KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Cegah Meluasnya Demam Berdarah, VICO Indonesia Bagikan Abate Gratis

Penyuluhan tentang demam berdarah yang disampaikan dr Adam dari VICO Indonesia bertempat di TK Kurnia, Desa Badak Baru, Kecamatan Muara Badak kemarin (24/11)

Photo: VICO Indonesia / Bastian

KutaiKartanegara.com 25/11/03 19:07 WITA
Sehari menjelang Lebaran, ditengah kesibukan warga Badak Baru, kecamatan Muara Badak, untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1424 H, VICO Indonesia bersama Dinas Kesehatan dan pemerintah Desa Badak Baru, Kecamatan Muara Badak justru disibukkan dengan kegiatan pembagian bubuk abate kepada warga Desa Badak Baru.

Pembagian bubuk abate tersebut menyusul ditemukannya kasus demam berdarah yang dialami oleh dua orang warga yang berasal dari Desa Badak Baru dan Batu-Batu Desa Muara Badak Ilir.

Rangkaian abatesasi diawali dengan kegiatan penyuluhan kepada warga desa Badak Baru tentang penyakit Demam Berdarah yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegepty yang biasanya muncul di musim hujan. Penyuluhan yang berlangsung di TK Kurnia, Senin (24/11) kemarin, disampaikan oleh dr Adam dari VICO Indonesia dan dr Hoopmen Sinaga dari Puskesmas Kecamatan Muara Badak.

Kedua dokter tersebut juga mengadakan tanya jawab dengan warga seputar penyakit demam berdarah yang merupakan penyakit endemic yang sering melanda daerah tropis. Penyakit tersebut juga dikenal dengan nama Dengue Hemorrhargic Fefer.

Menurut keterangan dr Hoopmen, kedua pasien demam berdarah asal Muara Badak tersebut satu orang dapat ditangani di Puskesmas Muara Badak sedangkan pasien yang satu orang lagi telah dirujuk ke RSU A Wahab Syahrani Samarinda. Ia menambahkan, pencegahan atau penanggulangan penyakit Demam Berdarah bukan hanya tugas para dokter akan tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama.

Sementara itu, I Gede Sudana, Manager Badak Operations VICO Indonesia mengatakan gerakan abatisasi massal ini merupakan implementasi dari program Community Development VICO Indonesia di bidang kesehatan untuk tahun 2003.

"Hal tersebut merupakan wujud kepedulian VICO Indonesia terhadap lingkungan sekitar untuk penanggulangan penyakit menular, sebagaimana yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, ini sebagai bukti bahwa VICO Indonesia tetap konsisten pada komitmen terhadap kondisi yang terjadi di masyarakat sekitar," ujar IG Sudana didampingi Uun Harun Soleh dari External Relations & Community Development.

Pada kesempatan tersebut, I Gede Sudana yang mewakili manajemen VICO Indonesia secara simbolis menyerahkan bubuk abate kepada Kepala Desa Badak Baru Ramli Jawahir dan selanjutnya diserahkan kepada 29 Ketua RT yang nantinya akan dibagikan kepada 1767 KK dengan memperoleh bubuk abate masing-masing sebanyak 3 bungkus.

Acara kemudian dilanjutkan menaburkan bubuk abate ke dalam drum secara simbolis di salah satu rumah warga di Samping TK Kurnia Badak Baru, oleh Sudana dan didampingi oleh Kades dan dr Hoopmen serta dr Adam dengan disaksikan warga sekitar.

Program abatesasi ini akan dilanjutkan ke 8 Desa di Muara Badak dan Desa Munga Putih, kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, namun saat ini masih menunggu obat abate yang dipesan dari Surabaya.

Pada bulan September-November 2002 lalu VICO Indonesia juga telah melaksanakan pembagian bubuk abate untuk 11.844 KK di Kecamatan Muara Badak, Marangkayu, Muara Jawa dan Samboja. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.