KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Pemkab Kukar Subsidi Biaya Pendaftaran Siswa Baru

KutaiKartanegara.com 29/06/03 10:30 WITA
Ada kabar gembira bagi para orangtua/wali di seluruh wilayah Kutai Kartanegara. Biaya pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2003-2004 yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 14-21 Juli 2003 mendapat subsidi dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Menurut Plt Kasubdin Pendidikan dan Pengajaran Pendidikan Nasional (Diknas) Kukar, Drs Asmara Diharja, dengan adanya subsidi dari pihak pemkab tersebut maka biaya pendaftaran bisa menjadi lebih ringan. Ia menambahkan adapun biaya pendaftaran yang disubsidi tersebut bervariasi.

"Biaya pendaftaran disesuaikan tingkatan pendidikannya, mulai dari SD hingga SLTA," katanya. Untuk SD, biaya pendaftaran yang disubsidi sebesar Rp 1500, SLTP sebesar Rp 2000 dan SLTA sebesar Rp 3000.

Asmara juga mengatakan biaya tersebut dipergunakan untuk biaya administrasi blanko pendaftaran. Selain itu, harga tersebut menurutnya sudah sesuai untuk pengadaan blankonya. Kendati demikian, biasanya sekolah menambah biaya pendaftaran tersebut karena adanya tambahan perlengkapan tambahan. Misalnya, perlengkapan map ataupun yang lainnya.

Namun begitu, Asmara berharap kepada pihak sekolah agar tidak terlalu menaikkan biaya pendaftaran tersebut. "Saya berharap kepada pimpinan sekolah untuk tidak menetapkan biaya pendaftaran terlalu tinggi," tegasnya seperti yang dilansir dalam harian Kaltim Post kemarin.

Untuk proses penerimaannya sendiri terdiri dari beberapa tahapan, mulai dari pendaftaran, seleksi, pengumuman, pendaftaran ulang dan hari pertama masuk sekolah. "Pendaftarannya serentak dilakukan 14 Juli nanti hingga hari pertama sekolah 28 Juli nanti," ujarnya.

Asmara juga mengatakan untuk sementara ini, jumlah SD di Kukar sebanyak 412 SD Negeri dan 7 SD swasta. SLTP sebanyak 50 SLTP Negeri dan 25 SLTP swasta dan untuk SLTA sebanyak 15 SLTA Negeri dan 21 SLTA Swasta.

"Mengingat antusias masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sekolah negeri, sehingga biasanya terjadi penumpukan pada sekolah tersebut," jelasnya. Sehingga diharapkan tidak terjadi kongkalikong pada pengurus sekolahnya dengan calon orangtua siswa.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SLTP Negeri 1 Tenggarong, Bejo Sutrisno SPd MM mengungkapkan diperkirakan jumlah siswa yang akan diterima sebanyak 7 kelas. "Dimana dalam setiap kelas daya tampungnya maksimal sebanyak 35 siswa, sehingga diperkirakan jumlahnya sebanyak 315 siswa," katanya.

Namun demikian, jumlah tersebut belum dikurangi dengan jumlah siswa yang tidak naik kelas. Bejo juga belum bisa memastikan berapa biaya pendaftaran yang akan dibebankan kepada calon siswa. "Kami belum membicarakan jumlah biaya yang dikenakan untuk setiap calon siswa," tegasnya. Ia juga membenarkan penerimaan siswa baru akan dimulai 14 Juli nanti. (wis)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.