KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Anggota Polres Kutai Dilatih Tangani Bom

Anggota Polres Kutai ketika sedang mengikuti materi pelatihan ancaman bom dan pengamanan Pemilu 2004
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 25/02/03
Maraknya isu terorisme dan ancaman bom di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini membuat Polres Kutai melakukan antisipasi dengan melatih aparatnya dalam menangani bom dan sejenisnya.

Pelatihan ini sendiri dibuka tadi pagi oleh Kapolres Kutai, AKBP Drs Arief Wicaksono, ditandai dengan pemasangan tanda peserta secara simbolis. Pelatihan yang akan berlangsung selama dua hari ini diikuti 91 anggota di lingkungan Polres Kutai diantaranya terdapat para Kapolsek dan staf Kanitres Intel Polsek, anggota pusat komando dan pengendali Polres serta dari unsur satuan fungsi di lingkungan Polres Kutai Tenggarong.

Menurut Kapolres Kutai Arief Wicaksono, pelatihan ini selain merupakan bagian dari peningkatan SDM aparat juga bertujuan mengantisipasi bila terjadi ancaman bom di wilayah hukum Polres Kutai. Diharapkan dengan pelatihan ini peserta setidaknya mampu mengidentifikasi dan menangani ancaman tersebut dengan didasarkan pada prosedur pengelolaan ancaman bom yang tepat, efektif dan efisien.

Sementara itu Ketua Pelaksana yang juga selaku Perwira Pelatih, Inspektur Dua (IPDA) Polisi Mohammad Basir HK mengatakan selain memberikan pelatihan mengenai ancaman bom kepada peserta juga mendapatkan pelatihan pengamanan Pemilu 2004.

Sedang materi yang diberikan dalam pelatihan ini ada 11 jenis diantaranya pengenalan jenis bom, penginderaan dini, tindak pengamanan dan olah tempat kejadian perkara, pengetahuan pengendalian massa dan tugas pokok keamanan rakyat serta praktek lapangan.

Untuk praktek lapangan ini menurut IPDA M Basir pihaknya akan menggunakan bom sungguhan yang akan dilakukan besok sore usai penutupan pelatihan di pusat lokasi latihan Gunung Belah, Tenggarong. Sedang instruktur selain berasal dari jajaran perwira Polres Kutai juga didatangkan dari satuan Brimob Polda Kaltim. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.