KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Pemkab Kukar dan LIN Sosialisasikan Pemilu 2004

Para pemateri saat menyampaikan ceramah mengenai Penyelenggaraan Pemilu 2004 di Daerah
Photo: Jaya

KutaiKartanegara.com 16/12/03 16:45 WITA
Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bekerjasama dengan Lembaga Informasi Nasional (LIN) Kementerian Komunikasi dan Informasi RI tadi siang menggelar Sosialisasi Pemilu 2004 bagi PNS dan tokoh masyarakat Kukar bertempat di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Tenggarong.

Kegiatan sosialisasi yang dibuka Asisten I Pemkab Kukar Drs HM Husni Thamrin MM ini diikuti para PNS di lingkungan Pemkab Kukar dan para tokoh masyarakat.

Ketua Panitia Pelaksana M Indra SE MM mengatakan sosialisasi sehari ini bertujuan untuk lebih memantapkan para tokoh masyarakat dan aparatur pemerintah dalam menghadapi Pemilu 2004 mendatang.

Sosialisasi yang berlangsung tadi siang diisi dengan penyampaian ceramah dan pembekalan, kemudian diskusi kelompok serta diskusi pleno. Sedang untuk materi ceramah diantaranya mengenai UU tentang Pemilu, Pemilihan Presiden dan Wakilnya serta tata cara penyelenggaraan Pemilu 2004 di daerah.


Para pegawai negeri di lingkungan Pemkab Kukar saat mengikuti kegiatan Sosialisasi Pemilu 2004

Photo: Jaya

Asisten Deputi Urusan Penyiaran pada LIN RI, Agnes Widyanti mengatakan, sosialisasi ini merupakan tindak lanjut rangkaian kegiatan yang sama yang diselenggarakan secara berkesinambungan di 68 Kabupaten/Kota di 30 Provinsi di Indonesia.

"Sosialisasi ini penting karena pemilu 2004 sangat berbeda dan tidak sama dengan pemilu yang telah diselenggarakan sebelumnya di Indonesia. Ada 3 perbedaan yang mendasar pada pemilu 2004 ini, perbedaan itu antara lain pada penyelenggaraan dimana Komisi Pemilihan Umum (KPU) sangat berperan dan bersifat nasional, mandiri dan tetap," ujar Agnes Widyanti.

Perbedaan lainnya, tambah Agnes,  yaitu rakyat memilih Presiden dan Wakilnya secara langsung termasuk bagi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dengan sistem distrik berwakil banyak. Oleh sebab itu subtansi yang mendasar ini perlu disosialisasikan kepada semua pihak agar pemilu mendatang berjalan tertib, lancar dan sukses.

Sementara itu Assisten I Drs HM Husni Thamrin MM dalam sambutannya mengharapkan agar melalui sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang benar bagi peserta terhadap pelaksanaan pemilu.

"Pemilu 2004 merupakan komitmen bangsa mewujudkan rakyat Indonesia yang demokratis. Pemilu mendatang harus bermutu dengan partisipasi rakyat yang seluas-luasnya. Oleh sebab itu Pemilu 2004 bukan saja harus suskses tapi juga luber dan jurdil serta dapat menjamin prinsip keterwakilan, akuntabilitas dan legitimasi." demikian kata HM Husni Thamrin. (joe/jay/nop)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.