KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

LPKK Wakili Kaltim di IPAM
Peniga Bali Akang Pukau Penonton di Bali

Salah satu cuplikan tari Peniga Bali Akang

Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 30/08/03 11:14 WITA
Tim kesenian Kukar yang tergabung dalam Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai (LPKK) Rabu (27/08) malam lalu sukses mementaskan karya tari bertajuk Peniga Bali Akang. Sambutan penonton yang memadati Amphitheater Nusa Dua, Bali, terhadap persembahan tari ini cukup baik, terbukti dari aplaus yang selalu membahana di sepanjang pertunjukan berdurasi 20 menit tersebut.

Pagelaran seni tari yang dibawakan 20 seniman dan seniwati LPKK ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Indonesia Performing Arts Mart (IPAM) I 2003 yang berlangsung sejak 23 hingga 27 Agustus 2003.

Tarian "Peniga Bali Akang" atau Anugerah dari Sang Pencipta tampil pada sesi kedua yang dimulai pada pukul 20.45 WITA setelah pada sesi pertama tim kesenian Padnecwara Jakarta menampilkan tarian berjudul "Roro Mendut".

Menurut Ketua LPKK Misra Budiarto AX SSos, tarian Peniga Bali Akang ini diilhami dari kehidupan suku Dayak Kenyah, Dayak Modang dan Dayak Tunjung/Benuaq. Dalam tarian ini terdapat unsur-unsur tari Hudoq dari suku Dayak Modang, tari Kancet Lasan Po' Buruy dari suku Dayak Kenyah dan tari Belian dari suku Dayak Tunjung/Benuaq.


Tari Belian dalam Peniga Bali Akang
Photo: Agri

Wakili Kaltim Sebagai Seller Utama
Dalam pagelaran seni peserta IPAM 2003 di Nusa Dua ini, LPKK tampil sebagai satu-satunya wakil dari provinsi Kaltim. LPKK Tenggarong bersama 14 grup/sanggar kesenian ternama lainnya dari beberapa daerah di Indonesia selain mempagelarkan produksi seni pertunjukannya juga mengikuti kegiatan workshop, pameran dan forum bisnis seni pertunjukan.

Tampilnya LPKK dalam IPAM tersebut berdasarkan surat penunjukan dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia tertanggal 22 Juli 2003 yang ditujukan kepada Gubernur Kaltim. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata I Gede Ardika dalam suratnya menyatakan bahwa berdasarkan hasil evaluasi dan pemantauan selama sosialisasi IPAM tahun lalu, LPKK dinilai sebagai sebuah sanggar kesenian yang layak menjadi Seller Utama dari provinsi Kaltim.

IPAM sendiri merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI dalam rangka meningkatkan promosi budaya serta memulihkan citra Indonesia di forum internasional melalui kesenian.

Dalam forum bisnis yang juga akan digelar dalam event ini, dua orang wakil dari seluruh grup/sanggar kesenian Indonesia selaku Seller (penjual) tersebut bertemu dengan beberapa Buyers (pembeli) mancanegara atau presenter seni pertunjukan untuk menjajaki kemungkinan kerjasama penyelenggaraan pertunjukan kesenian baik di dalam maupun luar negeri di masa mendatang. Pada kegiatan workshop dan forum bisnis IPAM, LPKK diwakili oleh Erwin Junaidi dan M Agri Winata.


Robert van den Bos, salah seorang pembicara asal Belanda saat menyampaikan materi mengenai kontrak bisnis pertunjukan dalam Workshop IPAM

Photo: Agri

Tertunda Sejak 2001, di Kukar 2006
Pelaksanaan IPAM I sedianya digelar pada tahun 2001 silam namun mengalami penundaan setelah terjadinya Tragedi WTC di AS pada September 2001, menyusul Tragedi Bom Bali pada Nopember 2002, mewabahnya penyakit SARS pada April 2003, hingga akhirnya baru dapat dilaksanakan pada bulan Agustus ini di Nusa Dua, Bali.

Kegiatan IPAM I yang berbarengan dengan Festival Nusa Dua 2003 ini dibuka langsung oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata I Gede Ardika.

Menurut Ketua LPKK Misra Budiarto AX, ada penawaran untuk menyelenggarakan IPAM IV di Kutai Kartanegara pada tahun 2006. "Pihak panitia mengatakan, sesuai arahan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, IPAM II 2004 dan IPAM III 2005 masih akan berlangsung di Bali dalam rangka meningkatkan promosi event yang baru kali ini digelar," ujar Misra Budiarto.

Menurut Misra, seperti dikatakan Surya Yuga (Ketua Panitia IPAM I 2003) baru pada IPAM IV tahun 2006 bisa diselenggarakan di luar Bali dan Kutai Kartanegara ditawarkan sebagai tuan rumah kegiatan tersebut berbarengan dengan Festival Erau 2006 di Tenggarong. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.