiara Hitam Masih Superior
Persipura Incar Poin Penuh, Mitra Kukar Tak Gentar
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
Lulus UN, Pelajar SLTA di Tenggarong Corat-Coret Seragam
Sambut Hardiknas, PMII dan KAMMI Gelar Aksi Damai
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com