KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

BI Samarinda Latih Pengelola LKM

Suasana Pelatihan bagi pengelola LKM yang dilaksanakan BI samarinda di Tenggarong

Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 23/10/03 19:36 WITA
Bank Indonesia (BI) Kantor Cabang Samarinda selama 2 hari sejak kemarin (22/10) melakukan pelatihan bagi pengelola Lembaga Keuangan Mikro (LKM) se Kaltim di Hotel Singgasana Tangga Arung, Tenggarong.

Menurut Kepala Bidang Ekonomi dan Moneter BI Samarinda Untoro MSc, pelatihan ini dimaksudkan agar pengelola LKM, seperti Bank Perkreditan Rakyat (BPR) maupun Koperasi Simpan Pinjam (KSP) memahami dengan benar prosedur dan manajemen pengelolaan sebuah lembaga keuangan sesuai dengan ketentuan BI mengenai pengaturan BPR dan sejenisnya.

Ditambahkannya, LKM merupakan ujung tombak dalam menghimpun dana masyarakat. "Kita harapkan agar lembaga keuangan mikro benar-benar berkembang sehingga dapat menjadi Bank Perkreditan Rakyat yang benar-benar eksis di tengah-tengah masyarakatnya," kata Untoro MSc.

Menurutnya, sebenarnya BI Samarinda menginginkan agar di setiap Kecamatan di Kaltim ini memiliki paling tidak sebuah BPR. Diakuinya, selama ini perkembangan BPR di Kaltim belum menggembirakan, oleh sebab itu BI terus berupaya untuk mensosialisasikan ketentuan pengaturan pembentukan BPR.

Dikatakan Untoro MSc, BPR merupakan lembaga keuangan yang sangat potensial dalam menghimpun dana masyarakat. Sesuai dengan tugasnya ke depan BI akan meningkatkan peran BPR sehingga benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kecil. Keunggulan BPR adalah pada mudahnya pelayanan yang diberikan kepada nasabahnya.

"Bagi nasabah BPR yang ingin meminjam uang tidak diharuskan menyerahkan agunan dan syarat-syarat adminstratif lainnya, cukup jaminan dari warga setempat. Oleh sebab itu BI Samarinda akan mentargetkan di seluruh Kecamatan di Kaltim memiliki BPR," ujar Untoro.

Pelatihan diikuti 25 peserta dari berbagai Kabupaten/Kota se Kaltim kecuali Balikpapan, Tanah Grogot dan Penajem Paser Utara. Materi yang diberikan dalam pelatihan ini terdiri dari 3 macam masing-masing organisasi kelembagaan BPR, masalah penjaminan dan Prudensial atau kehati-hatian. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.