KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Keseimbangan Gender Penting Bagi Pembangunan Kukar

KutaiKartanegara.com 21/03/03
Dalam upaya mendukung penyusunan buku profil Statistik dan Indikator Gender di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Badan Pusat Statistik (BPS) Kukar menggelar seminar sehari yang berlangsung kemarin (20/03) siang di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kutai Kartanegara.

Seminar yang diikuti 60 peserta dari unsur dinas/instansi di lingkungan Pemkab Kukar, ormas/orpol dan LSM ini dibuka oleh Kabag Kesra, Ir Khairul Anwar MM dengan mengetengahkan pembicara Ir Nanan Sunandi MSc dan Ir Hilmiah -keduanya dari BPS Pusat Jakarta- sedang pembicara dari BPS Kukar yakni Gandi Wilyanto dan Drs Bahramsyah.

Kepala BPS Kukar, Budijono Z SE mengatakan seminar ini merupakan tindak lanjut dari seminar yang sama di tingkat pusat beberapa waktu lalu yang disponsori BPS Pusat dan JICA Japan.

Dimaksudkan selain sebagai input dalam pembuatan buku panduan profil statistik dan indikator gender di Kukar juga merupakan implementasi GBHN 1999. Pada GBHN 1999 BAB II dijelaskan bahwa status dan peranan perempuan dalam masyarakat masih bersifat subordinatif dan belum sebagai mitra sejajar dengan laki-laki yang tercermin dengan sedikitnya jumlah
perempuan yang menempati posisi penting di dalam masyarakat.

Sementara Bupati Kukar dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Ir Khairul Anwar MM mengatakan, gender mainstreaming adalah suatu strategi pengintegrasian konsep keseimbangan kepentingan lelaki dan perempuan dalam merumuskan kebijakan pembangunan dimasa mendatang.

"Keseimbangan gender menjadi penting dalam kelanjutan pembangunan di daerah terutama di Kutai Kartanegara yang menerapkan program Gerbang Dayaku, dimana pada program ini salah satu dari tiga sasaran pokoknya adalah pemberdayaan SDM termasuk perempuan," demikian pesan tertulis Bupati Kukar. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.