KutaiKartanegara.com

CallWave

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Delegasi Austria Tertarik Investasi di Kukar

KutaiKartanegara.com 27/01/03
Bupati Kutai Kartanegara H Syaukani HR beberapa jam lalu menerima kunjungan delegasi Austria yang dipimpin langsung oleh Duta Besar Austria untuk Indonesia dalam sebuah jamuan makan malam di Pendopo Odah Etam. Kunjungan delegasi Austria ke Tenggarong ini adalah untuk mengetahui potensi dan peluang investasi yang ada di Kutai Kartanegara.

Delegasi Austria yang terdiri dari 7 orang tersebut adalah Dubes Dr Bernhard Zimburg, Mag Raymund Gradt (Commercial Counsellor Kedubes Austria), Franz Altweger (Kepala Perwakilan MCE Voest GmbH & Co untuk Indonesia), Hannes Sesser (Project Manager Education MCE), Jorg U Schultz (Project Manager Bridges MCE), Johann Kreuzer (Project Manager Education MCE), Ing Siegfried Mitter (General Manager PT Waagner Biro Indonesia) dan Robert Friesacher (Kepala Project Office Verbundplan GmbH).

Setelah makan malam selesai sekitar pukul 20.15 WITA, Bupati Kukar memberikan kata sambutannya mengenai pembangunan Kutai Kartanegara di era otonomi daerah dengan program andalannya Gerbang Dayaku.

Syaukani menjelaskan bahwa Kutai Kartanegara merupakan salah satu daerah penyumbang devisa terbesar bagi negara karena kekayaan sumber daya alamnya yang melimpah ruah, seperti minyak dan gas alam, batubara serta hasil hutan.

"Kalau boleh dibandingkan, 3 kali produksi minyak di Brunei sama dengan 1 kali produksi minyak PT TotalFinaElf, salah satu perusahaan minyak yang beroperasi di Kutai Kartanegara." kata Syaukani.

Lebih lanjut Syaukani mengatakan bahwa di sektor pariwisata, Kukar telah bekerjasama dengan sebuah perusahaan asal Austria yang menangani pembangunan cable car (kereta gantung) di Pulau Kumala, Tenggarong.

"Kami menyambut dengan tangan terbuka bagi setiap investor yang ingin menanamkan modalnya di daerah ini." kata Syaukani sebelum mengakhiri sambutannya.

Setelah menjelaskan gambaran singkat daerah Kutai Kartanegara, acara dilanjutkan dengan presentasi profil dan peluang investasi Kutai Kartanegara yang dibawakan langsung oleh Kepala Bappeda Kukar Ir H Bachruddin Noor M.Eng dalam bahasa Inggris.

Sementara itu, Dubes Austria dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya sangat terkesan dengan pemaparan dari Bupati Kukar dan Kepala Bappeda. Dubes Bernhard Zimburg memuji Kutai Kartanegara dibawah kepemimpinan Drs H Syaukani HR MM yang disebutnya bahwa Kukar memiliki pemerintahan yang sangat mengesankan.

Dubes kemudian memperkenalkan rombongan pengusaha Austria yang datang bersamanya. Selanjutnya secara bergantian mereka memperkenalkan diri berikut perusahaan dan bidang usahanya masing-masing, mereka adalah Franz Altweger, Ing Siegfried Mitter dan Robert Friesacher.

Pada kesempatan pertama, Franz Altweger menjelaskan bahwa perusahaannya bergerak di bidang konstruksi dan energi misalnya pembangunan PLTA maupun PLTN. Di Indonesia, perusahaan MCE Voest GmbH & Co telah membangun lebih dari 150 jembatan. Franz menyatakan akan membuat proposal proyek dan berharap suatu saat perusahaannya dapat membuka cabang di Kukar.

Sementara itu, Siegfried Mitter dari PT Waagner Biro Indonesia yang merupakan anak perusahaan Waagner Biro AG Austria menjelaskan bahwa perusahaannya bergerak di bidang konstruksi khususnya struktur dan konstruksi baja. Dalam uraian singkatnya, ia berharap perusahaannya dapat menjalin kerjasama dengan Kukar.

Terakhir Robert Friesacher dari Verbundplan GmbH menjelaskan bahwa perusahaannya bergerak di bidang energi, seperti pengelolaan air bersih, energi listrik, infrastruktur dan lingkungan. Robert yang pernah berkunjung ke kota Tenggarong pada tahun 1990 ini sempat menyatakan kekagumannya atas perkembangan kota Tenggarong yang sungguh luar biasa.

Acara kemudian diakhiri dengan tukar-menukar cinderamata antara Bupati Kukar dengan Dubes Berhard Zimburg. Setelah itu rombongan delegasi Austria tersebut berpamitan untuk kembali ke Samarinda. Rencananya besok (28/01) pagi delegasi Austria ini akan meninjau sejumlah proyek pembangunan infrastruktur yang ada di Kukar.

Tampak hadir dalam acara jamuan makan malam dan presentasi ini, Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi, Kapolres Kutai AKBP Arief Wicaksono serta para kepala dinas/instansi di lingkungan pemkab Kutai Kartanegara. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.