KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kongres Nasional dan Simposium PMII Dibuka Hamzah Haz

Suasana pembukaan Kongres XIV PMII kemarin siang
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 17/04/03
Setelah membuka Seminar Nasional APKASI dan MPI Reformasi kemarin siang,
Wapres berkesempatan untuk membuka Kongres Nasional XIV Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Simposium bertema "Visi Kepemimpinan Indonesia, Merangkai Republik Yang Terkoyak" bertempat di ballroom lantai dasar Gedung Puteri Karang Melenu (PKM), Tenggarong Seberang.

Sebelum acara dimulai, ribuan mahasiswa anggota PMII sempat dihibur dengan penampilan Rebana dan Qasidah Modern dari DPD Lasqi Kutai Kartanegara, serta tarian suku Dayak dari Kerukunan Keluarga Dayak Kenyah.

Acara pembukaan Kongres PMII baru dimulai setelah Wapres RI dan ibu Nani Hamzah Haz beserta rombongan tiba di ruang Kongres PMII sekitar pukul 13.08 WITA. Acara pun dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan lagu Mars PMII serta pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Drs H Bahrullah dari Tenggarong.

Ketua Umum PB PMII Nusran Wahid dalam sambutannya mengatakan Kutai Kartanegara (Kukar) terpilih sebagai tuan rumah Kongres Nasional PMII ke-14 setelah mengalahkan dua rival kandidat tuan rumah yakni Makassar dan Pontianak. 

"Ada sisi-sisi keunggulan mengapa Kukar dipilih sebagai tuan rumah Kongres. Pertama adalah hari ini kita sedang meneguhkan bersama implementasi otonomi daerah dan Kukar dibanding daerah-daerah lain adalah yang paling siap dalam menjalankan otonomi daerah," kata Nusran disambut aplus meriah hadirin.

Menurutnya ada 4 indikasi keberhasilan Kukar dalam konteks otonomi daerah, yang pertama adalah Kukar mampu menciptakan pola sistem pembangunan yang menggunakan dua faktor pendekatan sekaligus yakni pendekatan sektoral dengan departemen yang ada pendekatan kewilayahan yaitu dengan potensi dan program Gerbang Dayaku.

Yang kedua Nusran Wahid menilai bahwa Kukar mampu menyedot investor asing yang lebih banyak. Yang ketiga, Kukar mampu menciptakan satu terobosan dalam satu  pembangunan modern yakni konsep ecotourism atau pariwisata berbasis lingkungan, dan keempat Kukar dinilai mampu memperjuangkan keseimbangan pendapatan antara pusat dan daerah.

Nusran Wahid juga menjelaskan mengapa disela-sela Kongres Nasional PMII juga digelar Simposium dengan tema Visi Kepemimpinan Indonesia, Merangkai Republik Yang Terkoyak. Ditengah-tengah transisi demokrasi saat ini, setidaknya bangsa Indonesia terkoyak-koyak oleh permasalahan belum jelasnya formulasi hubungan antara agama dengan negara, persoalan hubungan pusat dan daerah yang belum tuntas serta ancaman hubungan antara sipil dan militer. 

"PMII menilai Indonesia tidak memiliki pemimpin yang kuat dan demokratis, untuk itu melalui simposium ini PMII akan merumuskan visi kepemimpinan nasional yang akan menjamin demokratisasi dan stabilisasi." kata Nusran Wahid yang kemarin tampil penuh semangat dan selalu mendapat aplus meriah ribuan peserta Kongres.


Ratusan mahasiswa peserta Kongres XIV PMII ketika berada di teras depan sebelum memasuki Gedung PKM yang harus melalui pemeriksaan ketat Paspampres
Photo: Yanda

Usai sambutan dari Nusran Wahid, acara dilanjutkan dengan pemberian tanda jasa kepada pendiri PMII dan tokoh yang berjasa terhadap PMII yakni Drs H Said Budairy, Drs KH Nuril Huda, Drs A Chalid Mawardi, Drs H Mahbub Djunaidi (alm), Drs M Zamroni (alm), Drh HM Iqbal Assegaf (alm).

Pada kesempatan tersebut turut menyampaikan sambutan adalah Kutai Kartanegara Drs H Syaukani HR MM selaku tuan rumah, Gubernur Kalimantan Timur H Suwarna AF, Menteri Agama RI Said Agil Husain Al Munawar serta Wakil Presiden RI Hamzah Haz sekaligus membuka Kongres Nasional PMII XIV yang ditandai dengan pemukulan Bedug dan diakhiri dengan pembacaan do'a oleh Drs H Bachtiar Syam.

Acara kongres yang berlangsung meriah ini dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri Agama, Gubernur Lemhannas, Empat mantan ketua umum PMII, Gubernur Kaltim, Pangdam VI Tanjung Pura, pimpinan DPRD Kaltim dan Muspida Provinsi Kaltim, Ketua Pengadilan Tinggi Kaltim, Alumni-Alumni PMII dan pengurus-pengurus Cabang seluruh Indonesia.
(win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.