KutaiKartanegara.com

Find:  

Logo Erau Festival Erau Kutai Kartanegara

M e n u
  Asal Mula Erau
  Pelaksanaan Erau
  Mata Acara Pokok
  Mata Acara Penunjang
  Agenda Erau
  Peta Lokasi Erau
  Rekaman Erau
  T i p s
  Komentar Erau

MedioCom; Your one stop shop for content

Put Your Ads Here

Jelang Erau 2002 Kutai Kartanegara

1500 Penari Dikerahkan Dalam Tari Massal
Latihan Tari Masal
Latihan tari masal di Pasar Seni "Tepian Pandan" beberapa waktu lalu.

KutaiKartanegara.com (10/08/02)
Sebanyak 1500 penari akan dilibatkan dalam sajian tari massal yang akan ditampilkan pada pembukaan Erau 2002 Kutai Kartanegara dan Festival Keraton Nusantara III pada 21 September 2002 mendatang. Koordinator Tari Massal, Surya Agus, SP mengungkapkan bahwa tari massal ini mengangkat kisah sejarah perpindahan ibukota Kerajaan Kutai Kartanegara dari Pemarangan ke Tepian Pandan.

"Sajian tari massal ini diberi judul Mustika Kumala. Ide ceritanya dari budayawan kita bapak Fred Wetik. Tarian ini akan dikemas secara sistematis dan akan menjadi tontonan yang sangat menarik, indah dan mempesona pada pembukaan Erau dan Festival Keraton nanti." tutur Surya Agus kepada KutaiKartanegara.com disela-sela latihan tari massal di Pasar Seni Tenggarong kemarin sore.

Latihan bersama
Latihan bersama seluruh unsur penari

Tarian massal ini akan dibuka dengan tarian yang menggambarkan pesona dan keindahan sungai Mahakam, hutan belantara beserta flora faunanya. Selanjutnya pada inti tarian ini dikisahkan krisis dan kekacauan yang terjadi di Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura yang saat itu beribukota di Pemarangan dimana terjadi perebutan tahta kerajaan oleh Aji Kado sepeninggal Sultan Aji Muhammad Idris yang gugur melawan kompeni (VOC) di Wajo (Sulawesi Selatan). Putra mahkota Kerajaan Kutai Kartanegara Aji Imbut yang telah dewasa kemudian kembali ke tanah Kutai dari Bumi Wajo dan melakukan perlawanan terhadap Aji Kado dengan siasat mengirimkan armada bajak laut Sulu untuk melakukan penyerangan ke Pemarangan. Akhirnya Aji Imbut berhasil menaklukkan Aji Kado dan memegang tahta Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Setelah 2 tahun berkuasa di ibukota Pemarangan, Aji Imbut gelar Sultan Aji Muhammad Muslihuddin bersama pengikutnya kemudian meninggalkan Pemarangan yang telah kehilangan tuahnya. Sang Sultan bermimpi melihat Sang Naga Sakti sedang memainkan Mustika Kumala dan disitulah tempat yang tepat bagi kota raja yang baru dimana terdapat hamparan Pandan yang semerbak mewangi. Dan bergembiralah rakyat ketika Sang Sultan menjejakkan kakinya di Tepian Pandan, di Tangga Arung (Rumah Raja) yang akan senantiasa berjaya. Sajian tari massal ini kemudian ditutup dengan Tari Kebesaran Tangga Arung/Kota Raja.

Menunggu Giliran
Lesehan menunggu giliran menari

Surya Agus menambahkan, tari massal "Mustika Kumala" ini melibatkan ribuan pelajar dan mahasiswa yang ada di kota Tenggarong. Untuk memvisualisasikan kisah tersebut kedalam tari, para pendukung tari massal akan dibagi dalam beberapa kelompok penari yakni Sungai (200 putra), Burung Enggang (100 putri), Bunga (100 putri), Hutan (100 putra), Bajak Laut (200 putra), Pasukan Aji Imbut (150 putra), Naga (150 putra), Mustika Kumala (100 putri), Pandan Wangi (200 putri) dan Tari Kebesaran Tangga Arung (200 putra/putri).

Selain itu, tari massal "Mustika Kumala" dikemas dengan menampilkan unsur-unsur budaya yang berkembang di Kutai Kartanegara yakni Unsur Budaya Keraton (Aji Imbut beserta pasukan/pengiring), Unsur Budaya Etnis Pedalaman (visualisasi alam, flora dan faunanya) serta Unsur Budaya Melayu (Tari Pandan Wangi dan Tari Kebesaran Tangga Arung). Dengan kerja keras 60 seniman/seniwati LPKK dan latihan yang tekun dari seluruh penari, diharapkan tari massal "Mustika Kumala" akan berhasil memukau para undangan yang hadir pada upacara pembukaan Erau & FKN III di Stadion Rondong Demang bulan depan. Semoga Sukses!
(win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

Polling
Mata acara favorit anda dalam setiap pelaksanaan Festival Erau:
Pembukaan Erau
Adat Keraton
Adat Pedalaman
Kesenian Tradisional
Olahraga Tradisional
Hiburan Band/Artis
Belimbur
Semua Menarik!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Copyright 2001 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.