KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Universitas Kutai Kartanegara Peringati Hari Jadi ke-19

KutaiKartanegara.com 27/05/03
Dies Natalis Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) ke-19 kemarin diperingati dalam sebuah upacara yang dilaksanakan di halaman kampus Unikarta. Upacara yang berjalan dengan khidmat ini diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih dengan diikuti seluruh Dekan, Direktur Program Pasca Sarjana, seluruh Dosen, staf Unikarta dan mahasiswa.

Rektor Unikarta Drs H Syaukani HR MM dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pembantu Rektor I Unikarta, Ir HM Arifin Mas'ud, mengatakan bahwa pada Dies Natalis tersebut mengingatkan kembali ke masa 19 tahun silam akan perjuangan keras dari Pemerintah Daerah Kutai dengan seluruh lapisan masyarakat untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM dengan mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang disebut Universitas Kutai Kartanegara. 

"Unikarta didirikan atas dasar pertimbangan untuk peningkatan SDM untuk mengelola sumber daya alam yang dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat," kata Syaukani dalam sambutan tertulisnya.

Dikatakan bahwa, proses berdirinya unikarta dimulai dengan pembentukan panitia penjajakan persiapan pendirian Universitas yang disponsori oleh Pemerintah Daerah Kutai pada tanggal 16 April 1984 dengan mengundang dua Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada yaitu IKIP PGRI Cabang Kaltim yang berdiri sejak 1980 dan Akademi Manejemen Indonesia (AKMI) yang berdiri tahun 1983 yang kemudian diintegrasikan kedalam Universitas yang akan dibentuk.

Kesepakatan untuk mendirikan sebuah Universitas di Tenggarong pada waktu itu dilakukan dengan menugaskan Kabag Kesra Pemkab Kutai Drs H Syaukani HR bersama Dr Arifin Leo -Guru Besar Universitas Mulawarman- selaku konsultan untuk berkonsultasi dengan Kopertis Wilayah VII Surabaya hingga akhirnya disetujui untuk mendirikan sebuah Universitas di kota Tenggarong.

"Karena untuk penggunaan nama Mulawarman telah ada yang menggunakan yaitu Universitas Mulawarman Samarinda dan Museum Mulawarman maka diputuskan didalam rapat untuk diberi nama Kartanegara dan oleh bapak Bupati Kutai waktu itu yakni Drs H Chaidir Hafiedz disarankan untuk ditambah nama Kutai didepannya sehingga menjadi Kutai Kartanegara," demikian katanya.

Menurut Rektor Unikarta, peresmian didirikannya Unikarta pada waktu itu dilaksanakan di Gedung Wanita Tenggarong pada tanggal 26 Mei 1984 yang dihadiri oleh Koordinator Kopertis Wilayah VII Surabaya, Rektor Universitas Mulawarman, pejabat dari Pemprov Kaltim maupun pemda Kutai.

Dalam sambutannya, Rektor juga mengingatkan agar cita-cita dan dasar pertimbangan Unikarta yang dicetuskan 19 tahun lalu harus tetap dijadikan acuan dan pedoman didalam berkiprah di Unikarta antara lain yang pertama adalah meningkatkan SDM di Kutai untuk memanfaatkan SDA yang melimpah, yang kedua adalah sebagai kebutuhan Pemerintah Kutai Kartanegara akan SDM yang berbasis pendidikan tinggi untuk penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat dan yang ketiga adalah melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi.

Setelah upacara bendera dalam rangka Dies Natalis Unikarta ke-19 berakhir, 'Kampus Ungu' yang terletak di Jalan Gunung Kombeng ini sempat diwarnai dengan aksi demo dan orasi beberapa mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Unikarta mengenai refleksi 19 tahun berdirinya Unikarta. Pihak kampus kemudian mengajak seluruh mahasiswa yang berorasi untuk berdialog dalam ruang Rektorat. (nop)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.